Beranda > Finansial > 7 Tips Jitu Membangun Bisnis Bersama Pasangan

7 Tips Jitu Membangun Bisnis Bersama Pasangan

PAULUS RISANGPaulus Risang
7 Tips Jitu Membangun Bisnis Bersama Pasanganwatermark

TUNAIKU.COM – Membangun bisnis dengan orang-orang terdekat memang terdengar menyenangkan. Selain sudah tahu bagaimana karakter masing-masing, ternyata membangun bisnis dengan orang terdekat juga mendatangkan hal-hal positif lain yang menunjang semangat untuk berbisnis. Meskipun begitu, masih banyak orang yang menghindari membangun bisnis dengan orang terdekat terutama pasangan. Selain nggak ingin terjadi pertengkaran, orang-orang juga menghindari konflik akibat pembagian profit yang bisa saja dirasa kurang seimbang. Jangan patah semangat dulu, karena kali ini saya akan membagikan 7 tips bagaimana agar bisa sukses membangun bisnis bersama pasangan. Yuk, simak tips-tipsnya!

 

1. Samakan terlebih dahulu visi dan misi

Dalam berbisnis, selain keuntungan dalam hal materi juga ada hal-hal lain yang dituju. Seperti mengisi waktu, membantu orang lain, dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Kamu dan pasangan perlu menyepakati terlebih dahulu apa tujuan dalam membangun usaha. Bicarakan tujuan dan keinginan masing-masing dalam berbisnis. Sesuaikan visi kalian berdua dengan misi yang memudahkan kedua belah pihak agar nggak ada perselisihan jika bisnis sudah berjalan.

 

Artikel Terkait: Ide Bisnis yang Bisa Dicoba

  1. Ingin Meraup Keuntungan Jelang Lebaran? 5 Ide Bisnis ini Bisa Kamu Coba!
  2. 5 Ide Bisnis yang Menghasilkan Banyak Cuan untuk Penggila Travelling
  3. 4 Ide Bisnis Tanpa Modal, Mau Coba?

 

2. Bicarakan tentang pembagian tugas

Kamu jago dalam hal teknologi sedangkan pasanganmu jago dalam marketing. Ini akan jadi kombinasi yang baik dalam berbisnis. Diskusikan pembagian tugas kamu dan pasangan secara adil. Pastikan kamu dan pasangan nggak ada yang keberatan dengan job desc. yang diberikan. Idealnya kamu dan pasangan memiliki job desc. yang saling melengkapi kekurangan masing-masing.

 

3. Pikirkan untuk membuat surat perjanjian

Memang kita nggak ingin hal buruk terjadi di dalam hubungan, tapi masa depan nggak ada yang tahu. Untuk berjaga-jaga, buatlah surat perjanjian antara kamu dan pasangan yang di dalamnya mengatur tugas, pembagian hasil, dan kesepakatan tertentu dalam masa depan bisnis. Pastikan surat perjanjian yang kamu sepakati dengan pasangan memiliki legalitas hukum agar kedepannya lebih mudah diselesaikan jika terjadi sesuatu.

 

4. Selalu membahas urusan bisnis bersama

Usahakan untuk selalu membahas urusan bisnis bersama dengan pasangan. Bagaimanapun, pasangan adalah rekan bisnis utama kamu sehingga dia juga berhak mengetahui sekecil apa pun tentang kemajuan bisnis yang dijalankan. Miss communication adalah hal yang harus kamu dan pasangan hindari dalam menjalani bisnis.

 

5. Berpikir rasional saat berbisnis dengan pasangan

Meskipun dia pasanganmu, namun urusan bisnis nggak bisa digabungkan dengan urusan perasaan. Kita memang boleh menghormati keputusan pasangan. Namun, jika itu menurut kamu sudah membuat kamu nggak nyaman, kamu boleh menolaknya agar hubungan dan bisnis berjalan lebih lancar. Singkirkan dahulu ego dan perasaan nggak enak kepada pasangan. Hal ini juga bisa kamu bicarakan dulu di awal sebelum memulai bisnis, ya.

 

6. Hindari saling menyalahkan saat ada masalah

Berbisnis nggak jauh dari yang namanya masalah, sehingga kamu dan pasangan harus hati-hati dalam menyikapinya. Selesaikan setiap masalah dalam bisnis secara rasional tanpa memasukan emosi. Sebaiknya harus memisahkan masalah pribadi dengan masalah bisnis agar nggak terlalu banyak beban yang kamu rasakan dalam menjalankan bisnis.

 

Artikel Terkait: Bisnis Bersama Pasangan

  1. Bisnis Seperti Apa Sih Yang Cocok Jika Dijalankan Bersama Pasangan?
  2. Punya Pasangan Workaholic? Ini Cara Jitu Menghadapinya!
  3. Pasangan Dengan 5 Sifat Ini Bisa Bikin Kariermu Naik Loh

 

7. Tetap beri waktu untuk memadu kasih

Bisnis akan memakan banyak waktu kalian. Namun, bagaimanapun kamu dan pasangan butuh quality time untuk saling menyayangi. Buatlah jadwal berlibur bersama tanpa membicarakan sama sekali tentang bisnis agar hubungan percintaan selalu terjaga. Hal ini juga membuat kalian lebih semangat untuk melanjutkan bisnis yang kalian bangun, lho.

 

Mantap bukan, tips-tips membangun bisnis bersama pasangannya? Dengan tips-tips ini kamu bisa membangun berbagai macam bisnis yang cocok dikelola bersama pasangan. Misalnya, berjualan produk fashion online, berjualan makanan, jasa desain grafis, atau bahkan membuka kedai kopi yang kedengaran menarik untuk dijalankan. Yuk, ajak pasangan kamu untuk merintis bisnis bersama dengan tips-tips ini!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett