Sejak awal tahun 2021, masyarakat Indonesia lebih melek dengan tabungan digital. Salah satu penyebabnya adalah mulai bermunculan bank-bank digital.

 

Fenomena ini membuat banyak masyarakat penasaran apa dan bagaimana produk-produk yang ada di bank digital seperti salah satunya tabungan online.

 

Dengan semakin bertambahnya bank-bank digital akan membuat orang-orang mulai beralih dari tabungan konvensional menjadi tabungan digital. 

 

Apa itu tabungan digital? 

 

Sebelum lebih jauh membahas tabungan digital, ada baiknya memahami pengertian bank digital terlebih dahulu.

 

Secara harfiah, bank digital tidak jauh berbeda dengan bank konvensional pada umumnya. Hanya saja bank digital berfokus pada aplikasi.

 

Aplikasi yang dimiliki oleh bank-bank digital ini memiliki kelebihan seperti tools manajemen keuangan, fitur, bonus dan lain sebagainya.

 

Nah, salah satu produk yang dimiliki pada aplikasi bank digital adalah tabungan digital. Tabungan jenis ini merupakan tabungan yang pelayanannya serba digital lewat internet.

 

Mulai dari membuka rekening, kamu bisa melakukannya lewat aplikasi tanpa harus datang ke kantor. Termasuk juga untuk mengakses produk tabungan dan lainnya. 

 

Fungsi tabungan digital

 

Secara fungsi, tabungan digital tidaklah berbeda dengan tabungan konvensional pada umumnya, yaitu untuk menabung atau menyimpan uang. 

 

Tabungan model baru ini memberikan kemudahan dalam akses pendaftaran dan penggunaan hanya dengan menggunakan aplikasi.

 

Selain menabung, tabungan ini juga bisa dipakai untuk melakukan transaksi melalui internet. Transaksinya bermacam-macam, mulai dari transfer uang, pembayaran digital, dan lain sebagainya.

 

Fitur yang biasa ada di tabungan digital

 

Ada beberapa fitur yang ada di tabungan model baru, tapi jarang ditemukan pada tabungan konvensional. Berikut ini fitur-fitur yang umumnya tersedia:

 

1. Fitur gratis transfer beda bank

 

Salah satu fitur yang menarik dan  digemari oleh masyarakat adalah banyaknya penawaran gratis transfer beda bank.

 

Biasanya, setiap transfer antar bank akan dikenakan biaya sebesar Rp6.500. Ada juga yang menetapkan biaya transfer berbeda, tergantung bank yang digunakan. 

 

Tapi, dengan menggunakan aplikasi tabungan digital, para nasabah tidak akan dikenakan biaya ini sehingga bisa lebih hemat.

 

2. Fitur deposito online

 

Kalau dulu, menaruh uang dalam bentuk deposito harus dilakukan secara langsung di bank dengan bukti fisik berupa bilyet. Kini, semuanya bisa dilakukan lewat genggaman saja. 

 

Bunga yang ditawarkan di deposito online pun cukup kompetitif dibandingkan dengan tabungan konvensional. 

 

Tidak hanya itu, deposito online masa kini juga memungkinkan kamu untuk menempatkan dana dalam jumlah kecil, tidak harus dalam jumlah minimal puluhan atau ratusan juta seperti deposito di bank konvensional.

 

Karena menggunakan aplikasi mobile, sehingga membuat nasabah dapat memantau perkembangan deposito yang dimiliki dengan lebih transparan, menarik, bukan? 

 

3. Dapat membayar keperluan sehari-hari

 

Fitur lainnya yang biasanya ada di tabungan berbasis internet adalah fitur pembayaran tagihan.

 

Kamu bisa melakukan pembayaran kebutuhan sehari-hari, mulai dari token listrik, pulsa, air, dan lainnya. 

 

Fitur ini benar-benar memanjakan para nasabah untuk lebih menghemat waktu tanpa harus keluar rumah untuk membayar kebutuhan sehari-hari. 

 

Senyumku salah satu pilihan tabungan digital yang ada di Indonesia

 

Saat ini terdapat banyaknya aplikasi tabungan digital. Pilihannya beragam dengan berbagai promo menarik yang diberikan.

 

Salah satunya yang menarik adalah Senyumku. Senyumku merupakan salah satu produk PT Bank Amar Indonesia atau Amar Bank. 

 

Kehadiran Senyumku bisa membantu berbagai aktivitas perbankan, khususnya menabung. Selain itu, bisa juga membantu kamu mengelola keuangan dan bertransaksi. 

 

Tabungan Senyumku ini punya beberapa fitur yang menarik. Selain pembukaan rekening secara online, ada juga fitur berupa:

 

1. Celengan

 

Fitur Celengan Senyumku berguna untuk kamu yang ingin menabung. Di sini, kamu bisa membuat daftar impian yang ingin dicapai beserta nominal biayanya. 

 

Setelah itu, kamu bisa menabung berdasarkan kategori impian yang sudah kamu buat. Akan ada informasi juga mengenai sisa tabungan yang masih perlu dikumpulkan untuk mencapai impian tersebut. 

 

2. Catatan keuangan

 

Berikutnya, ada fitur pencatatan keuangan. Bukan cuma menabung, Senyumku juga bisa membantu kamu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan lebih mudah.

 

Ada fitur pencatatan otomatis dimana segala transaksi yang kamu lakukan akan langsung tercatat tanpa perlu ditulis secara manual. Setiap bulan, kamu bisa memantau arus keuanganmu lewat catatan tersebut. 

 

Jadi, arus keuanganmu akan lebih mudah untuk dikelola. Kamu pun bisa menjadikan laporan dari catatan itu untuk membuat budgeting pengeluaran di bulan berikutnya. 

 

3. Transfer gratis

 

Sebagai tabungan digital, Senyumku punya satu fitur yang cukup bermanfaat, yaitu transfer gratis. 

 

Di Senyumku, kamu bisa melakukan transfer antarbank secara gratis. Tidak perlu khawatir dengan adanya biaya transfer sebesar Rp6.500 seperti di bank konvensional.

 

Artikel Terkait: Aplikasi Transfer Antarbank Gratis

 

Cara buka rekening tabungan online tanpa setoran awal di bank digital Senyumku

 

Jika kamu ingin membuka rekening tabungan online Senyumku dengan mudah, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Syarat-syarat itu meliputi:

 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 17 tahun dengan menunjukkan KTP

 

Hanya ada dua syarat utama yang perlu kamu penuhi. Tentunya, ini akan memudahkan kamu untuk membuka rekening dengan lebih bebas tanpa persyaratan yang rumit.

 

Artikel Terkait: Cara Buka Rekening Tabungan Senyumku

 

Lalu, jika sudah memenuhi syarat, seperti apa sih cara untuk membuka rekening tabungan Senyumku? 

 

Pertama-tama, sebelum mendaftar, siapkan dulu KTP-mu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini: 

 

  1. Unduh aplikasi Senyumku melalui mobile.
  2. Setelah mengunduh aplikasi, kamu akan dibimbing untuk mengikuti arahan langkah demi langkah apa saja yang harus kamu input datanya
  3. Proses mudah dengan tidak menunggu lama sehingga membuat akun tabungan digital mu segera terverifikasi
  4. Gunakan aplikasi dengan berbagai fitur menarik didalamnya.

 

Mudah sekali, bukan? Semua proses pembukaan rekening ini dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu repot-repot mengunjungi kantor cabang bank. 

 

Tabungan digital memang merupakan tabungan model baru yang lebih menarik dan cocok bagi kamu yang suka dengan kemudahan. Jadi, sudahkah kamu mencoba tabungan secara online?