Saat ini, banyak bisnis online yang semakin berkembang sampai menjadi suatu tren. Ditambah lagi, sudah banyak cara jualan online tanpa modal yang bisa dengan mudah dilakukan, bahkan untuk pemula sekalipun.

 

Banyak pebisnis online yang memanfaatkan perkembangan e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Selain itu, ada juga yang menggunakan media sosial untuk memasarkan produk.

 

Pilihan Usaha Online yang Bisa Dimulai Tanpa Modal

 

Salah satu alasan dimana banyak orang yang masih ragu dalam memulai usaha online adalah dengan keterbatasan modal yang dimiliki. 

 

Banyak yang mengasumsikan bahwa harus memiliki modal besar untuk berjualan online. Padahal kenyataannya tidak demikian. 

 

Saat ini ada beragam pilihan cara jualan online tanpa modal yang bisa kamu manfaatkan, contohnya seperti:

 

1. Dropshipper

 

Pengertian dropship adalah sebuah sistem penjualan yang dimana pihak penjual tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk membeli dan menyetok barang yang akan dijual.

 

Sistem penjualan ini mulai tren dikarenakan para dropshipper hanya bertugas untuk memasarkan produk tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Dilihat dari sisi risiko, sistem ini sangatlah aman bagi pihak penjual.

 

Pihak penjual bisa menggunakan sosial media untuk terus memasarkan produknya. Keuntungan yang didapatkan oleh dropshipper dari mendapatkan margin dari setiap produk yang berhasil dijual.

 

Misal, harga produk asal Rp75 ribu, maka pihak dropshipper bisa menaikkan harga jual menjadi Rp85 ribu. Maka Rp10 ribu dari selisih tersebut menjadi keuntungan oleh dropshipper.

 

Kamu dapat mencari produk-produk yang dijual dengan sistem dropship ini melalui internet maupun ecommerce.

 

2. Reseller

 

Reseller tidak jauh berbeda dengan sistem dropship. Hanya saja, reseller merupakan orang yang menjual kembali sebuah produk dengan lebih dulu membeli dan stok dari produsen.

 

Stok tersebut akan dikirimkan langsung dari pihak reseller langsung ke konsumen. Sehingga pihak produsen hanya berurusan langsung dengan reseller

 

Untuk keuntungan pun sama seperti sistem dropship, hanya saja terdapat perbedaan dimana pihak reseller akan dapat harga yang lebih murah karena sudah melakukan pembelian atau stok barang dengan jumlah yang lebih besar. 

 

Potensi keuntungan yang didapatkan juga lebih besar walaupun dari teknik pemasaran juga tidak jauh berbeda. Bisa menggunakan sosial media, ecommerce maupun membuat toko online

 

3. Jasa penulisan 

 

Kebutuhan konten di era digital seperti saat ini memang sedang naik-naiknya. Jasa penulisan bisa menjadi salah satu cara jualan online tanpa modal yang bisa kamu manfaatkan.

 

Jika kamu suka menulis, jasa ini bisa menjadi alternatif yang menguntungkan. Kamu bisa memasarkan jasa mu dengan membuat website sendiri maupun melalui sosial media.

 

Tidak hanya itu saja, kamu bisa memanfaatkan website pencari freelancer dari luar negeri seperti Fiverr, Upwork, Toptal dan masih banyak lagi. 

 

Kamu akan dibayar dengan dolar dan bisa menjadi alternatif mendapatkan uang dengan mudah darimana saja.

 

4. Jasa desain

 

Punya keahlian menggunakan aplikasi design seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Ilustrator dan lainnya? Coba manfaatkan keahlian itu untuk buka jasa desain.

 

Jasa desain yang kamu sediakan bisa untuk keperluan pribadi maupun keperluan perusahaan. Desain yang kamu buat nantinya bisa dipakai untuk berjualan produk, kampanye, branding media sosial, dan lain sebagainya.

 

Di era digital ini, keahlian desain sangat dibutuhkan. Ini menjadi peluang besar buat kamu yang ingin menjajal dan mengasah skill desain lebih bagus lagi.

 

Artikel Terkait: Memulai Bisnis Online dari Rumah

  1. Cara Memulai Bisnis Online dari Rumah
  2. Waspadai Pengeluaran Tak Terduga Saat Bangun Bisnis Online

 

Cara Jualan Online Tanpa Modal (Dropshipper)

 

Ada beberapa cara jualan online tanpa modal seperti dropship yang mudah bisa kamu terapkan:

 

1. Riset kecil-kecilan mengenai barang yang ingin diperdagangkan

 

Sebelum memulai usaha online dropship, kamu harus menentukan terlebih dahulu barang apa yang sedang tren atau banyak diminati. Dengan menjual barang yang banyak diminati akan memudahkanmu dalam memasarkan produk.

