Kamu mencari penghasilan tambahan untuk karyawan? Yes, kamu berada di artikel yang tepat. Saat ini, demi memenuhi kebutuhan dan atau keinginan di masa kini dan masa depan, tak jarang banyak karyawan yang menerima pekerjaan paruh waktu di luar pekerjaan utamanya.

 

Dengan demikian, mereka pun memiliki penghasilan tambahan yang bisa menambah pundi-pundi tabungannya. Beberapa pekerjaan tambahan memang memerlukan modal berupa uang agar usaha bisa dijalankan.

 

Nah, berikut adalah cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk karyawan namun tidak berpeluang mengganggu pekerjaan utama.

 

1. Menjadi dropshipper dan reseller

penghasilan tambahan untuk karyawan

Menjadi dropshipper dan reseller bisa menjadi alternatif mendapatkan penghasilan tambahan untuk karyawan yang minim modal yang bisa kamu jalankan. Perbedaannya hanya pada istilah dalam hal penyimpanan stok dalam waktu tertentu.

 

Berperan menjadi reseller berarti kamu menjual kembali barang dagangan dengan menyimpan kembali stok hingga barang tersebut terjual kepada konsumen. Sementara, menjadi dropshipper berarti menjual kembali barang dari supplier tapi dengan atas nama kamu.

 

Dibanding menjadi reseller, menjadi dropshipper memang tidak membutuhkan modal. Tapi, bagi penjual yang mengutamakan kualitas, menjadi reseller akan jauh lebih menguntungkan.

 

Baca juga: Mengenal Program Referral Tunaiku, Kesempatan Dapat Penghasilan Tambahan

 

2. Berinvestasi di saham, reksadana maupun deposito

Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari imbal hasil instrumen investasi tertentu. Beberapa pilihan investasi yang bisa kamu pertimbangkan diantaranya deposito, reksadana dan saham.

 

Jika dilihat dari besaran imbal hasilnya, deposito memberikan return paling kecil tetapi memiliki risiko paling rendah diikuti dengan reksadana dengan imbal hasil dan risiko menengah.

 

Sementara, instrumen saham bisa memberikan return paling tinggi dalam waktu singkat sehingga harus keuntungan pun harus segera direalisasikan mengingat risikonya pun sangat tinggi. Jadi, pastikan untuk memilih instrumen investasi yang tepat bagi kamu.

 

Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan untuk Tambah Penghasilan

 

3. Menjadi affiliate marketing e-commerce

Pernah dengar orang yang bisa mendapatkan komisi ratusan juta dengan mendaftar menjadi affiliate marketing e-commerce? Nyatanya, kejadian ini memang ada dan pekerjaan paruh waktu seperti ini memang bisa membuahkan penghasilan tambahan karena cara kerjanya hanya mendaftarkan diri dan mendapatkan link afiliasi.

 

Setelah mendapatkan link afiliasi, kamu hanya perlu mempromosikannya lewat berbagai platform pendukung seperti chat, sosial media, blog, website dan lain sebagainya.

 

Besaran komisi yang kamu dapatkan biasanya akan bervariasi tergantung dari barang atau jasa yang kamu promosikan.

 

4. Jual beli properti (broker)

Selanjutnya, kamu bisa menambah penghasilan dengan menjadi broker untuk transaksi jual dan beli properti. Penghasilan tambahan yang didapatkan memang didasarkan pada komisi yang disepakati dari penjual properti atau developer.

 

Semakin besar harga properti yang diperjualbelikan, biasanya besaran nilai komisi akan semakin besar sehingga bisa menjadi pendapatan pasif bagi kamu yang memang sudah mengetahui pasar penjual dan pembeli aset properti. Tantangan menjadi broker biasanya meliputi koneksi yang luas dan komunikasi yang jelas antara pembeli dan penjual.

 

Baca juga: Yuk, Cari Penghasilan Tambahan dengan Investasi Rumah Kontrakan. Simak Tipsnya!

 

5. Kerja freelance memanfaatkan internet

Dengan kemajuan teknologi, kamu bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan peluang pekerjaan paruh waktu atau freelance. Pekerjaan freelance yang memiliki peluang besar diantaranya content writer, social media manager, design graphic, fotografer/videografer, video editor hingga product reviewer.

 

Pekerjaan paruh waktu yang memanfaatkan internet seperti ini umumnya tidak disertakan dengan kontrak di atas kertas sehingga terkesan tidak jelas dasar hukumnya jika terjadi penyelewengan.

 

Namun, beberapa perusahaan sudah mulai menyadari peluang dengan mengikat periode waktu kerja seorang pekerja waktu dalam sebuah kontrak kerja sehingga masing-masing pihak tidak khawatir akan dirugikan.

 

6. Mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah dengan membuka usaha

Nah, cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang cocok bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu di rumah adalah membuka usaha sampingan di rumah.

 

Beberapa jenis usaha yang bisa kamu pertimbangkan sesuai dengan keahlian dan minat diantaranya catering, laundry, kios, jasa menjahit dan lain sebagainya. Jenis usaha seperti ini biasanya memang membutuhkan modal karenanya kamu perlu menabung dahulu.

 

Cara mendapatkan tambahan modal usaha 

Beberapa jenis usaha memang membutuhkan modal bisa kamu jalankan. Tapi jangan khawatir karena ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang untuk bisa membangun usaha sampingan untuk bisa menjadi penghasilan tambahan kamu kelak.

 

Mengajukan pinjaman ke Tunaiku 

Kamu bisa mendapatkan pinjaman untuk kelangsungan usaha dengan cara menggunakan Tunaiku, fasilitas pinjaman online dari Amar Bank.

 

Pinjaman yang diajukan dengan Tunaiku tidak memerlukan jaminan dan juga menawarkan kredit tanpa agunan hingga Rp20 juta yang dapat diakses melalui aplikasi ataupun website.

 

Beberapa keunggulan pengajuan pinjaman melalui Tunaiku adalah sebagai berikut:

  1. Pengajuan pinjaman hanya dengan KTP
  2. Proses peminjaman dilakukan secara online
  3. Nilai pinjaman hingga Rp20 juta dengan tenor hingga 20 bulan
  4. Aman dan transparan karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

 

Syarat mengajukan pinjaman

Bagi kamu yang memilih fasilitas pinjaman dari Tunaiku sebagai pilihan untuk bisa kembali membangun usaha sampingan, ada beberapa syarat dan tutorial yang harus kamu penuhi.

 

Syarat mengajukan pinjaman Tunaiku

  • Usia minimal 21 tahun sampai 55 tahun
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki rekening bank dari Bank Amar Indonesia
  • Memiliki pekerjaan atau penghasilan
  • Berdomisili di salah satu area layanan Tunaiku

 

Cara mengajukan pinjaman

Adapun cara mengajukan pinjaman dari platform Tunaiku diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Melakukan pendaftaran melalui aplikasi Tunaiku
  • Menunggu proses verifikasi dan persetujuan dari tim Tunaiku
  • Mendapatkan konfirmasi pinjaman 
  • Tanda tangan kontrak yang dokumennya akan dikirimkan oleh kurir Tunaiku
  • Menerima pencairan dana ke rekening.

 

Tidak sulit, bukan? Untuk kamu karyawan yang sedang mencoba untuk membuka usaha sampingan, Tunaiku juga dapat menjadi solusi kendala finansial secara general termasuk masalah ketidakcukupan dana untuk modal usaha.