Beranda > Finansial > Punya Teman yang Selalu Pinjam Uang? Ini 7 Cara Untuk Menghadapinya

Punya Teman yang Selalu Pinjam Uang? Ini 7 Cara Untuk Menghadapinya

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Punya Teman yang Selalu Pinjam Uang? Ini 7 Cara Untuk Menghadapinyawatermark

TUNAIKU.COM– Punya teman yang selalu pinjam uang memang menyebalkan. Apalagi kalau mereka sering memakai jurus “pakai duit lu dulu, deh. Nanti gue ganti”. Kalimat tersebut seperti mantra yang sering membuat kamu nggak berdaya dan akhirnya membayar dua porsi makanan yang telah kamu makan bersama temanmu yang hobi banget ‘ngutang’.

 

Sebenarnya, kalau hanya sekali dua kali, nggak masalah tapi kalau minta bayarin hampir setiap hari, ya pasti kesal juga. Apalagi kalau teman selalu pinjam uang untuk membeli barang sepele dan hal nggak penting lainya, kamu pasti sebenarnya berat untuk meminjamkan uang kamu, bukan?

 

Jadi, daripada kamu dongkol sendiri, mending lakukan 7 cara ini untuk menghadapi teman yang selalu meminjam uang.

 

1. Belajar Untuk Bilang “NGGAK”

Ada beberapa orang yang nggak punya keberanian untuk berkata ‘nggak’ saat teman selalu meminjam uang. Biasanya karena enggan alias nggak enak hati. Tapi, untuk kali ini, kamu harus belajar untuk benar-benar bisa mengucapkan ‘nggak’ ketika temanmu meminta dibayarkan minuman atau makanannya. Itu adalah latihan awal kalau suatu waktu temanmu tiba-tiba meminjam uang dalam jumlah yang besar.

 

Ketika kamu sudah terbiasa untuk berkata ‘nggak’ saat temanmu meminjam uang, ia pasti akan pikir-pikir lagi saat ingin meminjam uang darimu di lain waktu.

 

2. Nggak Perlu Terlalu Khawatir

Ketika mulai berani berkata ‘nggak’ pada temanmu, pasti ada sedikit perasaan khawatir. Khawatir dia akan marah atau dia nggak bisa menyelesaikan masalah keuangannya.

 

Dalam hal ini, berhentilah untuk khawatir yang terlalu berlebihan. Karena itu hanya akan membawamu ke dalam rasa bersalah karena menolak untuk meminjamkan uang padanya. Yakinlah bahwa perbuatan kamu itu bisa mencegah dia terlilit utang atau setidaknya memberi dia pelajaran bahwa tak bisa selalu meminjam uang pada teman.

 

Artikel Terkait: Tipe – tipe Teman

  1. Punya Bos Galak atau Teman Kantor Nyebelin? Momen Lebaran Ini Jadi Saat yang Tepat Untuk Memaafkan
  2. 5 Tipe Teman Yang Bisa Jadi Inspirasi Dalam Mengatur Keuangan
  3. Ini 6 Tipe Teman Kantor Berdasarkan Kehidupan Finansial, Kamu Termasuk yang Mana?

 

3. Mengambil Uang Pas-pasan di setiap Pertemuan

Untuk menghindari teman meminta ditraktir atau dibayarin makanan dan minumannya, kamu harus memiliki strategi tersendiri. Dengan mengambil uang pas-pasan kamu sudah memiliki alasan untuk menolak membayarkan pesanan temanmu saat pertemuan. Kamu hanya perlu untuk mengatakan bahwa kamu nggak membawa uang yang cukup untuk membayar tagihan makan dan minum kamu dan temanmu.

 

4. Catat Semua Transaksi atau Utang

Mencatat semua transaksi atau utang temanmu, mungkin akan terdengar sangat pelit dan perhitungan. Tapi ini perlu dilakukan untuk menghadapi teman yang selalu pinjam uang. Dengan begitu, kamu memiliki catatan untuk kamu jabarkan ketika temanmu kembali meminjam uang atau meminta dibayarin di kemudian hari.

 

Ini akan jadi pelajaran untuk membuat temanmu mengerti bahwa kamu merasa direpotkan kalau harus membayarkan makanan dan minuman temanmu setiap saat.

 

5. Balas Dendam

Balas dendam dalam hal ini adalah melakukan hal yang sama seperti yang temanmu pernah lakukan. Kalau beberapa hari yang lalu temanmu minta dibayarin makan atau minum, maka ajaklah dia mengunjungi kafe yang sama.

 

Lalu ingatkan kalau dia sudah pernah dibayarin makan dan minum, sekarang gantian dia yang bayarin makan dan minum kamu. Ini akan jadi peringatan halus untuk temanmu yang sering menyepelekan pembayaran bill makan.

 

6. Hindari Pembahasan Tentang Penghasilan

Teman yang selalu pinjam uang biasannya nggak akan merasa bersalah ketika mereka tahu orang yang sering ia utangi memiliki penghasilan yang lebih banyak. Kalau kamu memang memiliki penghasilan yang lebih besar dari penghasilan temanmu yang selalu pinjam uang maka jangan sekali-kali membicarakannya.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman tanpa agunan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat, kredit online, kredit tanpa jaminan, kredit tanpa agunan, teman selalu pinjam uang, cara hadapi teman yang hobi ngutang

 

 

 

 

 

Artikel terkait: Buat Para Millenialls

  1. Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana
  2. Inilah 5 Smartphone Terlaris Idola Gadget Mania, Plus Harga Pasarannya!
  3. 5 Aplikasi Handphone Android yang Bisa Membantu atasi Stres dan Capek

 

7. Pastikan Teman Sejati atau Teman yang Oportunis

Dengan melakukan ke enam jurus di atas, kamu bisa memastikan bahwa temanmu itu memang tulus berteman denganmu atau hanya memanfaatkanmu saja. Kalau dia memang tulus berteman denganmu, dia pasti akan tetap berada di sampingmu dan mengubah kebiasaannya meminjam uang.

 

Tapi, akan berbeda cerita jika ia teman yang oportunis. Mereka yang oportunis hanya akan memanfaatkanmu untuk bisa diutangi uang. Nah, tipe teman yang seperti ini nggak perlu kamu sesali kalau mereka menjauh dari kamu setelah kamu melakukan cara-cara di atas. Tenang aja, kamu masih punya banyak teman yang tulus menerima kamu apa adanya, kok.

 

Nah, sekarang sudah tau kan harus bagaimana untuk menghadapi teman yang selalu pinjam uang?  

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett