SWARA – Setiap orang memiliki pengeluaran yang berbeda-beda sesuai dengan gaya hidup dan penghasilan masing-masing. Ada yang merasa cukup untuk makan di warteg, sedangkan ada yang merasa perlu untuk tiap hari pergi ke coffee shop demi konten Instagram yang lebih baik.

 

Ternyata, tidak semua orang memiliki pengetahuan yang baik mengenai cara mengelola keuangan. Padahal hal ini sangat penting dan akan mempengaruhi kualitas hidupmu secara keseluruhan.

 

Sering terjadi, setiap tanggal gajian tiba, uang di rekening serasa hanya numpang lewat karena harus segera dipakai untuk melunasi berbagai tagihan, ataupun memenuhi kebutuhan rutin bulanan.

 

Penting untuk mengalokasikan uang sejak awal menerima gaji. Berapa persen yang akan ditabung, berapa persen untuk membayar tagihan, dan juga untuk keperluan lain.

 

Mengapa perencanaan keuangan sangat penting?

Sebelumnya, sudahkah kamu mengetahui apa tujuanmu memiliki keuangan yang baik? Perencanaan keuangan dalam prosesnya akan sangat berkaitan dengan tujuan keuangan.

 

 

Artikel terkait:

Newlywed, Cek 6 Tips Ini untuk Mengelola Keuangan

Masih Percaya Mitos Keuangan Ini? Tandanya Kamu Nggak Akan Bisa Kaya

Cewek yang Hobi Belanja Itu Jago Ngatur Keuangan. Kok bisa?

 

 

Setiap orang harus memiliki tujuan keuangan, baik jangka pendek maupun panjang supaya bisa direncanakan sejak awal. Tujuan ini bisa menjadi motivasi dalam mewujudkan keuangan yang sehat. Kamu juga bisa mengamankan keuangan pada masa yang akan datang.

 

Jika kamu bisa membuat rencana keuangan yang baik, maka kondisi keuanganmu juga akan menjadi lebih baik lagi. Kedua hal ini saling berpengaruh. Oleh karena itu, jika kamu mengalami kebingungan dalam menyusun perencanaan keuangan, kamu bisa meminta bantuan dari perencana keuangan (financial planner). Kamu bisa mendapatkan solusi dan langkah yang tepat supaya tujuan keuanganmu bisa tercapai.

 

 

Manfaat mengatur keuangan

Dengan melakukan perencanaan keuangan, kamu akan memiliki kepastian mengenai masa depannya. Tidak hanya itu, kamu juga mengetahui ke mana perginya pendapatan yang sudah kamu dapatkan dengan susah payah. Pendapatan harus dikelola dengan baik sejak awal supaya hambatan yang ada dalam keuangan dapat diantisipasi dengan baik.

 

Untuk mengatasi hambatan dalam perencanaan keuangan, kamu harus selalu melakukan evaluasi secara berkala. Kamu dapat mengontrol rencana keuangan dengan ketat dan melihat pencapaian dalam keuanganmu secara keseluruhan.

 

Dengan memiliki kemampuan mengelola keuangan, kamu bisa mengetahui arus dari uang yang kamu miliki. Masa depanmu juga lebih terjamin. Itulah alasan mengapa sangat penting untuk memiliki rencana keuangan yang tepat. Jangan lupa, kamu juga harus memiliki disiplin yang tinggi dan kontrol yang baik supaya lebih mudah mengelola keuangan pribadi.


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas