Swara – Ada perubahan besar saat memasuki usia perkuliahan. Menjadi mahasiswa artinya mulai belajar untuk hidup mandiri. Kita ditantang untuk lebih bijak dalam mengatur diri, termasuk dalam hal manajemen waktu dan manajemen keuangan.

 

Enggak jarang ada mahasiswa yang keteteran dalam hal mengelola keuangan. Kamu bisa kok tetap bersenang-senang, tapi hemat. Yuk, intip cara hemat uang jajan per minggu untuk para mahasiswa.

 

Kalkulator Finansial Swara

 

Cara hemat uang jajan per minggu untuk mahasiswa

 

Kalau kamu sudah terbiasa mengatur uang jajan sendiri sejak di bangku sekolah, mungkin kamu hanya butuh sedikit penyesuaian ketika mulai kuliah. Namun, kalau terbiasa dengan uang jajan harian dari orang tua saat sekolah, tentunya butuh penyesuaian besar ketika harus mengatur uang jajan dalam jumlah besar.

 

Umumnya, mahasiswa enggak lagi menerima uang jajan harian. Seringkali orang tua memberikan uang jajan mingguan atau bulanan. Oleh karena itu, harus pintar-pintar nih dalam mengaturnya agar uang jajan enggak habis sebelum waktunya.

 

Mengatur uang jajan memang memberikan tantangan tersendiri. Apalagi bagi mahasiswa, sebab kebutuhan yang bertambah membuatmu harus lebih bijak dalam mengatur uang jajan. Apalagi untuk yang tinggal jauh dari orang tua, tentunya harus lebih berhemat, nih.

 

Untuk kamu yang masih kuliah, yuk intip cara hemat uang jajan per minggu dan cara mengelolanya dengan baik.

 

1. Manfaatkan fasilitas kampus

 

Salah satu cara hemat uang jajan per minggu yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan fasilitas kampus semaksimal mungkin. Meski kelihatan sepele, tapi bisa mencegah pengeluaran agar enggak membengkak, lho.

 

Misalnya biaya paket internet. Kamu bisa menghemat dengan memanfaatkan free wifi yang disediakan kampus atau mengerjakan tugas di perpustakaan. Jadi, paket internet kamu akan lebih hemat.

 

Contoh lain, kamu bisa menggunakan sepeda atau bis gratis yang disediakan kampus. Jadi, enggak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi.

 

2. Gunakan sistem subsidi

 

Kamu bisa menerapkan sistem subsidi agar lebih hemat. Misalnya kamu menganggarkan Rp200.000 per minggu untuk naik GoJek. Kamu bisa mensubsidi dengan menggunakan transportasi publik yang jauh lebih hemat.

 

Contoh lain, kamu bisa mengajak teman untuk patungan agar menghemat pengeluaran. Misalnya paket internet. Bisa banget ajak teman satu kost untuk berlangganan bareng dan menggunakannya bersama-sama. Pastinya biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat.

 

Baca juga: Mau Cepat Beli Laptop Baru? Yuk, Nabung di Celengan Senyumku!

 

3. Beli dalam jumlah banyak

 

Kalau kamu memutuskan ngekost tentunya akan punya tantangan lain dalam mengatur keuangan. Kamu harus lebih bijak agar bisa hemat uang jajan per minggu.

 

Kamu bisa berhemat dengan membeli dalam jumlah banyak atau besar. Misalnya untuk kebutuhan kamar dan sehari-hari, seperti sabun mandi, sampo, sabun cuci, dan lainnya. Kemasan besar memang lebih mahal, tapi bisa dipakai untuk waktu lama.

 

Begitu juga halnya dengan kebutuhan makan. Kamu bisa membeli dalam jumlah banyak, misalnya air minum dalam kemasan galon yang bisa tahan lebih lama atau beras dalam jumlah banyak untuk dimasak dalam waktu lebih lama.

 

Untuk kamu yang suka masak, kamu bisa membuat perencanaan makanan selama seminggu sehingga bisa membeli bahan masakan dalam jumlah banyak agar lebih hemat.

 

 

4. Hentikan pengeluaran tidak penting

 

Sudah saatnya menghentikan pengeluaran yang tidak begitu penting. Misalnya biaya subscribes Netflix atau OTT lainnya karena enggak punya waktu untuk menonton. Hal ini bisa membuat pengeluaran berkurang. Saat waktu agak lowong, kamu bisa kembali berlangganan.

 

Pengeluaran enggak penting lainnya seperti biaya nongkrong. Yuk, kurangi bikin tugas di cafe. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas kampus atau nongkrong di kampus saat bikin tugas kelompok. Uang yang dibutuhkan untuk beli secangkir kopi tiap kali nongkrong atau bikin tugas bisa ditabung atau digunakan untuk kebutuhan kuliah.

 

Baca juga: Ajukan Pinjaman untuk Beli Gadget dan Liburan? Boleh Kok, Asalkan…

 

5. Kurangi biaya pesan antar

 

Memang, sih, kadang mager buat keluar rumah. Jadinya memilih untuk pesan antar makanan. Biaya yang dikeluarkan untuk ongkos kirim akan membludak kalau dikumpulkan selama seminggu, lho.

 

Kamu bisa mengatasinya dengan membeli makanan langsung. Misalnya di jalan pulang dari kampus, bisa banget mampir untuk membeli makan malam terlebih dahulu.

 

6. Bijak sebelum belanja

 

Lagi pengin membeli sesuatu? Cara hemat uang jajan per minggu adalah dengan enggak mudah tergoda untuk berbelanja.

 

Beri waktu setidaknya selama seminggu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Dalam kurun seminggu ini, kamu bisa mempertimbangkan dengan matang apakah barang tersebut dibutuhkan atau tidak. Kalau ternyata enggak begitu butuh, kamu bisa menunda untuk membelinya.

 

7. Patuh pada anggaran

 

Penting untuk membuat anggaran mingguan. Hal ini akan memandumu dalam mengelola keuangan dan tidak boros dalam memakainya.

 

Catat semua kebutuhan dan anggaran yang dibutuhkan. Bagi ke dalam beberapa pos agar memudahkan dalam mengatur. Setelah itu, kamu harus konsisten dalam berbelanja sesuai anggaran yang ditetapkan. Cara ini akan membuat keuangan lebih teratur dan mudah dikontrol.

 

Cara hemat uang jajan per minggu ini akan berhasil kalau kamu konsisten dalam melakukannya. Tentunya akan ada banyak godaan, seperti ajakan nongkrong atau hal lainnya. Yuk, lebih konsisten agar keuanganmu jadi lebih teratur.