SWARA – Nampaknya, saat ini hobi traveling makin diminati, terutama oleh generasi milenial. Mereka akan dengan serius mengumpulkan pundi-pundi Rupiah untuk bisa traveling baik itu dalam maupun luar negeri. Mereka bahkan lebih bersemangat dalam menyusun itinerary daripada menyelesaikan pekerjaan.

 

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak yang mengira kalau hobi traveling hanya menghabiskan uang. Padahal, hobi ini justru bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah. Jadi, bukannya mengeluarkan uang, tapi menambah uang. Mau contoh, Trinity buktinya? Dia merupakan traveler yang menuliskan ceritanya. Kini dia menjadi penulis sukses yang karyanya pun diangkat di layar lebar!

 

Sebenarnya, ada banyak ide bisnis yang bisa kamu coba di dunia ini. Menjadi penulis hanya salah satu contohnya saja. Ini dia ide bisnisnya!

 

Artikel Terkait: Hobi Menulis? Baca Ini!

  1. 7 Keuntungan Punya Pacar Hobi Menulis, Dijamin Bakal Makin Cinta
  2. Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis
  3. 7 Website Menulis Online Buat yang Suka Menulis Novel

 

1. Travel blogger

Inilah yang saya maksud di depan. Jadi, sekarang yang namanya traveling bisa dibayar, lho. Setelah melakukan trip, kamu bisa menuliskannya dan diunggah di blog. Kalau kamu sudah terpasang Google Adsense, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang masuk.

 

Lebih jauh lagi, kamu bisa seperti Triniity yang menuliskan buku, diterbitkan, bahkan difilmkan. Kamu juga bisa lho, kerja sama dengan penginapan, aplikasi traveling, untuk menuliskan review dan menjual tulisanmu ke sana.

 

2. Fotografer

Kamu punya hobi foto-foto? Pengin jalan-jalan tapi nggak mau keluar duit? Menjadi fotografer bisa kamu pilih! Tugasmu adalah mengabadikan momen rombongan yang sedang melakukan traveling ke mana pun. Tentu biayamu dari perjalanan, penginapan, makan, hingga masuk objek wisata merekalah yang menanggung.

 

3. Travel agent

Jika sudah berpengalaman dalam hal traveling, ini saatnya buat kamu membuka jasa travel agent. Kamu bisa membuka jasa agen mulai dari pembuatan itinerary, persewaan kendaraan, dan lain sebagainya.

 

4. Sewa mobil

Saat traveling, saya terkadang kesulitan mencari rental mobil. Saya sendiri belum begitu lihai untuk menyetir kendaraan roda empat. Di luar sana juga banyak traveler seperti saya. Nah, ini bisa jadi peruntungan buatmu. Kamu bisa membuka jasa sewa mobil sekaligus menjadi sopir. Jadi, kamu pun bisa ikut liburan mereka yang mana dari penginapan hingga makan bahkan masuk objek wisata kamu nggak perlu pusing memikirkan dananya.

 

Artikel Terkait: Buat Kamu yang Memiliki Kendaraan Roda 4, Pahami Ini!

  1. Ikuti Tips ini Jika Ingin Mesin Mobilmu Awet Terus
  2. Benarkah Menyalakan AC Saat Mobil Baru Hidup Dapat Mengeluarkan Zat Beracun?
  3. Perkiraan Biaya Perawatan Mobil untuk Satu Tahun

 

5. Penerjemah

Meskipun ada Google Translate, tetap saja bahasa menjadi kendala yang sangat berarti. Terutama kamu yang melakukan trip ke luar negeri. Nah, kamu perlu mengajak penerjemah.

 

Itu dia bisnis yang bisa kamu coba jika menyukai traveling. Mana yang kamu pilih? Kalau saya, menjadi travel blogger.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI

 

Tunaiku