SWARA – Memilih instrumen investasi nggak bisa sembarangan karena harus disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai investor. Salah satunya, investasi dengan menabung valas. Menabung valas artinya kita menabung uang dalam mata uang asing dengan harapan agar nilai uang kita meningkat saat nilai mata uang asing yang kita tabung sedang naik. 

 

Hal ini biasanya berguna bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri atau punya hobi jalan-jalan ke luar negeri. Sebagian besar tujuannya, agar nilai tabungan kamu nggak menurun nilainya saat ditukarkan dengan mata uang negara tujuan. Dalam menabung valas, kamu membutuhkan strategi yang baik agar nggak rugi karena potongan pajak yang besar. Sebelum terjun untuk menabung valas, yuk, simak strateginya.

 

1. Sesuaikan tabungan dengan kebutuhan

Valas memang lebih ditujukan untuk kamu yang membutuhkan transaksi dengan mata uang negara asing. Kamu bisa sekalian menabung untuk mendapatkan keuntungan dan sekaligus menggunakannya dalam bertransaksi di luar negeri. Beberapa hal yang paling umum sebagai tujuan menabung valas adalah untuk pendidikan, bisnis, dan jalan-jalan ke luar negeri. 

 

Jika kamu berencana untuk kuliah di luar negeri beberapa tahun kemudian, tentu ada perasaan takut akan nilai Dolar yang menguat sehingga tabungan uang Rupiah kamu nantinya nggak cukup untuk ke luar negeri. Nah, dengan menabung valas kamu dapat mengantisipasi kenaikan mata uang asing terutama Dolar yang nilainya sudah digunakan secara global.

 

2. Tentukan tempat menabung valas

Saat ini sejumlah bank sudah menawarkan layanan menabung valas seperti BCA Dollar, Tabungan Valas Mandiri, BNI Dollar, Tabungan Xtra Valas CIMB Niaga, hingga Primadolar Bank Danamon. Bahkan menggunakan aplikasi yang ditawarkan oleh Jenius pun kita sudah bisa melakukan transaksi untuk menabung valas, lho. 

 

Kamu perlu mengetahui layanan tabungan valas mana yang menyediakan tabungan mata uang sesuai tempat yang akan kamu tuju di luar negeri agar memudahkan bertransaksi saat tabungannya akan digunakan nantinya.

 

  1. Artikel Terkait: Tips Berinvestasi
    Lakukan Jurus Anti Rugi Ini saat Rupiah Sedang Melemah
    Kenali lebih dalam Keuntungan dan Risiko Trading Forex
    Bagaimana Cara Berinvestasi Valuta Asing untuk Pemula? Ini Kiatnya!

 

3. Perhatikan syarat dan ketentuan penyedia tabungan valas

Setiap penyedia tabungan valas memiliki persyaratan dan ketentuannya masing-masing seperti setoran awal, bunga, biaya kurs, penarikan simpanan, hingga biaya administrasi. Tabungan valas biasanya memiliki bunga yang lebih rendah dari tabungan biasa dan memiliki biaya administrasi yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Jadi, kamu perlu mencari penyedia tabungan valas sekaligus menghitung bunganya agar bisa menutupi biaya administrasinya agar tabungan kamu nggak tergerus tiap bulannya. 

 

Dalam penarikan tabungan nanti, sebaiknya kamu juga menariknya dalam mata uang asing agar nilainya nggak menurun seperti jika kamu tarik di mata uang Rupiah.

 

4. Bijak dalam berinvestasi valas

Fungsi menabung valas adalah melindungi uang kita agar nilainya nggak tergerus akibat naik-turunnya nilai tukar Rupiah. Jadi, kamu sebaiknya memilih mata uang yang cenderung stabil seperti Dolar Amerika Serikat atau Dolar Australia yang juga sering digunakan untuk bertransaksi di berbagai negara. 

 

Namun, jika kamu harus memilih mata uang asing tertentu untuk kemudahan bertransaksi di luar negeri nanti seperti mata uang Yen, Yuan, atau Euro, nggak ada salahnya juga untuk memilih mata uang tersebut. 

 

5.  Alternatif investasi selain valas

Meskipun kamu sudah yakin untuk berinvestasi valas, para ahli menyarankan untuk nggak memasukan seluruh uang kamu ke tabungan valas. Setidaknya, hanya 10 hingga 30 persen saja yang kamu tabung di valas untuk mencegah risiko menurunnya nilai mata uang kamu. 

 

Kamu bisa mengalokasikan uangmu di instrumen investasi lain yang juga menguntungkan seperti reksadana, tabungan berjangka, tabungan emas, hingga saham agar lebih aman dari risiko yang besar.

 

Itulah 5 strategi jitu untuk kamu yang ingin menabung valas. Tentu investasi harus dipikirkan secara matang dengan berbagai strategi karena ini menyangkut keuangan kamu di masa depan.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.