Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Bagaimana cara mengatur keuangan pribadi di Jakarta? Jakarta menjadi lokasi yang diidam-idamkan untuk mengadu nasib. Banyak masyarakat yang berbondong-bondong merantau untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.

 

Namun, kenyataan tidak seindah itu. Memulai karier di Jakarta tidak semudah yang dibayangkan saat pertama kali menginjakan kaki di ibukota ini, banyak yang bingung bagaimana cara mengatur keuangan pribadi di Jakarta.

 

Di artikel kali ini, mari kita membahas terkait hal tersebut agar kamu punya hidup yang lebih baik.

 

Kalkulator Finansial Swara

 

Tips dan cara mengatur keuangan pribadi untuk orang dengan gaji 2 juta

 

Cara mengatur keuangan pribadi

 

Tidak mudah memang untuk bertahan hidup di kota Jakarta dengan pemasukan yang minim. Berikut adalah tips dan cara mengatur keuangan pribadi bagi kamu yang bergaji 2 juta:

 

1. Buat prioritas saat ingin membeli sesuatu

 

Untuk tips dan cara mengatur keuangan pribadi yang pertama, kamu bisa perlu membuat prioritas ketika ingin membeli barang. Dalam membuat prioritas, saat kamu hendak membeli sesuatu, tanyakan 2 pertanyaan ini:

 

  1. Apakah saya membutuhkannya?
  2. Apakah saya perlu mendesak?

 

Jika kamu membutuhkannya dan mendesak, kamu boleh membelinya. Kalau kamu membutuhkannya namun tidak mendesak, rencanakan pembeliannya. Jika kamu merasa kebutuhannya mendesak namun tidak dibutuhkan, tunda pembeliannya. Jika tidak butuh dan tidak mendesak, lupakan kebutuhan tersebut.

 

2. Ketahui mana kebutuhan dan keinginan

 

Melanjutkan tips dan cara mengatur keuangan pribadi yang pertama, kamu bisa memilah mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan kamu.

 

Karena pemasukan yang terbatas, keinginan perlu kamu tunda atau rencanakan jika memang mengganggu pemikiran kamu.

 

Utamakan kebutuhan kamu khususnya untuk bertahan hidup dan meningkatkan pemasukan kamu di masa depan.

 

3. Buatlah budget untuk mengembangkan keterampilan diri

 

Tips dan cara mengatur keuangan pribadi yang selanjutnya adalah menyisihkan uang untuk bisa mengembangkan keterampilan.

 

Dengan pemasukan yang minim, fokus utama kamu bukanlah mencari instrumen investasi yang baik, namun meningkatkan pemasukan. 

 

Pilihlah keterampilan yang kamu sukai dan coba untuk belajar dari media online ataupun membeli buku untuk ilmu yang baru.

 

Dengan meningkatkan keterampilan, tentunya nilai diri kamu akan meningkat dan seiring jalan, pemasukan juga akan bertambah.

 

4. Buat perencanaan keuangan dan catat pengeluaran kamu

 

Cara mengatur keuangan pribadi yang terakhir adalah dengan membuat perencanaan keuangan dan catat semua pengeluaran kamu.

 

Dengan melakukan hal ini, kamu mengetahui kemana uang pergi dan memiliki pedoman atas transaksi sehari-hari. Disiplinlah mencatat sehingga kamu tidak kejebolan dalam pengeluarannya.

 

Jangan ragu pinjam dana di Tunaiku karena telah diawasi oleh OJK. Dapatkan pinjaman dengan limit hingga 20 juta di sini.

 

Budgeting untuk orang dengan gaji 2 juta

 

Dengan segala keterbatasan yang ada, tentu cara mengatur keuangan pribadi kamu juga harus sangat ketat. Berikut adalah perencanaan keuangan bulanan agar kamu bisa mempunyai kehidupan yang berkembang.

 

Bagi kamu yang saat ini merantau di Jakarta, tempat tinggal menjadi hal penting yang perlu kamu pertimbangkan. Carilah kos-kosan murah dengan budget 300-400 ribu per bulan. Jika kosan kamu dekat dengan tempat kamu bekerja, tentu akan lebih menghemat biaya transport kamu.

 

Setelah mencari tempat tinggal, kamu perlu menyisihkan uang untuk makan. Jika tempat kamu bekerja menyediakan makan siang, tentu kamu bisa berhemat sekali makan.

 

Namun jika tidak, kamu bisa mencoba untuk mencari hidangan dengan budget 10-15 ribu sekali makan sehingga kamu bisa tetap berhemat.

 

Selanjutnya, kamu perlu menyediakan biaya untuk bepergian, asumsikan kamu perlu biaya transport ke tempat kamu bekerja setiap hari. Gunakan angkutan umum yang sederhana dengan budget 10 ribu per hari pulang pergi.

 

Di era teknologi saat ini, pulsa tentu menjadi kebutuhan wajib kamu juga. Carilah operator internet yang hemat sehingga bisa memenuhi kebutuhan komunikasi kamu. Budget pulsa per bulan kamu bisa diasumsikan sekitar 50 ribu per bulan.

 

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan biaya BPJS. Karena pemasukan kamu kecil, jangan sampai kamu harus mengorbankan tabungan kamu saat kamu sakit dan perlu dirawat di rumah sakit.

 

Sisihkan sedikit uang kamu untuk membayar BPJS kelas 3 sebesar 35 ribu per bulan.

 

Setelah semua biaya tersebut terpenuhi, kamu bisa menginvestasikan sedikit sisanya.

 

Menginvestasikan di sini tidak harus ke instrumen keuangan, namun bisa dengan membeli buku untuk menambah ilmu kamu.

 

Tentu dengan menambah ilmu dan keahlian, pemasukan kamu akan semakin meningkat. Sisihkan 50-80 ribu untuk membeli buku yang bermanfaat untuk menambah keterampilan kamu.

 

Pinjaman Uang Online Aman Terdaftar di OJK

 

Kurang lebih seperti itu cara mengatur keuangan pribadi kamu yang memiliki pemasukan 2 juta. Lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh di tabel berikut:

 

Cara mengatur keuangan pribadi

 

Demikian tips dan cara mengatur keuangan pribadi bagi kamu yang memiliki gaji 2 juta per bulan. Mungkin saat ini pemasukan kamu belum besar, namun tetaplah setia dalam mengatur uang dan meningkatkan nilai diri kamu. Dengan begitu, di masa depan kamu akan memiliki pemasukan dan hidup yang lebih baik. Semangat ya!

 

Jika kebutuhanmu begitu besar tapi gajimu habis di akhir bulan, kamu bisa coba ajukan pinjaman ke Tunaiku, dapatkan limit pinjaman hingga 20 juta dengan bunga kecil. Coba di sini.