SWARA DARI AMAR BANK – Apakah kamu mencari bagaimana cara menabung uang 10 juta dalam waktu 3 bulan? Well, perlu diperhatikan bahwa menabung uang sebegitu banyak untuk waktu yang singkat mungkin kurang realistis bagi sebagian orang. Namun, di sini kami akan membagikan bagaimana tips yang lebih realistis untuk mencapainya.

 

Mungkin kamu sedang memiliki tujuan khusus mengapa harus menabung uang Rp10 juta dalam waktu singkat, berikut preview yang bisa kamu dapatkan untuk cara menabung Rp10 juta dalam waktu tiga bulan.

 

  1. Menabung di awal bulan
  2. Buka rekening terpisah
  3. Aktifkan saving automatic mode
  4. Rencana substitusi
  5. Kurangi biaya tidak mendesak
  6. Menabung dengan investasi
  7. Menabung dengan Senyumku
  8. Mencoba bisnis affiliate marketing
  9. Mengambil double job
  10. Mengajar online
  11. Hindari belanja impulsif
  12. Hindari beli barang mahal
  13. Menggunakan aplikasi pengelola keuangan

 

Untuk mencapai tabungan sebanyak 10 juta, tentu memerlukan strategi agar impianmu bisa tercapai dengan realistis. Berikut penjelasan secara rinci mengenai strategi dan cara menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan, lengkap!

 

Kalkulator Finansial Swara

 

Strategi menabung 10 juta dalam 3 bulan

 

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 bulan
Sumber: Freepik

 

Saat menabung, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Yuk, ikuti cara menabung 10 juta dalam tiga bulan berikut ini agar tujuanmu terpenuhi.

 

1. Tentukan berapa yang harus ditabung dalam sehari

 

Dengan menetapkan target menabung 10 juta dalam tiga bulan, mungkin kamu akan merasa kewalahan karena jumlahnya yang besar. Salah satu cara menabung 10 juta dalam tiga bulan tanpa merasa terbebani yaitu dengan membagi per hari.

 

Misalnya dengan perhitungan berikut ini:

  • Target tabungan: Rp10.000.000
  • Total hari: 90 hari

 

Artinya, dalam sehari kamu bisa menyisihkan uang sebanyak Rp112 ribu. Jumlahnya yang tidak begitu besar membuatmu tidak akan kewalahan duluan.

 

2. Tentukan besaran persentase untuk tabungan dari gaji

 

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menentukan besaran persentasi untuk menabung. Sebelumnya, bagi gajimu ke dalam beberapa pos.

 

Misalnya perhitungan berikut ini:

  • Transportasi 20%
  • Makan 40%
  • Kebutuhan sehari-hari 20%
  • Tabungan 20%

 

Kalau kamu memiliki gaji Rp8 juta, dengan perhitungan di atas dalam sebulan kamu harus menabung sebanyak Rp1.6 juta.

 

Dengan jumlah di atas, tentunya tidak bisa mencukup target Rp10 juta dalam tiga bulan. Oleh karena itu, kamu bisa mengganti persentase. Misalnya:

 

  • Transportasi: 10%
  • Makan 30%
  • Kebutuhan sehari-hari 20%
  • Tabungan 40%

 

Dengan begitu, dalam sebulan kamu bisa menabung Rp3,2 juta.

 

Tips konsisten menabung 10 juta dalam tiga bulan

 

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 bulan
Sumber: Freepik

 

Setelah tahu trik di atas, kamu bisa mencoba tips cara menabung 10 juta dalam tiga bulan berikut ini.

 

1. Menabung di awal

 

Salah satu hal yang seringkali membuatmu gagal menabung adalah dengan tidak langsung menyisihkan uang begitu menerima gaji. Penting untuk diingat, segera tabung uangmu sesuai jumlah yang sudah ditetapkan di awal alias pada saat menerima gaji.

 

Jika menabung dilakukan di akhir, akan muncul godaan untuk memakai uang yang seharusnya ditabung. Akibatnya, uangmu malah habis sebelum sempat menabung.

 

2. Buka rekening terpisah

 

Dengan membuka rekening terpisah, pencatatan keuangan akan semakin rapi. Kamu bisa membuka rekening khusus tabungan jangka pendek agar tidak tercampur dengan rekening yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan harian.

