SWARA – Kawan Tunaiku, tahukah kamu saat ini, pemerintah sedang berupaya keras menggenjot penerapan transaksi non-tunai di semua pintu tol di Jabodetabek hingga 100% di akhir tahun 2017 ini. Ini berarti kamu akan semakin sering menemui GTO (Gerbang Tol Otomatis) di ruas-ruas jalan tol di Jabodetabek. GTO sendiri adalah gerbang tol dengan mekanisme pembayaran otomatis menggunakan kartu e-toll.

GTO sebenarnya enggak baru-baru amat, kok, karena sudah mulai ditetapkan pada November 2016 lalu. Tapi, namanya juga proses, edukasi masyarakat akan sistem ini tentunya masih berlangsung hingga sekarang.

Supaya jalan-jalanmu lancar dan enggak kebingungan saat berada di ruas tol, berikut adalah 5 hal penting tentang GTO yang tak boleh kamu lewatkan.

 

Pembayarannya menggunakan e-payment toll

Berkat sinergi antara PT Jasa Marga bersama 4 bank BUMN yaitu, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN, masyarakat dapat membayar GTO menggunakan e-Payment Toll. E-Payment toll ini dapat dibeli di seluruh cabang keempat bank di Jabodetabek dan di outlet minimarket tertentu. Untuk isi ulangnya, bisa melalui transaksi online seperti m-banking dan internet banking juga lho. Sangat memudahkan, ya?

 

Artikel Terkait: Pengen punya mobil, nih!

  1. Pengen Punya Mobil? Mungkin 5 Mobil Murah Ini Pas dengan Dompetmu
  2. Bagaimana Memilih Mobil yang Harga Jualnya Tidak Akan Terlalu Jatuh?
  3. Ini Pilihan Mobil 100 Jutaan yang Sesuai dengan Kepribadianmu!

 

Bagian upaya implementasi Gerakan Nasional Non-Tunai

Yup. GTO menjadi salah satu upaya pemerintah mendorong transaksi non-tunai, yang targetnya harus terlaksana 100% pada akhir tahun 2017. Pada akhir tahun 2016 lalu, tercatat baru ada sekitar 500an GTO yang dioperasikan di seluruh Indonesia. Secara bertahap, semua gardu manual pun akan digantikan dengan GTO pada 2018 kelak.  

 

Pro-Kontra GTO

Dengan berlakunya GTO, otomatis memang tenaga manusia akan berkurang. Hal ini awalnya memang sempat menimbulkan kekhawatiran di kalangan pekerja d tol mengenai kemungkinan PHK. Kecemasan ini telah disampaikan oleh para pekerjanya pada May Day 1 Mei 2017 lalu. Menanggapi hal ini, salah satu opsi yang ditempuh adalah dengan mengalihkan porsi pekerjaan tenaga kerja ke bagian lainnya dalam pengoperasian jalan tol. Semoga kekhawatiran ini bisa diselesaikan dengan baik, ya!

Baca Juga: Mengintip Tuntutan Kaum Buruh pada “May Day” Alias Hari Buruh Sedunia

 

GTO Stick

Kadang-kadang, saat mau menempelkan e-toll di GTO, mungkin tanganmu enggak sampai ya? Baru-baru ini udah ada yang namanya GTO stick, lho! Sebenarnya cuma berupa tangkai plastik yang dilekatkan dengan e-toll sih. Jadi, kamu nggak usah harus menjulurkan badan dari jendela mobil. GTO stick bisa kamu temui di toko-toko online seharga Rp 20.000-60.000 aja, kok. Gih beli!

Nah Kawan Tunaiku, itulah dia 4 hal penting tentang GTO yang tak boleh kamu lewatkan ya. Oh iya, satu hal lagi, jangan sampai e-payment toll mu kosong ya saat melewati GTO. Kan malu kalau harus pinjam kartu ke pengemudi di belakang. Hehe.

 

Artikel Terkait: Siapkan rencana jalan-jalan dari sekarang

  1. Berencana Liburan Nyaman di Akhir Tahun? Siapkan 5 Hal Ini Mulai Sekarang!
  2. Jogja Itu Ramah dan Murah! Ini, Lho 4 Prinsip Utama Liburan di Jogja yang Wajib Kamu Tahu
  3. Pengen Liburan Hemat? Ini 3 Pulau Eksotis yang Bisa Kamu Kunjungi dengan Budget 3 Jutaan!

 

Selagi kamu di sini, jangan lewatkan informasi mengenai Tunaiku. Jasa pinjaman tunai online tanpa agunan dari Amar Bank. Informasi lengkap dan pengajuan silakan klik di sini!