Berinvestasi rasanya sudah menjadi kebutuhan bagi setiap lapisan masyarakat. Di tengah era informasi yang semakin mudah didapat, tentu informasi mengenai investasi juga dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Salah satunya adalah cara bermain saham dengan modal 100 ribu.

 

Ini berlaku bagi kalian yang ingin mencari tips bagaimana berinvestasi saham dengan modal kecil. Mungkin ini juga berguna bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah yang mungkin pendapatannya belum stabil dan tidak terlalu besar. Tenang, kalian masih memiliki cara bermain saham dengan modal 100 ribu, kok.

 

Saat ini Swara memiliki fitur terbaru yaitu Kalkulator Finansial. Di sana, kamu bisa menghitung perencanaan budgetmu untuk beberapa hal seperti bisnis, pendidikan, traveling, pernikahan, hingga renovasi rumah. Coba di sini.

 

Belajar dan belajar adalah hal yang paling penting

 

cara bermain saham dengan modal 100 ribu
Belajar investasi saham (ilustrasi by Pexel)

 

Dalam berinvestasi saham, kalian harus belajar mengenai analisis saham terlebih dahulu, terutama jika kalian adalah anak sekolah yang bisa disebut sebagai pemula dalam investasi saham.

 

Banyak sekali pemula yang terjebak, mereka tergiur dengan potensi keuntungan yang diberikan investasi saham, tetapi tidak paham mengenai risikonya. Akhirnya, ada yang kehilangan cukup banyak uang ketika berinvestasi saham.

 

Saham bukanlah suatu instrumen investasi yang mudah, mungkin tidak semudah deposito. Saham membutuhkan analisa mendalam untuk mengetahui saham mana yang bagus untuk dibeli dalam jangka waktu panjang. 

 

Itulah mengapa belajar mengenai analisa saham itu wajib hukumnya! Anak-anak sekolah tentu saja tidak dapat hanya mengikuti rekomendasi saham dari orang lain tanpa belajar menganalisa sendiri!

 

Prinsip itulah yang harus ditanamkan sejak muda. Tidak ada yang instan di dunia investasi.

 

Baca juga:

Waspada Dalam Berinvestasi! Ini Ciri-ciri Investasi Bodong

Yuk, Kenali Cryptocurrency dan NFT Sebelum Memutuskan Berinvestasi

6 Jenis Instrumen Investasi yang Paling Populer dan Menguntungkan

 

Ada berapa analisa dalam saham?

 

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu sebenarnya mudah. Kalian hanya perlu mempelajari dua macam analisa.

 

1. Analisa teknikal

 

Analisa teknikal adalah metode analisa saham dengan melihat pergerakan harga di masa lalu untuk memprediksi harga di masa depan. 

 

Kualitas dari perusahaan tidak terlalu diperhatikan di dalam analisa teknikal. Yang terpenting adalah signal pasar yang dapat ditangkap dan digunakan sebagai entry point dan exit point. 

 

2. Analisa fundamental

 

Jauh berbeda dari analisa teknikal, analisa fundamental lebih melihat kualitas utama dalam suatu perusahaan.

 

Seorang fundamental investor selalu melihat laporan keuangan dan potensi perusahaan ke depan sebelum memutuskan untuk membeli saham perusahaan tersebut.

 

Data membuktikan bahwa perusahaan dengan kualitas fundamental yang baik, secara jangka panjang, harganya cenderung terus meningkat.

 

Saham apa yang harus dibeli untuk pemula?

 

saham amar bank
Saham Amar Bank

 

Untuk pemula seperti anak sekolah, cara membeli saham dengan modal 100 ribu adalah dengan cara membeli saham perusahaan-perusahaan yang berkualitas!

 

Sebagai pemula, jangan membeli saham gorengan yang tidak jelas! Mindset ini harus ditekankan. Yang namanya membeli perusahaan, kita harus membeli perusahaan yang bagus, bukan yang tidak jelas.

 

Saham-saham berfundamental kuat seperti saham perusahaan Bank Amar Indonesia (AMAR) ini tentu dapat dijadikan pilihan. Harganya juga tidak terlalu mahal, dengan uang 100 ribu, kalian sudah dapat membeli saham perusahaan AMAR.

 

Berinvestasi untuk jangka panjang

 

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang terbaik adalah dengan berinvestasi secara jangka panjang.

 

Saham, secarang jangka pendek, itu sangat fluktuatif. Berusaha menebak pergerakan saham secara jangka pendek itu sama seperti berjudi.

 

Tetapi, pergerakan saham perusahaan-perusahaan berfundamental baik, secara jangka panjang, itu selalu naik ke atas.

 

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu adalah dengan memegang saham-saham yang berkualitas dan mendekapnya secara jangka panjang. Tidak perlu takut dengan gejolak market.

 

Yuk, meskipun kalian masih anak sekolah, kalian pasti dapat melakukan investasi saham dengan baik!