 

Agar terhindar dari godaan memakai tabungan, kamu tidak perlu membuat ATM atau mendaftar internet banking. Artinya, cukup sulit untuk mencairkan uang di dalam tabungan tersebut sehingga enggak perlu tergoda untuk mengambilnya.

 

3. Aktifkan saving automatic mode

 

Agar konsisten dan tidak kelupaan, kamu bisa mengaktifkan mode otomatis di rekeningmu. Artinya, bank akan mendebit secara otomatis dari rekeningmu. Jadi tidak ada alasan lagi untuk lupa menabung.

 

Saving mode untuk Cara Menabung 10 Juta dalam 3 bulan
Sumber: Freepik

 

4. Buat rencana substitusi

 

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan berikutnya yaitu dengan membuat rencana substitusi. Misalnya dalam hal makan.

 

Kalau biasanya kamu membeli makanan siap saji, baik membeli langsung atau lewat perantara aplikasi pesan antar, bisa diganti dengan memasak sendiri. Tentunya akan lebih hemat.

 

Misalnya, sekali makan membutuhkan biaya sekitar Rp30 ribu. Bayangkan jika kamu memasak sendiri, uang Rp30 ribu bisa dipakai untuk memasak sarapan, makan siang, dan makan malam sekaligus. Kalau biasanya Rp900 ribu dalam sebulan habis hanya untuk makan siang, maka dengan memasak kamu bisa menghemat jauh lebih banyak.

 

Kamu juga bisa menetapkan biaya makan sebulan. Misalnya dengan membeli bahan masakan di pasar tradisional dan memasak, kamu cuma membutuhkan Rp500 ribu dalam sebulan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat sampai Rp500 ribu, lho.

 

Begitu juga halnya dengan camilan. Jika biasanya kamu butuh mengeluarkan uang sampai Rp50 ribu untuk membeli kopi, kamu bisa berhemat dengan memperbanyak minum air putih.

 

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan juga bisa kamu lakukan dengan mengganti moda transportasi. Kalau biasanya kamu membutuhkan Rp30 ribu untuk berangkat ke kantor menggunakan ojol, kamu bisa mengganti dengan transportasi umum seperti MRT atau TransJakarta. Tentunya, ada banyak pos pengeluaran yang bisa ditekan.

 

5. Kurangi biaya tidak mendesak

 

Coba cek lagi pengeluaranmu, apakah ada biaya yang tidak mendesak? Misalnya biaya langganan OTT, biaya nongkrong, biaya ke bioskop, biaya langganan streaming music, dan lainnya.

 

Kamu bisa memutus biaya berlangganan untuk menghemat. Misalnya dengan cukup fokus di satu aplikasi saja.

 

Lihat lagi kesibukanmu dalam sebulan ke depan, sehingga bisa memperkirakan apakah masih ada waktu untuk nongkrong atau menonton drama Korea favoritmu? Kalau tidak, kamu bisa berhenti berlangganan untuk sementara.

 

Misalnya, kamu berhenti langganan Netflix. Dalam sebulan, kamu bisa menambahkan Rp186 ribu ke dalam tabunganmu.

 

6. Menabung dengan investasi

 

Menabung dengan investasi bisa membantumu untuk mencapai target tabungan dari imbal hasil berupa dividen. Jika targetmu adalah menabung 10 juta dalam 3 bulan, maka realistisnya kamu berinvestasi pada aset cryptocurrency atau saham.

 

Tapi, penting diingat bahwa menabung di aset kripto dan saham memiliki risiko yang sangat tinggi karena memiliki fluktuatif yang cepat. Setidaknya jika ingin mencoba kamu harus paham dulu bagaimana teknikal keduanya.

 

7. Menabung dengan Amar Bank

 

Menabung dengan Amar Bank juga bisa membantumu mencapai target Rp10 juta dalam 3 bulan. Kamu bisa menikmati fitur Celengan yang akan memberimu insight bagaimana target realistis untuk mencapai tujuan finansial tersebut.

