Beranda > Finansial > 7 Cara Terbaik Mengelola Keuangan di Usia 20-an

7 Cara Terbaik Mengelola Keuangan di Usia 20-an

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
7 Cara Terbaik Mengelola Keuangan di Usia 20-anwatermark

TUNAIKU.COM-Banyak orang mengaku kesulitan dalam mengelola keuangan mereka sendiri. Terlebih bagi mereka yang berusia 20 tahunan. Pada rentang usia ini, beberapa ada yang masih berkuliah dan sebagian lagi sudah bekerja. Namun, tetap saja kesulitan mengelola keuangan masih menjadi permasalahan utama. Ada yang lebih mementingkan uang makan untuk sebagian pengeluarannya, ada pula yang menggunakan uangnya untuk membeli barang-barang bermerk. Dan banyak lainnya yang masih bingung bagaimana harus mengelola keuangan dengan baik dan bijak.

 

Kebingungan dalam mengelola keuangan juga saya alami, yang saat ini masih menjadi mahasiswa semester akhir jurusan Ilmu Komunikasi. Dengan uang bulanan yang saya dapatkan, terus terang cukup sulit untuk menentukan hal-hal apa saja yang harus saya bayarkan dengan uang bulanan yang saya miliki. Dan kalau saya sudah bekerja nanti, untuk apa saja gaji yang akan saya dapatkan. Untungnya, ada salah satu teman saya yang membagikan tips dan tricks mengelola keuangan untuk anak muda seusia saya. Nah, ini dia tips darinya yang saya jalani:

 

1. Keluarkan uang untuk bepergian

Dari pada kamu membeli tas atau sepatu mahal, lebih baik alokasikan uangmu untuk bepergian ke luar negeri atau sekadar traveling ke daerah-daerah di Indonesia dengan wisata yang memesona. Dengan menghabiskan uang untuk traveling, kamu akan lebih banyak mendapatkan kenangan yang indah dan pengalaman baru dari pada kamu hanya membeli beragam aksesori berharga mahal.

 

Artikel Terkait: Mengelola Keuangan dengan Bijak dan Benar

  1. Tahu Nggak, Sih, Ini 5 Tanda Diam-Diam Kamu Jago Mengelola Uang
  2. 6 Cara Cerdas Mengelola Uang dan Melunasi Kredit Tanpa Agunan
  3. 7 Kesalahan dalam Mengelola Uang untuk yang Masih Lajang

 

2. Membeli pengalaman berharga

Mungkin kamu adalah seorang yang hobi hangout atau sekadar nongkrong di cafe setiap minggunya. Dari pada kamu membuang uang untuk hal-hal tersebut lebih baik gunakan uangmu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sosial seperti tergabung ke dalam komunitas atau turut serta dalam kegiatan alam seperti mendaki gunung, susur pantai, atau ikut tergabung komunitas-komunitas sesuai hobimu. Dengan begitu kamu akan mendapat banyak pengalaman berharga dan juga bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

 

3. Mengirim uang bulanan untuk orang tua

Apabila di usia 20-an kamu sudah bekerja maka alangkah lebih baiknya kalau kamu mengirimi uang bulanan ke orang tua. Meskipun orang tua kamu masih berkecukupan, tapi mereka akan jauh lebih bangga ketika mendapatkan kiriman uang hasil jerih payahmu bekerja. Apalagi kalau kamu tahu orang tuamu membutuhkan uang. Maka pengeluaran uang untuk orang tua akan menjadi pengeluaran terbaik daripada digunakan untuk pengeluaran yang nirfaedah lainnya.

 

4. Beramal

Menyisihkan uang untuk kegiatan amal nggak akan membuat kamu jatuh miskin. Malah, dengan beramal kamu akan jauh lebih kaya karena mendapat banyak keberkahan dan kebaikan dari kegiatan baik tersebut. Menolong mereka yang membutuhkan akan memberikan pelajaran pada dirimu untuk selalu bersyukur atas apa yang kamu miliki.

 

5. Investasi pada passion dan bisnis

Kalau kamu memiliki uang berlebih cobalah untuk membuka bisnis yang sesuai passion-mu. Hal ini menjadikan kamu tetap dapat melakukan hal yang kamu suka tetapi uangmu juga dapat berputar dan menghasilkan keuntungan yang lumayan.

 

Artikel terkait: Mengatur Beban Pengeluaran dan Pembayaran

  1. Perhatikan 7 Cara Cerdas Membayar Tagihan Kartu Kredit Agar Tidak Merasa Terbebani
  2. Atur Belanja Baju Lebaran Lebih Hemat dengan Cara In
  3. 7 Kiat Bagi Calon Pengantin Merencanakan Keuangan Tanpa Membebani Orang Tua

 

6. Merawat hewan peliharaan

Sebagian orang rela mengeluarkan banyak uang untuk merawat anak berbulu mereka. Kalau kamu pecinta hewan sebaiknya kamu turut juga dalam merawat hewan berbulu di rumahmu. Kamu bisa memelihara kucing, anjing atau hewan peliharaan lainnya. Dijamin deh kehadiran mereka dalam rumahmu akan membuat hidupmu menjadi lebih berwarna. Namun, ingat ya untuk selalu merawat hewan peliharaan dengan lebih bertanggung jawab.

 

7. Menabung

Memikirkan masa depanmu juga tindakan yang cukup bijak dalam mengatur keuangan. Dengan menabung kamu bisa memprediksi apa yang harus kamu lakukan dan persiapkan di masa depan. Kamu juga bisa mempersiapkan diri untuk hal-hal buruk yang tak terduga kalau suatu waktu menimpamu di masa depan.

 

Nah, itu dia tujuh cara terbaik dalam mengelola keuangan untuk usia 20-an. Aplikasikan tujuh tips di atas maka kamu nggak akan lagi mengahabiskan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat yang sebelumnya terbiasa kamu lakukan.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett