Beranda > Finansial > 5 Ide Bisnis Modal Kecil tapi Menjanjikan Untung Besar di Semarang

5 Ide Bisnis Modal Kecil tapi Menjanjikan Untung Besar di Semarang

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
5 Ide Bisnis Modal Kecil tapi Menjanjikan Untung Besar di Semarangwatermark

TUNAIKU.COM –  Apa kabar kamu yang ada di Semarang? sepanjang yang saya tahu, Semarang adalah kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, tepat setelah kota Bandung. Dalam beberapa tahun terakhir, Semarang menunjukkan geliat yang baik. ini dapat dilihat dari pembangunan infrastruktur yang lebih merata, penambahan investasi yang berkali-kali lipat jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

 

Artikel terkait: Memulai bisnis dari nol

  1. Ini Dia 5 Ide Bisnis Jajanan Sehat yang Bisa Kamu Coba
  2. 5 Ide Bisnis Bermodal Smartphone yang Bikin Untung Besar
  3. 9 Peluang Usaha Bisnis yang Berkaitan dengan Acara Pernikahan

 

Bahkan, pada index pembangunan manusia (IPM) per tahun 2018, Semarang mengungguli kota-kota besar Indonesia lainnya dengan skor total 8,21. Prestasi ini kemudian ditimpali lagi oleh penghargaan dari TEMPO media group bersama Frontier Consulting, yang menyatakan Kota Semarang masuk dalam tiga besar Kabupaten/Kota dalam ajang Indonesia’s Attractiveness Index dalam dua kategori, yakni kota terbaik dalam ‘infrastruktur’ dan kota terbaik dalam ‘investasi’.

 

Dengan dukungan dari pemerintah dan berita-berita positif mengenai pembangunan kotanya, saya yakin, rakyat Semarang makin semangat beraktivitas dan membangun ekonomi di tanah sendiri.

 

Nah, nggak aneh rasanya kalau kamu bercita-cita membangun bisnis di Semarang, mengingat prospeknya akan bagus ke depannya. Kalau modalmu pas-pasan, kira-kira bisnis apa ya yang bisa kamu coba dengan modal kecil tapi menjanjikan untung besar di kota Semarang ini?

 

1. Bisnis Kos-kosan

Di Semarang, terdapat cukup banyak universitas dan perguruan tinggi dengan kualitas baik. Seperti Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Semarang. Tentunya, Semarang menjadi salah satu kota tujuan berkuliah yang banyak diminati di Pulau Jawa. Mengingat banyaknya mahasiswa perantau ini maka bisnis kos-kosan punya propsek yang bagus nih. Supaya kos-kosanmu diincar sebaiknya pilih lokasi-lokasi strategis yang dekat dengan kampus. Sediakan fasilitas yang sekiranya paling dibutuhkan oleh para mahasiswa, seperti internet dan dapur. Harganya juga jangan terlalu mahal, supaya sesuai kantong mereka.

 

2. Bisnis laundry

Selain bisnis kos-kosan, salah satu bisnis penunjang yang akan laris adalah kios laundry alias pencucian baju. Sebagian besar pelangganmu pastilah akan datang dari kalangan mahasiswa atau pegawai kantoran yang tinggal ngekos. Kios laundry-mu tentunya harus berada di kawasan sekitar kampus, kawasan industri dan kantor, dan lingkungan yang banyak kos-kosan.

 

3. Bisnis katering

Sejak dulu, Semarang sudah dikenal sebagai kota industri. Bahkan, terdapat sembilan kawasan industri di sini yang membentang dari Wijayakusuma hingga daerah Tugu. Semakin meningkatnya kawasan industri akan berbanding lurus dengan jumlah pekerja yang bermukim di sini. Maka, cukup logis kalau kamu berniat membuka bisnis katering untuk memenuhi kebutuhan makan siang para pekerja di berbagai pabrik di kawasan industri tersebut. Permintaan pasti akan selalu ada!

 

4. Bisnis toko oleh-oleh

Menurut Walikota Semarang Hendrar Prihadi, saat ini Kota Semarang sedang bergeser Manufacture Industry ke Tourism Industry. Yang berarti, pemerintah akan gencar membangun bidang pariwisata. Dukung upaya pemerintah ini dengan membangun bisnis yang bersinggungan dengan pariwisata, seperti, toko oleh-oleh. Semarang punya banyak kekayaan kuliner, kan? Nggak sekadar menjual oleh-oleh, kamu harus menargetkan tokomu sebagai toko kuliner khas rujukan di kota Semarang!

 

5. Bisnis pertamanan

Dilansir dari Kompas.com, potensi pasar hotel Semarang terus tumbuh pesat di tahun-tahun belakangan ini, seiring dengan pembangunan infrastruktur yang mengundang investasi. Setiap pembangunan hotel, pasti akan meliputi area hijau seperti taman. Kalau begitu, kenapa nggak coba bisnis pertamanan saja? Kamu bisa menjadi penyuplai tanaman hias, kontraktor pembuatan taman, penyedia batu alam hias, dan lain-lain. Kamu bisa sesuaikan dengan yang kamu minati.

 

Wah, ternyata ada banyak peluang bisnis dengan modal kecil tapi dengan prospek menjanjikan di kota Semarang, ya. Dengan semakin pesatnya pembangunan di kota ini, yakinlah bahwa bisnismu akan ikut berkembang pula. Atau bahkan, kamu ikut andil dalam membangun kota Semarang tercinta.

 

Selamat mencoba!

 

Artikel terkait: Ada apa di Semarang?

  1. Ini Dia 10 Kuliner Hits Kota Semarang yang Wajib Dicicip
  2. SMIP/SMK Pariwisata Terbaik yang Ada di Semarang
  3. 5 Hotel Instagramable di Semarang dengan Pemandangan Keren!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett