SWARA – Di bulan suci Ramadan, katanya amal ibadah akan dilipatgandakan. Untuk itu, sebaiknya ibadah di bulan suci ini diperbanyak. Ibadah nggak hanya kepada Tuhan. Menyambung tali silaturahmi juga termasuk ibadah dan bisa memperluas rezeki.

 

Itulah kenapa ada moment buka bersama atau bukber dengan teman lama. Ada bukber dengan teman TK, SD, kuliah, hingga rekan kerja. Dari sekian agenda bukber, bisa dikatakan bukber dengan teman kantorlah yang paling sering. Apalagi buat kalian yang bekerja sampai melewati waktu berbuka.

 

Sayangnya, kita sering makan dengan kelewat batas. Seakan dendam, kita jadi ingin makan ini-itu dan menghamburkan uang lebih banyak. Alhasil, yang awalnya kita kira bisa hemat saat Ramadan ternyata sebaliknya.

 

Saya rasa, kamu perlu menyiasati cara bukbermu. Kamu tetap bisa hemat, sekalipun sering bukber di luar. Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

 

Artikel Terkait: Menu Buka Puasa yang Bisa Kamu Coba

  1. 5 Tempat di Surabaya Sajikan Menu Buka Puasa‘Salted Egg’, #TunaikanRamadan dengan Nikmat
  2. Contek 5 Resep Menu Buka Puasa Berbahan Dasar Kurma Ini, Yuk!
  3. #TUNAIKANRAMADAN dengan Berbuka Puasa di 7 Resto Menu Jepang Surabaya

 

1. Bikin acara tukar menu buka

Buka bersama nggak melulu menghabiskan uang. Kamu bisa bikin acara bukber kecil-kecilan di kantor. Kalau biasanya ada cara tukar kado, nah, kalau ini tukar menu buka puasa. Kamu bisa membuatnya di rumah atau beli di luar. Bukber seperti ini justru malah jadi bukber yang terspesial.

 

2. Manfaatkan promo

Restoran di luar sana tentu memiliki banyak program diskon dan promo. Jangan sampai kamu melewatkan program ini begitu saja. Karena ini merupakan acara bersama, pastikan restoran ini cukup nyaman, ya. Jangan sampai hanya karena murah, kamu melupakan unsur kenyamanan.

 

3. Gunakan kartu anggota

Terkadang, program diskon diberikan khusus buat mereka yang telah memiliki kartu anggota. Apakah kamu sudah tergabung sebagai anggota sebuah restoran yang kebetulan memberikan diskon? Jika ya, pastikan kamu nggak ketinggalan info diskon, ya!

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Program Diskon yang Harus Kamu Ketahui

  1. Penasaran Ga Sih Kenapa Gojek Selalu Sebar Diskon GoPay?
  2. Punya Hobi Belanja? Wajib Tahu Perhitungan Diskon pada Umumnya!
  3. Peluang Bisnis Jasa Titip, Solusi Buat yang Nggak Sempat Belanja dan Mengejar Diskonan

 

4. Pilih restoran dengan program ‘all you can eat’

Saat Ramadan, banyak restoran dan hotel yang menawarkan program ‘all you can eat’. Dengan membayar nominal tertentu, kamu bisa memilih semua menu yang sudah disediakan. Ya sepanjang perutmu muat, ya.

 

5. Pilih makanan yang bisa buat ramai-ramai

Cara berhemat lainnya adalah dengan memilih menu yang bisa dipesan ramai-ramai. Ada banyak menu yang bisa dimakan ramai-ramai. Salah satunya adalah pizza. Mungkin kalau dilihat sekilas di buku menu, harganya cukup mahal. Namun, jika harganya untuk patungan, jatuhnya jauh lebih murah.

 

6. Manfaatkan makanan takjil

Cara paling hemat untuk buka puasa ya dengan memanfaatkan makanan takjil. Sepulang kantor, kamu bisa mampir ke masjid yang menyediakan makanan takjil. Sudah berpahala, gratis lagi nggak perlu keluar uang.

 

Meskipun terkesan boros, sebenarnya kita bisa menyiasati biar hemat, kan? Semua tergantung bagaimana kamu menyiasatinya. Selamat mengatur keuangan dengan baik!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI

 

 

 

Mobile Site CTA