 

Jika kamu belum memiliki rekening Amar Bank, kamu bisa download aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Cukup 10 menit, kamu bisa langsung buka akun rekeningmu secara online dan tanpa biaya apa pun. Di aplikasi Amar Bank, kamu juga bisa menikmati banyak fitur-fitur lain seperti Brankas, Catat, Finsight, hingga Deposito.

 

8. Mencoba bisnis affiliate marketing

 

Cara terbaik untuk bisa mengumpulkan tabungan Rp10 juta dalam 3 bulan adalah mencoba mendaftar bisnis affiliate marketing. Di Indonesia sendiri, sudah banyak startup atau korporat yang membuka kesempatan untuk program affiliate marketing.

 

Mengapa bisnis affiliate marketing? Sebab, cara kerjanya tidak menguras banyak waktu. Kamu cukup memiliki kode referensi atau link untuk disebarkan ke banyak orang. Setiap kali ada transaksi bisnis yang berhasil dari kode referensi atau link darimu, maka kamu akan mendapatkan komisi.

 

Biasanya, komisi yang didapatkan antara 5-20% per transaksi. Ini bisa sangat membantu untuk mencapai targetmu, loh!

 

9. Mengambil double job

 

side job untuk menabung 10 juta dalam 3 bulan
Sumber: Unsplash

 

Ada keuntungan bagi kamu yang pekerjaannya tidak mengharuskan stand by di kantor dari pukul 8 pagi – 5 sore. Ini berarti kamu ada waktu untuk mengambil pekerjaan lain alias double job.

 

Kebanyakan financial planner sepakat bahwa jangan pernah menggantungkan hidup pada satu pekerjaan saja. Jangan hanya berharap pada satu sumber gaji tanpa mencari sumber pendapatan lainnya.

 

Andaikata gaji kamu di perusahaan sekarang Rp8 juta, jika kamu mengambil freelance atau double job dengan pendapatan Rp3 juta, maka bisa saja gaji pertamamu cukup untuk ditabung saja dan gaji freelance dipakai memenuhi kebutuhan hidup.

 

10. Mengajar online

 

Jika kamu memiliki kualifikasi atau setidaknya hobi mengajar, maka kamu bisa menjadikan ini sebagai sumber penghasilan. Caranya cukup simple:

 

  • Tentukan fokus mengajarmu
  • Tentukan targetmu, kepada siapa kamu ingin mengajar?
  • Lakukan personal branding sebagai pengajar (kamu bisa membuat konten yang relate dengan materi ajarmu)
  • Promosikan diri atau tawarkan diri ke lembaga-lembaga edukasi.
  • Promosikan diri sendiri (membuat webinar atau kelas sendiri)

 

11. Hindari belanja impulsif

 

Saat berbelanja, terkadang kita kalap alias lapar mata. Membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan adalah penghambat besar menabung. Jika ingin menabung uang 10 juta dalam 3 bulan, maka wajib menghentikan kebiasaan belanja impulsif.

 

12. Hindari beli barang mahal

 

membeli barang mahal
Sumber: Unsplash

 

Tahan dulu keinginanmu untuk membeli barang mahal, seperti baju atau sepatu branded. Kalau perlu, hentikan keinginan berbelanja barang yang bisa disubtitusikan atau tidak terlalu penting. Toh, demi tujuan finansialmu tercapai, kan?

 

13. Menggunakan aplikasi pengelola keuangan

 

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan untuk membantumu mengatur keluar masuknya uang. Ini penting agar setiap transaksi yang terjadi kamu lakukan secara sadar. Jadi, jika terjadi kebiasaan belanja impulsif, kamu bisa langsung menyadari dan menghentikannya.

 

Baca juga:

 

Menabung 10 juta dalam 3 bulan bisa menjadi tidak realistis bagi sebagian orang, akan tapi jika betul diniatkan dengan sungguh-sungguh pasti bisa tercapai. Namun, apabila nantinya tidak tercapai dan kamu sangat membutuhkan uang Rp10 juta itu, kamu bisa mengajukan pinjaman di Tunaiku.

 

Tunaiku adalah platform pinjaman digital yang terdaftar dan diawasi oleh OJK dan berada di bawah naungan PT. Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank). Kamu cukup mengajukan secara online dengan modal KTP, kamu bisa mendapatkan limit pinjaman hingga Rp20 juta dengan tenor 20 bulan.