Beranda > Finansial > 5 Kondisi Keuangan Ini Menandakan Kamu Siap Punya Anak

5 Kondisi Keuangan Ini Menandakan Kamu Siap Punya Anak

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
5 Kondisi Keuangan Ini Menandakan Kamu Siap Punya Anakwatermark

TUNAIKU.COM – Pernikahan bukanlah hal yang dengan mudah bisa dilakukan. Nggak hanya butuh cinta, pernikahan juga memerlukan finansial yang stabil. Ketika kamu memutuskan untuk menikah tentu kamu sudah siap dengan segala rIsiko yang akan kamu tanggung. Kamu harus mempersiapkan uang untuk segala hal, mulai dari biaya pernikahan, kebutuhan rumah tangga, sampai dengan anggaran untuk mengurus anak.

 

Nah, berikut ini 5 kondisi buat kamu pasangan suami istri yang siap untuk punya anak.

 

Artikel Terkait: Tips dan Trik Menjalani Rumah Tangga untuk Pasangan Muda

  1. 7 Tips Pernikahan Awet dan Bahagia Bagi Para Pasangan Baru Menikah
  2. Apakah Kamu dan Pasangan Serasi dalam Mengelola Keuangan?
  3. Lakukan Cara Ini Agar Kamu Berhenti Bertengkar dengan Pasangan Karena Keuangan

 

1.  Biaya untuk ibu hamil

Ketika istri hamil, keuangan kamu sudah harus siap untuk menambah pengeluaran demi perawatan. Kamu harus mengeluarkan biaya untuk melakukan medical check-up, pembelian suplemen serta nutrisi, dan biaya–biaya lain yang diperlukan ibu hamil. Buat kamu yang ingin biayanya lebih ringan, setelah menikah bisa secepatnya mengambil polis asuransi kesehatan yang nantinya bisa membantu.

 

2.  Biaya untuk membeli perlengkapan bayi

Nggak hanya pada saat istri hamil, keuanganmu juga sudah harus siap sedia untuk membeli perlengkapan bayi. Mulai dari baju bayi, peralatan makan, boks bayi, dan perlengkapan lainnya yang mendukung tumbuh kembang si kecil. Kamu juga harus siap untuk mengeluarkan biaya secara terus-menerus mengingat bayi akan terus tumbuh dan besar. Perlengkapan yang akan dia pakai hanya bersifat sementara dan akan terus berubah.

 

3.  Biaya untuk persalinan

Jauh-jauh hari kamu harus sudah menentukan rumah sakit tempat istrimu akan bersalin dan mempersiapkan biaya persalinan yang akan dibutuhkan. Untuk kamu yang punya asuransi kesehatan, pastikan biaya persalinan sudah terhitung dan ikut terpenuhi. Kamu juga harus jaga-jaga bila ternyata persalinan yang dilakukan nggak bisa normal dan mengharuskan istri kamu untuk melakukan operasi caesar. Kamu nggak bisa memutuskan apakah istrimu akan bersalin secara normal atau nggak. Pokoknya kamu harus bersiap untuk segala kemungkinan yang bisa saja terjadi.

 

4.  Biaya untuk tumbuh kembang anak

Punya anak berarti kamu harus siap untuk membesarkan ia dengan semaksimal mungkin. Kamu harus paham bahwa sekarang ini biaya yang dikeluarkan untuk pertumbuhan anak semakin besar. Kamu harus mempersiapkan keuangan kamu pada saat anakmu sudah siap untuk sekolah. Nggak seperti zaman dulu, sekarang sebelum masuk ke TK, ada juga yang namanya pendidikan anak di usia dini atau biasa disebut preschool. Jadi, kamu harus mempersiapkan secara matang kebutuhan anak kamu.

 

Artikel Terkait: Hal-Ikhwal Masa Kehamilan

  1. 10 Mitos Seputar Kehamilan yang Tidak Perlu Kamu Percaya
  2. Cari Tahu Perubahan yang Dialami Tubuh Tergantung Usia Kehamilan
  3. Hamil Anak Pertama, Ini 10 Rekomendasi Buku Tentang Kehamilan yang Wajib Dibaca

 

5.  Menabung dari sekarang

Untuk mengurangi beban keuangan pada saat anak sudah semakin besar dan siap untuk bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi, kamu harus bersiap untuk membuat tabungan atau berinvestasi sejak dini. Kamu dan pasangan mungkin bisa belajar berinvestasi dan mengelola keuangan dengan baik.

 

Jangan sampai nantinya kamu malah keteteran dan akhirnya keuangan minus. Dari anak mulai sekolah, kamu dan pasangan bisa mulai membagi penghasilan yang didapat sebagai tabungan untuk keperluan di masa yang akan datang. Ingat, kamu sudah harus memperhitungkan anggaran untuk anakmu di dalam tabungan itu.

 

Jika kamu ingin punya anak, setidaknya lima kondisi di atas sudah harus terpenuhi. Kamu harus benar-benar memiliki perencanaan yang matang biar nantinya kamu dan pasangan nggak kesusahan.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett