Beranda > Finansial > Berniat Mengajukan Kartu Kredit? Simak Langkah-Langkahnya!

Berniat Mengajukan Kartu Kredit? Simak Langkah-Langkahnya!

Berniat Mengajukan Kartu Kredit? Simak Langkah-Langkahnya!watermark

TUNAIKU.COM – Nggak bisa dipungkiri, kartu kredit sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat modern. Soalnya, ada beragam manfaat yang ditawarkan oleh kartu kredit. Mulai dari kemudahan transaksi sampai berbagai promo yang menggiurkan.

Apakah kamu juga sudah merasa memerlukan kartu kredit? Jika iya, simak dulu langkah-langkah pengajuannya, yuk.

 

1. Tentukan bank dan jenis kartu kredit sesuai kebutuhan

Untuk apa kartu kredit tersebut bakal digunakan? Belanja bulanan, bisnis, atau bahkan traveling? Jenis kartu kredit bisa dilihat dari limit maupun cakupan wilayahnya. Masing-masing kartu juga memberlakukan iuran tahunan dan bunga yang berbeda. Jadi, tentukan sesuai kebutuhanmu, ya.

 

2. Siapkan berkas yang diperlukan, seperti KTP dan slip gaji

Biasanya, pihak bank akan meminta kartu identitas dan slip gaji serta rekening koran saat kamu mengajukan kartu kredit. Bila kamu seorang wiraswasta atau pegawa lepas yang tidak memiliki slip gaji, kamu bisa tetap melakukan pengajuan  menggunakan jaminan berupa tabungan atau deposito pada bank yang bersangkutan.

 

3. Isi formulir aplikasi kartu kredit dengan benar dan lengkap

Di dalam formulir aplikasi, kamu diminta untuk mengisi data diri seperti nama, nomor identitas, alamat tempat tinggal, alamat kantor, sampai kerabat yang bisa dihubungi. Data-data ini diperlukan pada saat proses verifikasi nanti. Jadi, isilah dengan sebenar-benarnya biar pengajuanmu sukses.

 

4. Setelah berkas diserahkan, kamu tinggal menanti proses verifikasi dari bank

Setelah semua berkas pengajuan kartu kredit diserahkan, pihak bank akan melakukan proses verifikasi datamu. Mereka akan mengecek kantor, tempat tinggal, dan kerabat yang kamu cantumkan dalam form. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang kamu berikan ke bank sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Tak hanya itu, bank juga akan mengecek status BI checking kamu. Bisa dibilang, proses verifikasi inilah yang bakal menentukan apakah kartu kreditmu layak diterbitkan atau tidak.

 

5. Bila lolos proses verifikasi, tinggal tunggu kartu kreditmu dikirim ke rumah

Tak lama setelah dinyatakan lolos verifikasi, kamu akan segera menerima kartu kreditmu. Tapi, bila belum lolos, jangan berkecil hati. Kalau BI checking-mu bersih, kamu masih bisa mengajukan lagi setelah periode waktu tertentu sesuai peraturan bank.

 

Bikin kartu kredit ternyata gak ribet, ‘kan? Setelah mempunyai kartu kredit, pastikan kamu menggunakannya dengan bijak, ya!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett