SWARA – Masih ingat dengan video viral pengguna jalan tol yang ngotot membayar dengan uang tunai padahal dia seharusnya menggunakan e-Toll? Menurut argumentasinya, peraturan tersebut baru berlaku secara nasional per 1 Oktober, padahal peraturan terkait sudah diterapkan secara bertahap di beberapa gardu tol. Alhasil, beberapa gardu tol memang sudah tidak menerima pembayaran berupa uang tunai.

 

Terlepas dari masalah-masalah semacam itu, kebijakan membayar tol dengan uang elektronik tetap diterapkan secara nasional per tanggal 1 Oktober. Saya sih, mendukung langkah pemerintah untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai masyarakat nontunai, ya.

 

Lalu apa saja sih, keunggulan membayar tol dengan uang elektronik? Simak baik-baik informasinya, ya!

 

1. Proses transaksi lebih cepat

Coba deh, kamu bayangkan proses yang harus ditempuh kalau melakukan pembayaran tunai. Pertama-tama, kamu harus menyiapkan uang pas sebelum sampai ke gardu. Kalau nggak ada uang pas, petugas harus sigap menyiapkan uang kembalian. Duh, sangat makan waktu dan nggak praktis, kan?

 

Sementara, jika melakukan pembayaran nontunai, kamu cukup menempelkan kartu dan bisa langsung melanjutkan perjalanan. Percaya deh, waktu yang dibutuhkan nggak lebih dari 3 detik!  Kalau transaksi nontunai sanggup memangkas 5 detik dari setiap kendaraan yang lewat, kebayang kan, berapa banyak waktu yang bisa dihemat jika 10 ribu kendaraan melintas setiap harinya?

 

2. Mengurangi kemacetan di pintu tol

Masih nyambung dengan keunggulan pertama, kamu yang sering lewat tol mungkin kerap menjumpai antrean panjang di depan pintu tol. Bahkan mungkin, kamu juga sering menyaksikan kendaraan yang berusaha saling mendahului. Nah, pemandangan semacam ini nggak akan kamu jumpai kalau proses pembayaran uang tol dibuat lebih efisien.

 

Bayangkan berapa liter bensin yang bisa kamu hemat kalau terhindar dari kemacetan? Kamu juga bakal tampak lebih muda lho, kalau kegiatan marah-marah di jalan berkurang!

 

Artikel terkait: Bayar tunai atau nontunai?

  1. 5 Alasan Kamu Harus Punya e-Toll Sebelum Akhir Tahun Ini
  2. Wajib Tahu! Biaya Tambahan yang Dikenakan Saat Menggunakan Uang Elektronik
  3. Saat Liburan, Lebih Baik Pakai Uang Tunai atau Tidak? Perhatikan 10 Hal Ini

 

3. Nominal rupiah yang dibayarkan akurat

Pernahkah kamu menghitung uang kembalian yang diberikan petugas gardu tol? Karena menggunakan tenaga manusia, secara otomatis risiko terjadinya human error akan meningkat. Misalnya, petugas bisa saja keliru memberikan nominal kembalian. Uang kembalian juga berisiko jatuh atau tercecer saat akan diserahkan ke tanganmu.

 

Kalau bayar pakai e-Toll, kesalahan semacam ini nggak akan terjadi karena saldo di kartumu akan terpangkas secara otomatis sesuai tarif yang berlaku.

 

4. Pengelolaan setoran lebih aman dan efisien

Dari sisi pengelola tol, pembayaran dengan e-Toll juga lebih menguntungkan karena akan mengurangi potensi penipuan oleh petugas tol. Misalnya, sistem ini mencegah petugas tol memberikan kembalian dengan nominal yang tidak sesuai. Selain itu, sistem ini juga menghilangkan potensi pembayaran tol dengan uang palsu.

 

Yang terpenting, biaya operasional untuk cash handling juga bisa ditekan. Kebayang nggak sih, berapa banyak uang pecahan kecil yang harus disiapkan untuk kembalian? Proses membawanya jelas nggak gampang, apalagi saat libur Lebaran.

 

Artikel terkait: Tips terkait otomotif yang layak kamu ketahui.

  1. Jangan Keliru! Ini 5 Kesalahan Ketika Membeli Sepeda Motor yang Kerap Dilakukan
  2. Perhatikan 5 Pengeluaran Berikut Sebelum Kamu Beli Mobil!
  3. 4 Hal Penting tentang GTO yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

 

5. Bisa dapat diskon

Selayaknya berbelanja menggunakan kartu kredit, kadang-kadang ada diskon yang diberlakukan oleh penyedia kartu untuk konsumen pengguna jalan tol. Memang sih, sifatnya sporadis. Sepengetahuan saya, baru ada beberapa provider yang pernah memberikan diskon untuk penggunanya. Namun ke depannya, bisa jadi ada lebih banyak diskon atau keuntungan serupa untuk lingkup konsumen yang lebih luas, bukan?

 

Nah, itulah sejumlah keunggulan pembayaran tol dengan sistem nontunai. Kemajuan teknologi memang nggak bisa dilawan, jadi sangat nggak bijak sih, kalau kita masih antipati dengan transaksi nontunai.

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!
Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.


PAULUS RISANGPAULUS RISANG