SWARA – Saya memiliki teman yang orang tuanya adalah pengusaha craft sukses. Penjualannya nggak hanya dalam negeri, tapi juga sudah merambah ke pasar internasional. Namun di balik kesuksesannya ini, ternyata orang tuanya nggak lantas puas. Dia justru merambah ke bisnis lain yaitu restoran.

 

Saya sempat heran, kenapa orang tua teman saya yang sudah sukses di bidang craft sampai melirik ke dunia kuliner, ya? Ternyata, setelah berdiskusi ringan dengan mereka saya jadi tahu kalau prospek bisnis restoran semakin meningkat. Peminat orang-orang yang makan di luar pun semakin banyak. Bahkan arisan dan reuni saat ini sering diadakan di restoran. Apalagi sekarang hampir bulan Ramadhan.

 

Kamu juga ingin membuka restoran? Well, berikut ada 7 jenis restoran yang bisa kamu coba.

 

Artikel Terkait: Restoran yang Bisa Kamu Coba

  1. 10 Restoran Keluarga Terbaik di Bogor untuk Habiskan Waktu Berkualitas, Seru dan Nikmat
  2. 7 Restoran untuk Pesta Pernikahan yang Simpel Tapi Berkesan di Jakarta
  3. Ngedate di Rooftop, Ini 9 Pilihan Restoran Rooftop Keren di Jakarta

 

1. Fast casual

Jenis restoran pertama ini sedang banyak dibicarakan, alias naik daun. Suasana yang dibangun lebih mewah daripada restoran lainnya. Di sini pelanggan bisa melihat proses pemasakan makanan secara langsung.

 

2. Food truck

Jenis restoran ini juga sedang naik daun. Adapun modal awalnya nggak sebanyak jenis restoran lainnya. Konsep restoran ini pun praktis, bisa dibawa mobilitas kemanapun yang sekiranya terdapat pelanggan. Namun, tentu kamu harus membuka kaveling restoran baru.

 

3. Fast food

Tentu kamu sudah sering mendengar jenis restoran ini. Di sinilah tempat kamu bisa dilayani dengan cepat karena makanannya sudah disiapkan. Karena sudah disediakan, menu yang ditawarkan pun cukup terbatas. Jika kamu ingin membuka restoran jenis ini, tentu prospeknya sangat bagus. Kamu bisa membeli merek dagang melalui sistem franchise.

 

4. Buffet (prasmanan)

Makan di restoran ini seperti halnya kamu sedang belanja di swalayan. Kamulah yang harus melayani pesananmu sendiri. Jadi dari beragam makanan yang tersedia kamu bisa memilih sesukamu dan membawanya sendiri ke meja makan. Untuk pembayaran, biasanya, sih, bayar di muka, ya. Jenis restoran ini juga banyak dijumpai di berbagai tempat.

 

5. Pop up restaurant

Restoran ini bisa dikatakan sejenis pasar kaget. Restoran ini bisa muncul kapan pun dan di mana pun tanpa diduga. Kadang di taman, pasar kaget, festival makanan, evet kota, dan lain sebagainya. Karena nggak menentu, pemasaran jenis restoran ini dilakukan melalui media sosial.

 

6. Restoran keluarga

Di restoran keluarga, biasanya menu yang tersaji lebih beragam. Nggak hanya menu,  tema restoran pun beragam. Ada yang klasik, khas makanan luar negeri, daerah, dan lain sebagainya. Adapun segmen pasar untuk jenis ini cukup besar.

 

Artikel Terkait: Cara Tambah Modal Usaha

  1. Mau Buka Usaha Tapi Modal Usaha Terbatas? Ini 5 Cara Mengatasinya
  2. Bolehkah Melakukan Pinjaman Tanpa Agunan Sebagai Modal Usaha? Ini yang Harus Diperhatikan
  3. Wajib Baca, Ini Cara Mengenal Modal Kerja Bagi yang Merintis Usaha

 

7. Fine dining

Jenis restoran ini bisa dikatakan seperti layaknya restoran kelas atas. Meja-meja yang tersaji dihiasi taplak putih, penerangan elegan melalui cahaya lampu chandelier, dan pelayannya pun berseragam bak retoran mahal. Adapun kokinya merupakan koki profesional dengan pengalaman belasan tahun. Butuh modal yang cukup besar membuka restoran ini. Namun, kamu juga bisa meraup untung lebIh banyak karena harganya sebanding dengan kualitas pelayananmu.

 

Itu dia 7 jenis restoran yang bisa dijadikan bisnis. Bagaimana, tertarik mendirikan restoran jenis yang mana, nih?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

4

 

 


TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI