SWARA – Kalau kita simak, ada beragam asuransi yang ada dan bisa kita pilih. Ada asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan, rumah, dan lain sebagainya. Menurut saya, dari beragam asuransi yang ada, kesehatanlah yang harusnya dipenuhi pertama kali.

 

Untuk asuransi kesehatan sendiri, memiliki beragam jenis produk. Ada banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Setiap perusahaan tentu menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Tentu mereka memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadinya, kamu pun bingung akan memilih asuransi kesehatan dari perusahaan mana.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Asuransi yang Harus Kamu Ketahui

  1. Jangan Disepelekan, Ini Persyaratan dan Proses Klaim Asuransi Rumah
  2. Jenis Asuransi yang Wajib Generasi Milenial Miliki Plus Menghitung Biaya Premi
  3. Ikut Asuransi Jiwa, Ini Cara Mudah Menghitung Uang Pertanggungannya

 

Cara terbaik dalam memilih asuransi kesehatan adalah produk yang fasilitasnya menjawab kebutuhanmu. Selain itu, ada beberapa informasi seputar manfaat yang harus kamu ketahui sebelumnya. Apa saja?

 

1. Manfaat rawat inap

Di sini kamu akan mendapatkan pengganti biaya pengobatan. Namun, semua itu juga harus disesuaikan dengan ketentuan yang tercatat di polis asuransi. Jadi, perhatikan secara detail polis yang bisa kamu dapatkan.

 

2. Manfaat rawat jalan

Di sini kamu akan mendapatkan pengganti biaya pengobatan, meskipun nggak mengharuskan si tertanggung mendapat perawatan. Jadi, kamu bisa mendapatkan manfaat lebih dari yang seharusnya kamu dapatkan. Saran saya, manfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya biar kamu nggak rugi.

 

3. Manfaat pengobatan gigi

Fasilitas ini membuatmu mendapatkan manfaat penggantian biaya pengobatan gigi. Adapun yang kamu dapatkan mulai dari perawatan dasar, pengobatan gusi, pengobatan gigi kompleks, perbaikan gigi, hingga penggunaan gigi palsu. Wah, lumayan, nih!

 

4. Manfaat kacamata

Jika kamu punya keluhan berupa minus mata, ada baiknya segera mendaftar asuransi kesehatan. Di sini kamu akan mendapatkan pengganti biaya lensa kacamata dan bingkai atau frame. Namun, untuk itu kamu harus membawa surat pengantar dari dokter, ya.

 

5. Manfaat melahirkan

Biaya melahirkan tentu nggak sedikit. Beruntunglah kalau ada fasilitas yang meng-cover persalinan. Di sini ibu melahirkan akan mendapatkan ganti biaya persalinan atau melahirkan yang tentu saja harus sesuai dengan ketentuan yang tercatat di polis awal.

 

Artikel Terkait: Persiapan Sebelum Persalinan

  1. 9 Kiat Sukses Menyiapkan Biaya Persalinan Normal Tanpa Pusing dan Ribet
  2. 6 Persiapan yang Wajib Pasangan Muda Lakukan Sebelum Memiliki Anak
  3. Hamil Anak Pertama, Ini 10 Rekomendasi Buku Tentang Kehamilan yang Wajib Dibaca

 

Setelah mengetahui manfaat yang bisa diperoleh, kamu bisa memilih jenis asuransi yang ada. Ini dia beberapa jenis asuransinya!

 

6. Asuransi kesehatan individu

Jenis asuransi pertama ini bisa kamu miliki sendiri tanpa perlu berstatus pekerja. Kamu bisa bergabung secara pribadi. Caranya ya langsung kontak ke perusahaan asuransi saja. Bisa berupa BPJS Kesehatan yang sudah dimiliki secara umum. Kamu juga bisa membeli produk asuransi lain secara langsung di perusahaan asuransi.

 

Adapun untuk premi asuransi pribadi lebih ringan ketimbang premi asuransi kelompok yang dibayarkan perusahaan. Untuk keuntungan yang diperoleh dengan membeli asuransi kesehatan individu akan melindungi saat berganti pekerjaan. Kamu tetap bisa memanfaatkan fasilitasnya. Kamu juga bisa menyesuaikan premi asuransi sesuai kondisi keuangannya yang pastinya sudah mencakup semua manfaat yang penting.

 

7. Asuransi kesehatan keluarga

Asuransi kedua ini berbeda dengan asuransi individu. Asuransi kesehatan keluarga mencakup lebih dari satu anggota keluarga mulai dari pasangan, anak-anak hingga tanggungan yang lainnya. Untuk besaran premi yang dibayarkan pun berbeda. Prinsipnya adalah semakin banyak yang ditanggung maka biayanya semakin besar.

 

Itu dia yang harus kamu perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan. Bagaimana, sudah nggak bingung lagi, kan?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI