SWARA – Saat di kantor, kamu termasuk yang sering ngemil gak, Kawan Tunaiku? Umumnya sih, yang menjadi andalan untuk dijadikan cemilan adalah keripik kentang dan camilan ber-MSG lainnya. Rasanya yang gurih asin dan teksturnya yang renyah memang bikin mulut enggak berhenti mengunyah.

Memang enak, sih, tapi apa enggak bosan dengan camilan yang itu-itu saja? Lagipula, keripik kentang kan tergolong junk food, yang berarti konsumsi dalam jumlah banyak enggak baik untuk kesehatan tubuhmu. Makanya, yuk mulai beralih ke 10 jenis camilan sehat berikut ini sebagai alternatif. Dijamin mereka dapat menahan rasa lapar hingga waktu makan malam tiba.

  1. Kacang almond dan potongan buah alpukat

Dua hingga tiga jam selepas makan siang, biasanya perut udah mulai keruyukan lagi, nih. Untuk menahan lapar, para ahli dari Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan snack berat yang mengandung lemak tak jenuh seperti almond dan buah alpukat. Kedua jenis camilan ini juga membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan jantung.

  1. Buah-buahan manis berserat

Untukmu yang doyan camilan manis seperti cupcake, alihkan pilihan ke buah-buahan segar berserat tinggi seperti stroberi dan apel. Gula alami pada buah-buahan enggak hanya memberikan rasa manis yang lebih sehat, serat alaminya mampu melambatkan metabolisme sehingga kamu tahan lapar lebih lama.

  1. Keripik kelapa  

Enggak hanya lezat, keripik kelapa juga mengandung protein, zat besi, dan serat untuk penahan rasa lapar. Para dokter pun sudah mengakui bahwasanya kandungan gula dan lemak jenuhnya lebih ramah terhadap jantung dan dapat memberikan asupan energi lebih baik.

  1. Fruit smoothie

Ngejus memang baik, tapi untuk mendapatkan kebaikan buah yang lebih maksimal, lebih baik kamu memilih fruit smoothie. Dalam proses membuat jus, biasanya serat dan protein dari buah-buahan ikut terbuang. Sebaliknya, smoothie dengan tekstur yang lebih kental dan kasar menjaga kandungan serat.

  1. Potongan apel dan selai kacang

Potongan apel dan selai kacang, paduan camilan klasik yang diakui sehat dan lezat. Menyandingkan apel yang tinggi serat dan kacang yang kaya akan lemak tak jenuh tunggul, efektif untuk membakar lemak sekaligus membangun otot.   

  1. Yogurt

Camilan yang lembut dan menyegarkan satu ini, bisa jadi pilihanmu alih-alih sebatang es krim. Dikenal sebagai pembersih usus, yogurt memang punya banyak kelebihan, lho. Beberapa kandungan gizinya yang jadi juara adalah probiotic, kalsium, vitamin, dan potasium. Tapi ingat, jangan dicampur dengan madu atau sirup ya.

  1. Kismis

Jika kamu punya cukup waktu sebelum berangkat kerja, coba deh sesekali membuat sendiri sendiri campuran kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Beberapa bahan yang bisa kamu coba misalnya, almond, walnut, gojiberi, cokelat pahit, dan kismis. Kombinasi ini menghasilkan snack yang manis, renyah, kaya serat dan potasium.

  1. Pisang beku

Selain yogurt, ini dia snack pengganti es krim. Dengan kandungan gula alami dan lemak sehat, satu potong pisang ukuran sedang dapat menjadi pemasok glukosa yang kamu perlukan di jam-jam setelah makan siang.  

  1. Potongan keju batang

Jika kantormu menyediakan fasilitas kulkas, boleh dimanfaatin untuk  menyimpan keju. Keju yang enak untuk dijadikan camilan adalah string cheese, cottage cheese, dan keju batangan yang renyah. Protein yang terkandung menjaga kadar gula darah stabil tapi enggak membuatmu mengantuk.

  1. Dark  chocolate

Ngemil cokelat justru dianjurkan! Sepanjang cokelat yang kamu pilih adalah dark chocolate 72%. Ahli nutrisi pun banyak mengamini manfaat camilan satu ini, seperti, memperbaiki mood dan menurunkan tekanan darah.

Wah, enak dan praktis, ‘kan, Kawan Tunaiku?  Kalau kamu sendiri, lebih suka snack yang mana? Kalau sudah tahu 10 jenis snack sehat untuk di kantor seperti yang Tunaiku uraikan di atas, yuk mulai dicoba! Hidup sehat salah satunya dimulai dari snack yang sehat pula! Selamat ngemil!