Ketika mengajukan pinjaman, kamu memiliki kewajiban untuk melunasi pinjaman tersebut. Setelah utang lunas, kamu akan mendapatkan Surat Keterangan Lunas (SKL).

 

SKL merupakan bukti bahwa cicilan pinjamanmu sudah dilunasi. Setiap bank dan pinjaman online punya kebijakan yang berbeda-beda terkait SKL. Pinjaman online Tunaiku pun juga memiliki kebijakan sendiri mengenal hal ini.

 

Surat Keterangan Lunas (SKL) di Tunaiku 

 

Sebagai fintech penyedia pinjaman online, Tunaiku pun juga menggunakan Surat Keterangan Lunas (SKL) untuk diberikan kepada customer yang telah melunasi kewajibannya.

 

SKL ini akan dikirimkan secara otomatis setelah kamu melakukan pembayaran terakhir melalui email. 

 

Durasi pengiriman SKL sekitar 1-7 hari kerja setelah pembayaran angsuran terakhir diterima oleh Tunaiku. Dengan kata lain, kamu akan mendapat SKL setelah seluruh cicilan pinjaman lunas.

 

Jadi, kalau kamu merasa sudah melunasi seluruh angsuran pinjaman di Tunaiku, kamu bisa menunggu sampai SKL dikirimkan.

 

Bagaimana Jika SKL Belum Diterima? 

 

Apabila SKL masih belum diterima bahkan setelah melewati 7 hari kerja, kamu bisa menghubungi pihak Tunaiku untuk minta dikirimkan ulang.

 

Setelah mengajukan pengiriman ulang SKL, kamu bisa menunggu sekitar 1-14 hari kerja. SKL akan dikirimkan ulang dalam durasi tersebut.

 

Nantinya, di dalam SKL, akan tercantum informasi bahwa nasabah telah melakukan pelunasan dari kewajiban pembayaran pinjamannya. Selain itu, akan ada juga data nama nasabah, nomor KTP, serta alamat nasabah.

 

Kalau kamu memiliki pertanyaan lebih jauh tentang Surat Keterangan Lunas (SKL) Tunaiku, kamu bisa mencari tahu lewat FAQ Tunaiku.

 

Atau kamu bisa juga menghubungi call center di 021-4000-5859 dan email ke tanya@amarbank.co.id.

 

Melunasi Cicilan Pinjaman Tunaiku Lebih Awal

 

Bagaimana kalau kamu ingin melunasi cicilan pinjaman di Tunaiku lebih cepat? Tentunya, hal ini bisa dilakukan.

 

Untungnya, pelunasan pinjaman yang lebih cepat di Tunaiku tidak akan dikenakan biaya tambahan alias gratis. Jadi, tak perlu ragu jika ingin melunasi cicilan lebih awal.

 

Kalau ingin melakukan pelunasan lebih awal, kamu cuma perlu membayarkan total seluruh pinjaman yang masih berjalan beserta dengan bunganya.

 

Informasi lebih lanjut mengenai pelunasan lebih awal bisa didapatkan dengan menghubungi kontak resmi Tunaiku secara langsung melalui telepon, email, atau media sosial.

 

Artikel Terkait: Kontak Resmi Tunaiku

  1. Melaporkan Penipuan yang Mengatasnamakan Tunaiku
  2. Mengetahui Cara Penagihan Tunaiku

 

Pentingnya Mendapatkan Surat Keterangan Lunas (SKL)

 

Surat Keterangan Lunas (SKL) memiliki peran yang sangat penting. SKL ini memiliki beberapa fungsi, seperti:

 

1. Bukti sudah lunas cicilan

 

SKL adalah bukti bahwa kamu telah berhasil menuntaskan tanggung jawab dalam hal melunasi cicilan pinjaman. Saat Tunaiku memberikan SKL, artinya semua cicilanmu sudah resmi lunas.

 

2. Mengajukan pinjaman kembali

 

Sebenarnya kamu tidak perlu memiliki SKL untuk mengajukan pinjaman kedua di Tunaiku. Selama kamu sudah melunasi sampai cicilan ke-10, kamu sudah bisa mengajukan top up pinjaman.

 

Hanya saja, jika ingin mengajukan pinjaman kembali ke lembaga lain seperti bank atau koperasi, kamu mungkin akan diminta untuk melampirkan SKL sebagai bukti bahwa sudah lunas utang sebelumnya.

 

3. Mempengaruhi skor kredit

 

Hal ini berlaku apabila kamu mengajukan pinjaman dari bank. Surat keterangan lunas yang dikeluarkan oleh bank juga bisa mempengaruhi skor kreditmu.

 

Kalau sudah mendapatkan SKL, maka skor kreditmu akan menjadi lebih baik. Skor kredit yang baik memberikan peluang yang besar untuk mengajukan pinjaman baru.

 

Hubungan Antara SKL dengan Skor Kredit

 

Skor kredit merupakan penilaian untuk menentukan apakah seorang calon peminjam layak menerima pinjaman. Semakin baik skor kreditnya, maka semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan pinjaman baru. 

 

Jika kamu memiliki rekening di bank, skor kreditmu akan secara otomatis tercatat di sistem BI Checking. Seluruh data pinjaman yang pernah kamu lakukan di bank atau lembaga keuangan lainnya akan tersimpan di Bank Indonesia (BI). 

 

Tapi, tidak seluruh penyedia jasa pinjaman mengharuskan adanya proses BI Checking. Beberapa penyedia pinjaman online seperti Tunaiku memberikan kemudahan dengan menganalisa kemampuan calon peminjam tanpa melalui proses ini.

 

Tapi, adanya SKL tetap bisa membantu kamu untuk membuktikan bahwa kamu adalah peminjam yang bertanggung jawab dan membantu meningkatkan skor kreditmu.

 

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengajukan pinjaman kembali di lembaga penyedia pinjaman lainnya.