 

Kamu bisa cari data-data dari internet untuk melihat produk apa yang lagi tren di sebuah marketplace. Kamu juga bisa menggunakan Google Trend untuk melihat barang apa yang sedang banyak dicari melalui keyword di google.

 

Setelah mengetahui barang apa yang akan diperdagangkan membuatmu jadi lebih mudah untuk menjual dan mengatur strategi yang tepat. Ini bisa jadi trik cara jualan online tanpa modal yang sederhana.

 

2. Hubungi supplier-supplier untuk mengetahui perbandingan harga

 

Barang sudah ditentukan maka cara berikutnya adalah dengan mencari supplier mana yang bisa menjual barang dengan berkualitas dan harga bersaing. 

 

Kamu harus benar-benar teliti dan menanyakan bagaimana alur proses pengiriman barang. Karena, harga juga menjadi faktor utama yang harus kamu perhatikan. 

 

Jika kamu bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah maka keuntungan yang kamu dapatkan akan menjadi lebih besar.

 

3. Pasarkan produk melalui media sosial

 

Cara jualan online tanpa modal dengan mudah saat ini bisa menggunakan media sosial. Kamu bisa mulai riset topik atau konten seperti apa yang diminati sekarang.

 

Setelah menyusun konten yang menarik kamu hanya terus konsisten agar banyak orang yang menjadi followers akun media sosialmu. 

 

Semakin banyak followers akan memudahkanmu untuk jualan produkmu kelak.

 

4. Gunakan strategi pemasaran yang menarik

 

Kamu bisa menggunakan strategi pemasaran digital dengan dua cara yaitu yang berbayar maupun gratis. Untuk yang berbayar, maka kamu harus mengeluarkan uang untuk iklan seperti FB Ads, Google Ads maupun IG Ads.

 

Jika kamu terkendala modal untuk membayar iklan, kamu bisa manfaatkan dengan membuat konten yang menarik. 

 

Semakin menarik dan unik maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk membeki produk yang ditawarkan melalui media sosial.

 

Artikel Terkait: Alternatif Sumber Pendanaan Bisnis

  1. Pinjaman Modal Bisnis untuk Pemilik UMKM
  2. Pendanaan Bisnis Lewat Saham atau Pinjaman?

 

Pilihan Barang-barang yang Bisa Diperjual-belikan Secara Online

 

Internet menawarkan beragam barang yang bisa kamu gunakan sebagai cara jualan online tanpa modal, seperti:

 

1. Baju

 

Produk fashion memang tidak ada matinya. Setiap orang pasti membutuhkan baju dari anak kecil sampai dewasa. Kamu bisa mencari produk-produk baju yang hits dan kekinian.

 

Cara jualan online tanpa modal bisa kamu lakukan dengan menjual baju yang spesifik hanya khusus untuk pria ataupun wanita. Bisa juga hanya menjual baju-baju kerja, pesta dan lainnya.

 

2. Sepatu

 

Sepatu bisa menjadi alternatif untuk barang online yang digemari. Dari anak kecil sampai orang dewasa, pasti membutuhkan sepatu. 

 

Kamu bisa mengambil fokus khusus menjual sepatu olahraga atau sepatu sekolah saja. Dengan fokus pada satu target pasar akan memudahkan untuk menjual barang kedepannya. 

 

3. Elektronik

 

Barang-barang elektronik juga masih diminati oleh masyarakat. Kamu bisa fokus menjual handphone, laptop ataupun sejenisnya.

 

Kamu bisa mencari target pasar yang menggemari barang-barang elektronik untuk menjual produkmu. 

 

Saat ini kebutuhan barang elektronik terus meningkat dengan semakin majunya perkembangan era digital.

 

4. Olahraga

 

Kondisi pandemi seperti saat ini mengharuskan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Termasuk kegiatan olahraga yang biasanya dilakukan di tempat gym, lapangan dan lainnya.

 

Solusi agar tetap dapat berolahraga di rumah dengan membeli peralatan olahraga seperti barbel, alat skipping, sepeda statis dan lainnya. 

 

Sehingga, permintaan barang-barang yang berkaitan dengan kegiatan olahraga sangatlah tinggi

 

5. Kecantikan dan perawatan tubuh

 

Selain kegiatan olahraga, nyatanya masyarakat saat ini memiliki tren baru untuk mempercantik dan merawat tubuh dengan lebih baik. 

 

Bahkan di salah satu e-commerce mencatatkan peningkatan barang-barang seperti skincare mengalami lonjakan permintaan dua kali lipat saat pandemi.

Kondisi tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menjual barang-barang kecantikan dan perawatan tubuh yang sedang lagi tren di masyarakat. Pastikan barang-barang kecantikan tersebut sudah berizin resmi dan aman dikonsumsi oleh siapapun. 

 

Informasi di atas adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis secara online. Meski masih pemula pun, kamu pasti bisa melakukan cara jualan online tanpa modal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selamat mencoba!