SWARA – Kenapa harus berbenah atau mengatur masalah finansial? Menurut pandangan pribadi, berbenah atau clean up finance memang harus dilakukan kalau mau hidup tenang tanpa beban. Ketika keadaannya semakin sulit, saya merekomendasikan dana pinjaman online dari Tunaiku untuk bantu benah-benah. Inilah hal-hal yang harus kamu lakukan saat benah-benah.

Artikel terkait: Masalah keuangan dapat picu stres, lakukan kiat-kiat ini untuk mengatasinya

  1. 3 Masalah Keuangan Ini Picu Stress, Begini Cara yang Benar Mengatasinya
  2. Lakukan 7 Hal Ini Agar Tidak Stres Memikirkan Keuangan Ketika Hamil
  3. Masalah Keuangan yang Harus Dihindari Agar Tidak Stres

 

1. Bawa uang tunai seperlunya saja

Kalau kamu ke luar negeri, harap untuk anggaran belanjanya enggak sampai 100 Dolar. Saya rasa dana sebesar itu sudah mampu untuk menolongmu dalam keadaan darurat sekalipun. Kalau lebih dari 100 Dolar, saya khawatir tabunganmu di bank mudah terkuras. Begitu ada hal mendesak lainnya,  kamu jadi enggak punya uang cadangan. Kan repot.

Ketika membawa uang dalam jumlah banyak, maka akan mudah tergoda ketika melihat diskon atau barang impian dipajang dengan harga murah. Tanpa pikir panjang, akhirnya uang di tangan pun lenyap dan berubah jadi benda tersebut. Padahal kalau dipikir-pikir kembali, apa untungnya?

2. Bawa kartu kredit seperlunya

Ketika bawa kartu kredit, sama halnya dengan uang tunai. Hanya saja dalam bentuk yang lebih praktis dan kekinian. Terlalu banyak membuat dan membawa kartu kredit bisa berpotensi boros dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, orang-orang hanya bikin 2 kartu kredit. Satu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Satunya untuk jaga-jaga.

3. Pakai sopir yang sudah bersertifikat

Semurah apa pun biaya sopir pribadi, tetap harus mempertimbangkan soal sertifikat ini. Minimal SIM dan KTP. Soalnya kalau suatu hari nanti ketangkap, kamu juga akan mendapatkan getahnya. Akhirnya merogoh kocek lebih dalam deh untuk menambal kekurangan itu. Kalau di luar negeri, pakai sopir dengan ketentuan yang sama.

4. Buang semua bon, kuitansi, atau tanda penerimaan uang

Langkah utama agar terhindar dari aksi pencurian, kamu lakukan hal ini saja. Kalau sudah dibuang, terus suatu saat membutuhkannya bagaimana? Tenang. Sekarang, kamu unduh saja aplikasi bernama Shoeboxed. Aplikasi itu gratis kok dan hanya untuk mengamankan data-data dari bon, kuitansi, serta tanda penerimaan uang.

 

5. Sembunyikan dokumen perpajakan

Selain soal bon dan kuitansi, kamu juga perlu menyembunyikan dokumen perpajakan demi clean up finance. Jagalah setiap dokumen di tempat yang aman. Khususnya dari jangkauan anak-anak. Seringkali, mereka mengambil sesuatu tanpa berpikir lebih dulu. Padahal dokumen yang menyangkut soal perpajakan sangat berharga untuk masa depan.

 

6. Simpan bukti transaksi di email yang berbeda

Misalkan suatu hari kamu mengajukan dana pinjaman online dari Tunaiku, maka setiap transaksinya akan dilaporkan lewat e-mail, SMS, serta aplikasi. Daripada melihat kotak surat di e-mail penuh, kan lebih baik kalau ditempatkan di e-mail yang berbeda. Durasi bikin e-mail itu sangat singkat kok. Enggak sampai 5 menit jadi.

 

7. Atur kalender sebagai pengingat

Manusia itu memiliki keterbatasan terhadap ingatan. Jadi memang harus pakai bantuan. Misalnya dengan mengatur kalender elektronik agar memberi peringatan di hari yang ditentukan. Katakanlah tanggal 15 September 2018, kamu harus membayar cicilan uang di bank. Maka, set saja di tanggal itu. Daripada terlambat dan kena denda, kan?

Artikel terkait: lakukan hal ini ketika ada pengeluaran mendadak

  1. Cara Mudah Dapatkan Dana Darurat, Solusi Lewat Pinjaman Tunaiku
  2. Lakukan Tiga Hal Ini Ketika Kamu Menghadapi Pengeluaran Mendadak dalam Jumlah Besar
  3. Lakukan 3 Hal Ini Untuk Antisipasi Jika Ada Pengeluaran Mendadak

 

Manfaatkan dana pinjaman online Tunaiku untuk benahi masalah

Dana pinjaman online dari Tunaiku bisa difungsikan apa saja, sebab hadir dalam bentuk uang tunai. Enggak sedikit di luar sana yang terlalu sering utang sana-sini. Akhirnya saat menumpuk dalam waktu lama, dilupakan. Padahal sewaktu-waktu bisa ditagih. Dengan dana dari Tunaiku ini, proses menyelesaikan masalahnya jadi lebih mudah. Enggak perlu dicicil lagi.

Clean up finance bisa lebih mudah lagi dilakukan kalau kamu ikutan program referral. Bagi nasabah Tunaiku, program ini sudah sangat familiar. Bahkan sudah ada yang membuktikan bisa dapat uang tambahan di atas 5 juta Rupiah. Caranya dengan daftar dulu lewat aplikasi maupun website. Kemudian bidik yang tengah butuh modal tambahan dalam promosi.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Tunaiku