SWARA – Setelah mengalami jatuh bangun di usia 20an, kamu pasti mengharapkan kehidupan yang semakin mapan ketika memasuki 30an. Apalagi, di usia ini mungkin kamu sudah mulai membangun keluarga kecil., keuanganmu harus lebih tertata dan terencana, dong.

 

Memasuki kepala tiga, sudah saatnya kamu menyudahi menghabiskan uang untuk keperluan yang kurang penting dan mulai mempersiapkan masa depan. Yah, syukur-syukur kalau kamu sudah melakukannya sejak usia 20an sih. Tapi jika belum, ini dia beberapa target keuangan yang mesti segera kamu capai di usia 30an. Apa saja? 

 

1. Persiapkan dana darurat ke level selanjutnya

Memiliki profesi sebagai pegawai swasta atau wirausaha nggak menjamin keuanganmu aman. PHK bisa terjadi kapan saja, kebangkrutan juga bisa menimpa. Orang yang sehat bisa tiba-tiba terkena serangan jantung.

Kamu nggak bisa memprediksi kapan musibah terjadi, tetapi kamu bisa mempersiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga agar keuangan senantiasa stabil. Jumlah dana darurat tiap orang berbeda-beda, tergantung biaya kebutuhan hidup dan jumlah tanggungan. Setidaknya, persiapkan 6 bulan biaya hidup keluargamu untuk disimpan di bank sebagai dana darurat.

 

Artikel terkait: Finansial usia 30an

  1. 5 Fakta dan Kondisi Keuangan yang Baik Saat Usia 30an, Kamu Sudah Tepat?
  2. Ini 7 Modal Keahlian yang Wajib Dimiliki Bagi Perempuan Agar Sukses di Usia 30an
  3. 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Kembali ke Kampus di Usia 30an  

 

2. Mulai menabung untuk pensiun

Bertahun-tahun mengabdikan diri sebagai pegawai, tentu membuatmu bercita-cita untuk segera pensiun. Tingkatkan tabungan pensiun hingga 15% dari gaji. Kalau kamu nggak menabung banyak di usia 20-an, kamu mungkin ingin menghemat lebih dari 15% untuk menebus waktu yang hilang.

Kamu bisa menggunakan kalkulator yang dapat memproyeksikan penghasilan bulanan masa depan, sesuai dengan seberapa banyak kamu menabung hari ini. Kamu bisa mulai menabung saham, sehingga kelak dividen yang dibayarkan bisa untuk membiayai hidupmu.

Membandingkan berapa banyak uang yang dimiliki sekarang dan memperkirakan bagaimana pengeluaranmu berubah pada masa pensiun dapat memberi gambaran apakah kamu berada di jalur yang benar. Banyak orang yang tekena post power syndrome hanya karena mereka nggak mempersiapkan masa pensiunnya dengan baik.  

3. Menambah portofolio investasi

Setelah dana darurat dibuat, jangan biarkan uangmu menumpuk di rekening bank. Investasikan uang itu agar tumbuh lebih cepat. Investasi juga kaan membantumu untuk mencapai tujuan finansial yang telah kamu tetapkan.

Kawula muda bisa memulai investasi dengan portofolio saham atau meluncurkan bisnis kecil. Kalau kamu sudah mahir dalam jual-beli rumah, nggak ada salahnya berinvestasi di bidang ini. Apalagi kalau kamu tertarik membuat kos-kosan, bisa berinvestasi sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. 

4. Bebas hutang

Lunasi semua tagihan kartu kredit. Kartu kredit hanyalah alat untuk membayar, bukan dijadikan sarana berhutang. Sebelum berbelanja, renungkan baik-baik apakah kamu benar-benar membutuhkannya?Belilah barang kalau kamu memang punya uang. Selagi belum punya uang sabarlah menunggu hingga tabunganmu cukup untuk membayarnya. Hindari perilaku konsumtif yang hanya akan merugikan diri sendiri.

Bebas hutang akan membuatmu lebih tenang secara psikologis. Kamu nggak merasa terbebani dengan tagihan-tagihan tiap bulan yang datang.

 

Artikel terkait: Finansial usia 20an

  1. Mau Usia 20an Mandiri Secara Finansial? Begini Cara Mewujudkannya
  2. Sukses di Usia 20an, 8 Tantangan Ini Wajib Dikalahkan
  3. Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerda

 

5. Memilih asuransi kesehatan

Meski terdengar sepele, nyatanya banyak orang yang belum memiliki asuransi. Ketika ia sakit parah, barulah ia menyadari butuh asuransi. Mendapatkan asuransi ketika sakit bukanlah perkara mudah. Untuk itu, selagi kamu sehat buatlah asuransi kesehatan. Cari tahu apakah pekerjaanmu menawarkan cakupan kecacatan jangka pendek, yang akan melindungi jika kamu nggak bisa bekerja selama beberapa bulan karena kecelakaan atau kondisi medis.

Usia 30-an juga merupakan waktu untuk berpikir tentang asuransi jiwa, yang mencakup pasangan, anak, dan orang tua. Orang tua yang tinggal serumah jua perlu untuk dilindungi kesehatannya. Carilah asuransi paket satu keluarga agar biaya yang dibayarkan lebih murah.

 

Itulah target keuangan yang harus segera kamu capai di usia 30an. Semoga bisa segera dipenuhi ya!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


PAULUS RISANG