Beranda > Finansial > Yuk, Kenali Lebih Dalam Tentang Modal Investasi Awal Usaha!

Yuk, Kenali Lebih Dalam Tentang Modal Investasi Awal Usaha!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Yuk, Kenali Lebih Dalam Tentang Modal Investasi Awal Usaha!watermark

TUNAIKU.COM – Modal usaha, menjadi faktor utama dalam berbisnis. Bagi kamu yang pernah berbisnis pasti mengetahui dan paham permasalahan ini. Bisnis modal nekat atau modal dengkul doang itu cuma mitos. Nyatanya, membangun suatu usaha butuh modal yang lebih dari itu. Menjadi dropshipper yang konon tanpa modal saja, itu pasti keluar uang untuk perangkat digital plus kuota internet agar bisa jualan.

Sebelumnya, saya pernah membahas tentang jenis-jenis modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha. Dalam artikel tersebut, saya menyebutkan tiga jenis modal, antara lain modal investasi awal, modal kerja, dan modal operasional. Ketiganya sudah saya jabarkan secara umum. Nah, kali ini saya akan membahas lebih jauh tentang modal investasi awal yang sangat penting bagi tahap merintis usaha. Kenapa modal investasi awal ini penting? Temukan jawabannya lewat penjelasan berikut, yuk.

 

Apa sih modal investasi awal itu?

Ketika hendak membangun usaha, kamu membutuhkan modal investasi awal. Sederhananya, ini adalah sejumlah uang yang digunakan untuk mendapatkan aset yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnismu. Aset yang dimaksud yaitu berupa aset jangka panjang yang mempunyai nilai ekonomis lebih dari satu tahun dan mengalami penyusutan nilai seiring waktu.

 

Artikel terkait: Kiat memperoleh modal

  1. Kenali 3 Jenis Modal yang Dibutuhkan Untuk Merintis Usaha
  2. Ingin Membuka Usaha? Lakukan 5 Cara Jitu Ini untuk Mencari Modal
  3. Yuk, Mulai Bisnis Katering Rumahan dengan Modal Pinjaman Cepat Tunaiku Hingga Rp 20 Juta!

 

Dua kategori umum modal investasi awal

Aset yang diperlukan tiap unit bisnis tentu beragam, tergantung dari jenis dan skala usahanya. Tapi, secara umum aset tersebut bisa dibagi menjadi dua kategori, yaitu ruang usaha dan peralatan.

 

1. Ruang usaha

Ruang usaha adalah tempat di mana kamu akan melakukan kegiatan usaha. Ruang usaha ini bisa diperoleh dengan beberapa cara, antara lain dengan mendirikan bangunan, membeli bangunan, menyewa bangunan, atau memanfaatkan bangunan milik pribadi. Yang saya sebutkan terakhir ini jelas yang paling irit, karena kamu nggak perlu mengeluarkan dana untuk memiliki ruang usaha.

 

Memodifikasi ruang usaha agar representatif, misalnya merenovasi ruangan kafe sesuai konsep, juga termasuk ke dalam modal investasi awal. Sementara, menyewa ruang usaha itu nggak termasuk ke dalam modal ini, melainkan masuk ke dalam modal operasional yang akan dijelaskan secara rinci di artikel yang lain. Kecuali tanahnya, nilai ekonomis dari ruang usaha ini akan menyusut seiring waktu. Penyusutan aset tetap berupa bangunan ini diatur dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan.

 

2. Peralatan

Kategori modal investasi awal berikutnya adalah peralatan. Yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah mesin, rak display, perabotan toko atau kantor, serta kendaraan yang digunakan untuk menunjang operasi bisnismu. Peralatan yang dibutuhkan akan sangat bervariasi tergantung bisnisnya.

Sebagai contoh, ketika kenalan saya membuka usaha media online anak muda, maka peralatan yang dibutuhkan adalah laptop atau komputer serta meja dan kursi. Lain lagi kalau kamu ingin buka usaha katering. Kamu butuh peralatan berupa perkakas memasak, peralatan makan, dan kendaraan.

 

Artikel terkait: Ide bisnis yang menjanjikan.

  1. 6 Ide Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Meraup Banyak Keuntungan
  2. 7 Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Cocok Sebagai Bisnis Sampingan Para Karyawan
  3. Bisnis Laundry Kiloan, Usaha Rumahan Bermodal Kecil Tapi Menjanjikan

 

Bagaimana memperoleh dana untuk modal investasi awal?

Untuk memperoleh modal investasi awal usaha, ada beberapa cara, sih. Yang pertama yaitu dari modal pemilik. Kamu bisa mendapatkannya dari mengumpulkan tabungan atau menjual aset pribadi. Dengan memanfaatkan modal pribadi, kamu bebas dari utang. Kekurangannya, umumnya modal ini jumlahnya terbatas.

Cara lain untuk memperoleh modal adalah dengan mengajukan pinjaman. Nah, Tunaiku punya kredit tanpa agunan yang menarik bagi pelaku UMKM. Tunaiku melayani pinjaman dengan  nominal antara Rp2-20 juta dan periode pinjaman antara 6-20 bulan. Digunakan sebagai modal usaha, tentu menguntungkan karena kamu nggak menyerahkan jaminan apa pun.

Jadi, udah paham ‘kan, tentang modal investasi awal usaha? Yuk, nggak usah ragu untuk menjadi wirausahawan!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett