SWARA – Kamu berkepribadian Steadiness? Atau, sudah pernah mendengar tipe kepribadian ini namun ingin kenal lebih dekat? Steadiness adalah bagian dari hasil tes kepribadian DISC (Dominance, Inspiring, Steadiness, Cheerful). Tipe kepribadian Steadiness dimiliki oleh 31% populasi dunia, lho!

 

Orang-orang dengan tipe kepribadian Steadiness dikenal akan kestabilan, ketenangan, dan sikap easy going-nya. Mereka mementingkan teman dan keluarga, bahkan di atas dirinya sendiri. Namun, tidak jarang pembawaan mereka membuat orang lain semena-mena. Penasaran dengan plus minus dari kepribadian ini? Cek di bawah ini!

 

1. Kepribadian yang unik

Satu pembeda tipe kepribadi ini dengan tipe kepribadian yang lainnya adalah mereka lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan orang yang mereka kenal dibanding dengan berkomunikasi dengan orang baru. Dilansir dari situs resmi tes kepribadian DISC , orang yang memiliki tipe kepribadian Steadiness cenderung pendiam dan juga sangat suka dengan kestabilan dan keamanan.

 

Mereka adalah orang yang dapat dipercaya, kamu tidak perlu ragu untuk berbagi cerita ke orang-orang yang berkepribadian Steadiness. Sebagai pribadi yang stabil, mereka mudah bekerja sama, terlebih bila mereka menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap suatu kegiatan.

 

2. Logis dan detail

Sama seperti namanya, orang dengan kepribadian Steadiness merupakan orang yang terukur, namun sabar dan tidak menuntut. Terkadang, mereka menunjukkan kesetiaan terhadap apa yang dilakukannya, menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas. Kepribadian ini termasuk tipe orang yang merencanakan sesuatu sebelum melaksanakannya. Empati dan perasaan yang mereka libatkan dalam perencanaan tidak membuat mereka terbawa perasaan, malah membantu mereka membuat perencanaan yang lebih detail dan tentu saja aplikatif!

 

Artikel terkait: Ternyata, Pacaran Bisa Mengubah Kepribadianmu, Lho!

 

3. Cepat berubah

Sayangnya, mereka tidak memiliki motivasi yang cukup dari dalam diri mereka sendiri untuk mengejar ketertinggalan. Mereka juga cenderung mendengarkan opini dari sekelilingnya untuk menentukan apa yang mereka lakukan. Padahal kualitas diri orang yang memiliki tipe kepribadian Steadiness sangatlah positif. Jika harus masuk ke dalam tempat baru, mereka harus memperoleh motivasi dari luar untuk berkembang.

 

4. Nyaman tanpa konflik

Satu lagi sikap yang dimiliki oleh orang yang berkepribadian Steadiness adalah menghindari pertengkaran. Mereka lebih nyaman untuk berkembang dan berekspresi di lingkungan yang minim konflik. Jika harus ada konflik, mereka memilih untuk diam dibanding menyelesaikan masalah. Mereka adalah tipe kepribadian terakhir yang akan memberikan pendapat bila ada konflik. Namun, jangan khawatir. Bila kamu memiliki teman dengan tipe kepribadian inimereka akan menjadi pribadi yang suportif dan mempercayai pekerjaanmu.

 

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari tipe kepribadian Steadiness. Pada dasarnya, manusia adalah pribadi yang unik. Tes kepribadian bersifat membantu kita untuk mengenal diri kita sendiri dan juga meningkatkan kualitas diri. Untuk itu, bila kamu berminat, kamu bisa mencoba tes kepribadian DISC di lembaga tes psikologi ataupun secara online!