Beranda > Finansial > Nggak Harus Punya Partner, ini 7 Alasan Kamu Bisa Menjalani Bisnis Sendiri

Nggak Harus Punya Partner, ini 7 Alasan Kamu Bisa Menjalani Bisnis Sendiri

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Nggak Harus Punya Partner, ini 7 Alasan Kamu Bisa Menjalani Bisnis Sendiriwatermark

TUNAIKU.COM – Banyak yang ingin mulai berbisnis tapi masih mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala yang sering dialami selain permodalan adalah keraguan karena akan dijalankan sendirian. Beberapa masalah pun bisa muncul ketika kamu nggak punya rekan kerja. Misalnya, kekurangan teman diskusi, atau bahkan rekan “bagi tugas” ketika pekerjaan terlalu banyak dan menumpuk.

 

Sebetulnya, kamu bisa saja, lho, mantap menjalankan bisnis sekalipun sendirian. Jadi, nggak perlu menunggu adanya partner. Berikut beberapa alasan mengapa kamu bisa menjalani bisnis meski sendirian.

 

Artikel Terkait: Baca Ini untuk Menjawab Masalah Modal Usaha

  1. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya
  2. Bolehkah Melakukan Pinjaman Tanpa Agunan Sebagai Modal Usaha? Ini yang Harus Diperhatikan
  3. Ingin Buka Usaha Coffee Shop? Ringankan Modal Lewat KTA Bunga Rendah

 

1. Menjaga hubungan baik

Dalam menjalankan bisnis ada saja lika-liku yang bisa memicu perdebatan. Dalam berbisnis pun ada pembahasan uang di dalamnya. Nah, hal-hal seperti inilah yang berisiko membuat hubunganmu dengan partner jadi nggak baik. Jadi, adanya bisnis bersama ini justru bisa memperkeruh hubungan yang awalnya baik dan akrab. Apalagi jika partner bisnis adalah pasanganmu.

 

2. Kadang beda tujuan

Mungkin tujuan awal membuat bisnis bersama ini sama. Namun, bisa saja tujuan jangka panjangnya berbeda. Memang susah mencari partner yang memiliki visi dan misi sama. Jika memang tujuannya berbeda, ya sudah, alangkah lebih baik kamu membangun bisnis sendiri.

 

3. Susah mendapatkan yang pola pikirnya sama

Dalam memulai dan menjalankan bisnis kamu harus selalu berdiskusi dengan partner-mu. Dengan background pendidikan yang berbeda, sudut pandang dalam pemecahan masalah pun bertambah. Namun, jika rekan memiliki pola pikir yang berbeda denganmu, bukannya bisa menemukan solusi, yang ada setiap hari kamu bertengkar dengannya. Lagi pula, yang namanya diskusi ini bisa dilakukan dengan orang terdekat, nggak harus dari partner. Misalnya, keluarga, teman dekat, bahkan pelanggan.

 

4. Nggak seloyal kamu

Dalam membangun bisnis dibutuhkan loyalitas dan etos kerja yang tinggi. Bisa jadi kamu mencurahkan perhatian kepada bisnis ini. Namun, bagaimana dengan rekan bisnismu? Apakah dia juga memberikan loyalitas dan etos kerja sebanyak yang kamu curahkan?

 

5. Bagi hasil yang susah

Dalam berbisnis juga ada yang namanya bagi hasil keuntungan. Sistem bagi hasil ini tentulah sudah dibahas sejak awal. Namun, yang jadi masalah adalah: jika etos kerjanya nggak sama, bagaimana dengan pembagian keuntungan? Alih-alih mendapatkan keuntungan, yang ada kamu lagi-lagi bertengkar dengannya.

 

6. Cemburu atas kepemilikan

Namanya juga bisnis bersama, otomatis hak kepemilikan juga bersama. Bisa jadi yang memiliki etos kerja lebih tinggi nggak terima jika bisnis ini diaku-aku hak milik oleh si partner. Pasalnya bisnis nggak hanya berupa kepemilikan saja, tapi juga sebanyak apa energi dan waktu yang dicurahkan untuk itu.

 

Artikel Terkait: Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Sesama

  1. 5 Ide Kegiatan untuk Berbaikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar
  2. Begini Cara Tepat Merawat Hubungan Saat Penghasilan Pasangan Lebih Besar
  3. Selain Masalah Uang, 7 Hal Ini Bisa Membunuh Hubungan dengan Pasangan

 

7. Kamu bertanggungjawab terhadapnya

Ya namanya juga bisnis bersama, kamu dengan partner harus bertanggung jawab satu sama lain. Jika partner melakukan kesalahan, kamu pun harus ikut bertanggung jawab. Hal yang sama berlaku sebaliknya. Bahkan, jika rekan kerjamu melanggar hukum, kamu juga harus bertanggung jawab.

 

Ternyata bisnis bersama itu nggak melulu enak, ya. Jadi, lebih baik kamu memulai bisnis sendirian saja.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

ajukan pinjaman Mobile Site CTA

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett