SWARA – Pernah mendengar kepribadian DISC? Untuk mengetahui kepribadian ini, kamu harus mengikuti tes DISC. Ada empat kepribadian dalam tes ini yakni Dominance, Influence, Steadiness, dan Conscientiosness. Tes kepribadian ini ditemukan oleh psikolog bersama William Moulton Marston.

 

Kepribadian ini dapat berpengaruh terhadap berbagai aspek dalam kehidupan. Misalnya, terhadap cara mengatur keuangan. Mari kita simak satu per satu mengenai cara berbagai tipe kepribadian DISC dalam mengatur keuangan!

 

Si tak mau kalah, Tipe D (Dominance)

Tipe kepribadian DISC yang pertama dibahas adalah tipe D. Orang dengan kepribadian tipe D pada umumnya berhasrat sebagai pemimpin dan ingin “mengendalikan” orang lain. Mereka juga pribadi yang suka bersaing dan ingin menjadi nomor satu.

 

Dalam mengelola keuangan, orang dengan tipe kepribadian D sering mengambil keputusan yang cepat terkait keuangan. Keputusan terkait investasi mana yang mereka pilih dan mengeluarkan uang tanpa perencanaan yang matang adalah dua kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang yang memiliki tip kepribadian DISC Dominance. 

 

Untuk itu, jika kamu memiliki kepribadian tipe D, ada baiknya kamu selalu merencanakan keuangan dan tidak bersikap impulsif dalam mengambil keputusan. Selalu sediakan Plan B untuk berjaga-jaga, ya!

 

Termotivasi oleh orang lain, Tipe I (Interactive)

Masuk ke kepribadian DISC kedua, Tipe I (Interactive) adalah kelompok orang yang suka bersosialisasi dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Mereka berorientasi kepada hubungan sosial. Orang yang memiliki kepribadian Tipe I termotivasi oleh orang lain untuk mengatur pengeluarannya. Dalam mengatur pengeluaran, biasanya orang dengan kepribadian Tipe I tidak segan-segan mengeluarkan uang lebih untuk kebutuhan orang yang menurut mereka penting.

 

Wahai manusia Tipe I, sangat penting untukmu melakukan budgeting sebelum menghabiskan uang untuk orang-orang yang kamu sayangi. Tidak masalah sih bila kamu merasa bahagia saat memberi, tapi yang harus kamu ingat, kamu juga butuh uang untuk ditabung!

 

Artikel terkait

Plus Minus Kepribadian Steadiness Yang Harus Kamu Ketahui

Tanda Cowok Naksir Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian MBTI

6 Alasan Kepribadian Ambivert Lebih Sukses di Tempat Kerja

 

Pendamba kestabilan, Tipe S (Steady)

Kepribadian yang stabil adalah julukan bagi orang dengan tipe DISC Steady. Sama seperti namanya, orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang cenderung bersifat stabil, cinta damai, dan suka mengambil langkah yang pelan tapi pasti.

 

Hal ini juga diterapkan oleh orang yang memiliki kepribadian DISC Tipe S, mereka menginginkan kestabilan. Mereka mungkin memiliki perencanaan yang baik dalam menyimpan uang. Tapi keberanian mereka untuk berinvestasi harus dipertanyakan karena dengan menceburkan diri ke dalam investasi, berarti mereka harus mengorbankan kestabilan.

 

Perfeksionis, Tipe C (Cautious)

Kalau kamu sering mendengar kata perfeksionis, dalam kepribadian DISC, orang dengan julukan ini masuk dalam Tipe C (Cautious). Orang yang terkenal akan keakuratan dan ketelitiannya ini sangatlah logis, sistematis, dan berhati-hati dalam hidupnya. Jika ada aplikasi untuk mengatur keuangan, tentu saja orang dengan tipe kepribadian C adalah orang yang tepat untuk menjadi target pasar. Dalam mengatur keuangan, mereka suka membuat berbagai skenario keuangan untuk membuat mereka merasa aman!

 

Itulah cara-cara yang bisa kamu terapkan menurut kepribadian DISC dalam mengatur keuangan. Kira-kira, kamu tipe kepribadian yang mana?