SWARA – Setiap orang pasti mendambakan pernikahan yang sakinah mawadah warahmah. Namun, kamu harus pahami bahwa nggak ada pernikahan yang sempurna. Pasti ada celah di mana suatu masalah muncul. Di bawah ini ada 7 kebohongan seputar pernikahan yang terkadang nggak disadari bisa membuat kita khawatir menikah, padahal kenyataan itu nggak benar-benar terjadi. Apa saja? Yuk, simak agar kamu bisa menghindarinya!

 

1. Menikah itu mudah dilakukan

Banyak orang yang mengatakan pernikahan itu mudah. Bahkan, di film-film juga kita selalu diperlihatkan bahwa setelah menikah sang tokoh film hidup bahagia selamanya. Padahal kenyataannya, menikah nggak benar-benar mudah dilakukan. Kamu dan pasangan harus menggabungkan dua kepribadian yang benar-benar berbeda menjadi satu, menjalin komitmen, dan beradaptasi dengan sifat pasangan yang terkadang membuatmu geleng-geleng kepala setelah mengetahuinya saat menjadi suami-istri.

 

Artikel Terkait: Tips Menjaga Keharmonisan Keluarga

  1. Punya Pasangan Beda Karakter? Ini Cara Membuat Ekstrovert dan Introvert tetap Harmonis dalam Pernikahan
  2. Kenali Terapi Pasangan untuk Pererat Kembali Hubungan Agar Harmonis
  3. 5 Tips Jalin Hubungan Harmonis dengan Ibu Mertua

 

2. Menikah itu sulit, jangan buru-buru menikah

Berkebalikan dengan hal yang saya jelaskan sebelumnya, banyak juga orang yang melarang pasangan untuk cepat-cepat menikah karena pernikahan nggak selalu membahagiakan. Meskipun begitu, akan selalu ada hal-hal bahagia yang didapatkan setelah menikah. Perjalanan pernikahan akan mudah jika kamu bisa saling memahami, menurunkan ego, belajar jujur, dan menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan.

 

3. Hubungan seks akan sangat membosankan

Pasti terbayang bagaimana jika setiap hari kamu bersama orang yang sama tidur satu ranjang setiap malam. Kehidupan seksualmu pasti akan sangat membosankan. Ternyata, hal tersebut nggak selalu benar, lho. Menurut penelitian justru pasangan yang sudah menikah lama akan lebih aktif melakukan aktivitas seksual daripada pasangan yang baru saja menikah. Gairah seks mungkin akan menurun seiring bertambahnya usia. Namun, itu hal yang wajar dan secara umum akan selalu ada momen di mana berhubungan suami istri selalu terasa menyenangkan.

 

4. Kamu dan dia akan berusaha sendiri-sendiri untuk menjaga hubungan

Menikah artinya menyatukan dua kepribadian yang berbeda menjadi satu, sehingga nggak mungkin jika kamu dan dia harus berpikir sendiri-sendiri untuk saling memahami demi menjaga hubungan pernikahan. Kamu dan pasangan harus selalu 100% memikirkan bersama tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan rumah tangga seperti perasaan cinta, finansial, hingga quality time.

 

5. Sifat pasangan akan berubah saat menikah

Banyak yang berkata pasangan akan berubah setelah menikah. Namun, hal itu nggak selalu benar. Hal yang sebenarnya terjadi adalah kamu mengetahui sifat pasangan yang sebelumnya nggak kamu tahu saat masa pacaran. Ini adalah hal yang memang harus kamu sesuaikan dan persiapkan saat akan melaju ke jenjang pernikahan. Kamu harus siap menerima segala sifat pasangan. Ada baiknya selama masa pacaran pahami sifat asli pasangan yang mungkin akan semakin keluar saat sudah menikah.

 

6. Pernikahan yang sudah rusak, nggak dapat diperbaiki

Memang pernikahan yang sudah telanjur rusak karena kesalahan salah satu dari kalian akan terasa berat untuk diperbaiki. Namun dengan komitmen dan pintu maaf yang besar, kamu dan pasangan bisa mencoba membangun kembali pernikahan yang sempat ternodai. Ingat kembali masa-masa kalian mengucap janji suci di pelaminan untuk selalu setia bersama menjalani segala badai yang menerjang dalam sebuah pernikahan. Ingat juga anak-anak yang menjadi tanggung jawab kalian berdua untuk dibesarkan bersama.

 

Artikel Terkait: Penyebab Selingkuh

  1. Mau Tahu Penyebab Selingkuh? Lihat Jawabannya Sesuai Zodiak
  2. Apakah Sekali Selingkuh Selamanya Akan Selingkuh? Ini Penjelasan Ahli
  3. Lima Hal yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Nggak Tergoda Selingkuh

 

7. Perselingkuhan pasti akan terjadi

Dalam pernikahan, perselingkuhan dan perceraian adalah dua hal yang paling menghantui setiap pasangan. Tak jarang kita melihat keluarga atau bahkan teman yang kandas hubungan pernikahannya akibat perselingkuhan. Namun, faktanya, menurut penelitian laki-laki yang berselingkuh hanya sebesar 25% dan wanita yang berselingkuh hanya sebesar 20% saja. Sebuah angka yang cukup kecil jika dibandingkan dengan pasangan suami istri yang nggak berselingkuh, bukan? Maka kamu nggak perlu khawatir tentang isu seseorang pasti akan selingkuh setelah menikah.

 

Jika kamu sudah mengetahui 7 kebohongan yang biasa ditemui dalam pernikahan, kamu sudah bisa menyiapkan bagaimana antisipasinya agar pernikahan tetap harmonis.