Beranda > Gaya Hidup > 3 Tips Jitu agar Menjaga Mesin Mobil Berumur Panjang

3 Tips Jitu agar Menjaga Mesin Mobil Berumur Panjang

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
3 Tips Jitu agar Menjaga Mesin Mobil Berumur Panjangwatermark

TUNAIKU.COM – Namanya mesin mobil, kondisinya akan sesuai dengan cara penggunaan dan perawatan selama ini. Kalau awet, penggunaan dan perawatannya selama ini pastilah benar. Sebaliknya, jika sering macet, otomatis penggunaannya selama ini juga sembarangan alias salah.

 

Bagaimana denganmu? Apakah selama ini sudah benar dalam merawat mesin mobil? Atau jangan-jangan sebenarnya kamu merasa sudah benar, tapi ternyata caramu itu salah?

 

Well, belum lama ini saya membaca artikel di IDN Times tentang menjaga mesin mobil. Dengan menjaga mesin mobil, otomatis umurnya bisa lebih panjang dan kamu bisa menggunakan mobilmu secara maksimal. Setidaknya, pastikan hal-hal ini sebelum mematikan mesin mobil. Ini dia tiga tips menjaga mesin mobil dari IDN Times!

 

Artikel Terkait: Cara Merawat Mesin Kendaraan

  1. Cek, Ini Waktu yang Tepat Servis Kendaraan sebelum Mudik atau Bepergian Jauh
  2. 5 Hal Penting dalam Merawat Moge Harley Davidson, Wajib Perhatikan!
  3. Nggak Mahal, Ini 5 Cara Hemat Merawat Mobil BMW

 

1. AC sudah off

Dengan mematikan AC, beban mesin akan berkurang. Nantinya saat mesin mobil dihidupkan, beban aki akan jadi lebih ringan. Dengan demikian, usia akimu pun jadi lebih panjang. Otomatis, mesin mobilmu pun lebih awet dan mulus saat digunakan.

 

2. Pastikan mesin audio dan lampu kabin sudah mati

Penyebab lain yang membuat aki mobilmu soak adalah lampu kabin sudah menyala saat mesin mobil dihidupkan. Untuk itu, sebelum mematikan mesin, pastikan audio dan lampu kabin sudah mati. Hal ini juga mencegah dari kebakaran yang disebabkan oleh korsleting arus listrik, lho.

 

Artikel Terkait: Punya Kendaraan Roda 4? Pahami Ini!

  1. Ikuti Tips ini Jika Ingin Mesin Mobilmu Awet Terus
  2. Perkiraan Biaya Perawatan Mobil untuk Satu Tahun
  3. Ini Alasan Kamu Nggak Boleh Memanaskan Mobil Terlalu Lama

 

3. Jangan menggeber gas

Beberapa orang mengira dengan menggeber mesin mobil sebelum mematikannya akan membuat mesin mobil lebih mudah saat dinyalakan. Padahal, ini sama sekali nggak benar. Hal ini justru memberikan efek yang nggak baik untuk mesin. Penjelasannya seperti ini. Saat pedal gas diinjak hingga mesin meraung-raung, mesin membutuhkan pelumas lebih untuk mengimbangi putaran mesin yang tinggi. Lalu, saat mesin dimatikan tiba-tiba, volume pelumasan pun akan berkurang drastis. Padahal, kondisi mesin masih panas dan masih membutuhkan pelumas.

 

Itu dia 3 tips buat kamu sebelum mematikan mesin mobil. Jangan lupa untuk diterapkan agar mesin mobilmu selalu awet, ya!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett