Beranda > Finansial > 4 Tips Memulai Usaha Online Sebagai Bisnis Sampingan

4 Tips Memulai Usaha Online Sebagai Bisnis Sampingan

4 Tips Memulai Usaha Online Sebagai Bisnis Sampinganwatermark

TUNAIKU.COM – Dari waktu ke waktu, kebutuhan pokok maupun sekunder manusia makin meningkat. Terlebih, jika harga kebutuhan-kebutuhan tersebut naik. Bagi pegawai kantoran, hal ini tentu akan menyulitkan. Oleh karena itu, bisnis sampingan memang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Saat ini bisnis sampingan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan berbisnis online.

Bisnis online merupakan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kamu bisa menggunakan kemampuan, bakat, maupun keterampilan yang kamu miliki untuk menghasilkan penghasilan ekstra. Kamu hanya perlu keberanian serta semangat dalam mengelolanya. Tentu bukan hal yang mustahil jika bisnis sampingan ini nantinya malah bisa memberikan pendapatan yang lebih besar daripada pendapatanmu yang utama. Lalu bagaimana caranya agar usaha online-mu bisa berjalan lancar? Berikut ini merupakan 4 tips memulai usaha online sebagai bisnis sampingan yang perlu kamu simak.

 

1. Menentukan bidang usaha

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah menentukan bidang usaha online yang akan kamu jalankan. Kamu bisa mempertimbangkannya dari hobi maupun bakat yang kamu miliki. Biasanya jika kamu melakukan dengan sesuatu yang kamu sukai, maka hasilnya bisa lebih maksimal. Dalam memulai sebuah usaha online, kamu pasti akan menemui banyak rintangan, halangan, serta persaingan. Kamu harus bisa mengatasi semua itu dengan motivasi yang kuat.

 

2. Menentukan target pelanggan

Setelah menentukan bidang usaha yang akan dijalankan, kini saatnya kamu menentukan siapa target pelanggan untuk produk atau jasa yang kamu jual. Misalnya kamu ingin menjual pakaian di teman kantor, tetangga, dan keluarga terlebih dahulu. Baru setelah itu kamu memasarkannya lebih luas lagi untuk masyarakat luar melalui media sosial.

 

3. Menyiapkan modal dan merencanakan anggaran

Tentu saja sebelum memulai bisnis online ini, kamu harus menyiapkan modal yang dibutuhkan. Mempersiapkan modal kerja serta merencanakan seluruh anggaran biaya untuk bisnis ini cukup penting, agar kamu bisa mengetahui pergerakan penghasilan, pengeluaran, serta keuntungannya. Misalnya saja, untuk berjualan pakaian online kamu membutuhkan laptop, smartphone, dan koneksi internet untuk meng-upload seluruh foto produknya. Catat apa saja pengeluarannya secara rinci agar semuanya jelas. Jika kamu tidak memiliki modal untuk bisnis online, Kamu bisa mencari pinjaman dulu di beberapa bank yang menyediakan layanan ini. Seperti Amar Bank yang menyediakan layanan pinjaman modal dengan nama Tunaiku. Kamu bisa meminjam modal dengan jangka waktu yang sudah disepakati.

 

4. Menerapkan strategi

Setelah melakukan tiga cara di atas, kini saatnya kamu menentukan strategi pemasaran apa saja yang akan kamu pakai untuk mendapatkan pelanggan. Kamu bisa memasarkan secara online. Untuk itu, kamu perlu membuat membuat website, promosi di media sosial, dan membuat newsletter untuk pelanggan. Beberapa cara lain yang bisa dilakukan adalah memberikan diskon khusus, bonus, garansi, dan masih banyak lainnya.

 

Itu tadi beberapa tips usaha online untuk bisnis sampingan yang dapat kamu terapkan. Setelah membaca seluruh tips di atas, apakah kamu sudah memiliki gambaran untuk bisnis yang akan kamu jalankan?

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett