SWARA – Siapapun berhak mereguk kesuksesan dan kemakmuran. Kesuksesan nggak pernah melihat latar belakang pendidikan, tampang rupawan, apalagi silsilah keluarga. Terbukti meski lahir dalam keluarga yang kurang beruntung, lima pengusaha Indonesia ini berhasil menjadi pengusaha sukses dan kaya raya. Siapa saja mereka? Simak ulasan Tunaiku berikut ini.

 

  1. Joko Widodo, pengusaha mebel yang rumahnya sempat digusur tiga kali

Siapa nggak kenal dengan orang nomor wahid di negeri ini? Ya! Joko Widodo, atau yang lebih dikenal dengan nama Jokowi, adalah Presiden Republik Indonesia saat ini. Sebelum terjun ke dunia politik, beliau adalah seorang pengusaha mebel yang sukses. Namun siapa sangka di balik kesuksesannya itu, Jokowi nggak terlahir dari keluarga kaya.

Di masa kecilnya, rumah Jokowi pernah digusur sebanyak tiga kali. Ia juga pernah terpaksa berdagang, mengojek payung, dan jadi kuli panggul untuk membeli sendiri keperluan sekolah dan uang jajan sehari-hari. Tapi keterbatasan tersebut nggak membuat Si Jokowi kecil patah arang. Justru hal tersebut semakin memacu semangatnya untuk sukses. Terbukti ia mampu lulus dari Fakultas Kehutanan UGM dan bekerja di perusahaan BUMN, hingga akhirnya memiliki perusahaan sendiri.

 

  1. H. Bustaman, sukses dirikan kerajaan rumah makan Padang berkat merantau ke ibukota

Meski mengandung banyak lemak serta kolesterol, nyatanya nasi Padang tetap menjadi menu favorit dan primadona masyarakat kita. Salah satu restoran Padang yang paling terkenal adalah Rumah Makan Padang Sederhana. Cabang restoran satu ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, bahkan hingga ke Malaysia. Meski bernama “sederhana”, namun restoran satu ini justru lebih dikenal sebagai tempat makan kelas menengah ke atas.

Warung Sederhana lahir dari seorang pria asal Sumatera Barat bernama H. Bustaman. Bustaman kecil hanya mengenyam pendidikan sampai kelas dua sekolah rakyat. Seputus sekolah, ia mengadu nasib dengan bekerja apa saja. Bekerja di kebun karet, menjual koran, mencuci piring di rumah makan, hingga menjadi pedagang asongan. Lalu ketika ia menikah dengan Fatimah dan dikaruniai seorang anak, Bustaman remaja memberanikan diri mengadu nasib di Jakarta. Pilihan saat itu adalah berdagang rokok dengan menggunakan gerobak.

Perjuangan mendirikan RM Sederhana seperti saat ini bukanlah tanpa halangan, namun justru kerap melewati berbagai rintangan. Mulai dari pencurian oleh pembantunya sendiri, masalah dengan satpol PP, hingga kebakaran pernah dialami oleh Bustaman muda. Namun, usahanya kini telah membuahkan hasil berkat kegigihan serta kerja kerasnya yang selalu berkobar.

 

  1. Susi Pudjiastuti, juragan seafood dan pesawat yang hanya kantongi ijazah SMP

Wanita satu ini memang terkenal dengan gaya serta penampilannya yang nyentrik serta unik. Ditambah lagi dengan kepribadiannya yang cuek namun tegas, sehingga kerap jadi sorotan media. Susi Pudjiastuti atau lebih akrab dengan panggilan Ibu Susi, adalah Menteri Kelautan dan Perikanan periode Presiden Jokowi.

Sebelum menjabat sebagai menteri, Susi merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang pengolahan hasil laut serta transportasi udara. Sebelum sukses menjadi pengusaha seperti saat ini, Susi pernah berjualan ikan di Tempat Pelelangan Ikan di Pangandaran. Hingga akhirnya usaha Susi semakin berkembang pesat seperti saat ini, meski hanya memiliki ijazah SMP.

 

  1. Chairul Tandjung, dulu cuma anak singkong kini jadi konglomerat media

Chairul Tandjung atau lebih dikenal dengan sebutan CT, sempat dinobatkan sebagai orang terkaya kelima di Indonesia menurut majalah Forbes. Ia juga sempat dipercaya menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada masa periode SBY. Seperti kita tahu, CT memiliki beberapa lahan bisnis. Yang paling terkenal adalah bisnis di bidang media, yaitu Trans Corp. Berbeda dengan para pengusaha yang lahir di tengah kemiskinan, Chairul Tandjung justru lahir dari keluarga yang cukup mapan.

Ayahnya merupakan wartawan yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil. Namun, usaha ayahnya dipaksa untuk gulung tikar karena dianggap berseberangan dengan pemerintahan pada masa Orde Baru. Hingga akhirnya sang ayah menjual rumah dan mereka sekeluarga terpaksa pindah ke kamar kontrakan kecil. Keadaan ini tak lantas membuatnya putus asa, ia justru mampu menyelesaikan pendidikan dan melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Pada saat kuliah, insting bisnisnya semakin terasah. Ia justru lebih memilih drop out dan menggeluti usahanya hingga sukses seperti saat ini.

 

  1. Nicholas Kurniawan, sukses berbisnis ikan hias

Tak lengkap rasanya jika tak menyertakan pengusaha muda dalam tulisan ini. Adalah seorang bernama Nicholas, yang sudah menggeluti berbagai macam usaha kecil-kecilan. Mulai dari ikut MLM, asuransi, dan makanan hingga membuatnya nggak naik kelas saat duduk di bangku SMA. Kiprah Nicholas dalam berbisnis bukanlah tanpa alasan. Semua berawal dari kondisi keuangan keluarganya yang terpuruk dan terlilit utang.

Nicho, begitu ia akrab dipanggil merupakan pengusaha muda yang bergerak dalam jual-beli ikan hias. Awalnya, ia diberi sepaket ikan Garra Rufa oleh temannya. Ikan ini biasa digunakan oleh orang-orang untuk terapi. Karena ikan ini tak terlalu menarik perhatiannya, ia kemudian menjual ikan-ikan tersebut melalui FJB Kaskus.  Namun tak disangka, dalam hitungan jam ikan tersebut habis terjual. Dari situlah bisnis jual-beli ikan hias Nicho semakin berkembang, dengan omzet ratusan juta per bulan.

 

Dari kelima contoh pengusaha di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa sukses untuk mejadi kaya tidaklah bergantung pada tingkat pendidikan ataupun latar belakang seseorang. Sebaliknya, sukses dapat diraih jika kita memiliki semangat, kegigihan, kerja keras, serta kesabaran dalam diri. Apakah kamu siap jadi pengusaha kaya selanjutnya? Daripada pesimis, mending bagikan pendapatmu di kolom komentar, yuk!