SWARA – Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK kini sudah mulai banyak peminatnya. Di SMK, porsi untuk belajar dengan praktik lebih banyak daripada teori. Selepas lulus SMK, peluang kerja nyata sudah menunggumu. Ada beberapa SMK terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih. Saya sarankan untuk memilih satu di antara berikut ini. Sesuaikan juga dengan domisilimu.

 

Artikel terkait: tips agar lolos SNMPTN dan tips saat gagal SNMPTN

  1. 5 Cara Terbaik Atasi Kecewa Karena Gagal SNMPTN
  2. 5 Tips Lulus SNMPTN Supaya Masuk Kampus Negeri Favorit
  3. 5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Tidak Lolos SNMPTN 2017

 

SMK Negeri 10 Jakarta

Inilah SMK nomor satu di Indonesia. Telah banyak siswa-siswinya yang berprestasi secara lokal maupun nasional. Dulunya SMK Negeri 10 Jakarta bernama SMEA 6. Tapi pada tahun 1968, berubah jadi SMK. Alamatnya ada di Jl. Mayjen Sutoyo, Cawang Kramat Jati, Jakarta Timur. Jurusannya meliputi Akuntansi, Administrasi, Pemasaran, dan fokus untuk Software.

 

SMK ini memiliki keunggulan dari berbagai segi, misalnya saja dari segi IPTEK. Semua jurusannya sudah dilengkapi dengan komputer dan pembelajaran inovatif, kreatif, serta berwawasan lingkungan hidup. Saat ini, SMK Negeri 10 Jakarta tengah mengembangkan konsep Go Green dan statusnya pun sudah dapat akreditasi A.

 

SMK Negeri 1 Taman Sari Pangkal Pinang

Kota Pangkal Pinang merupakan bagian dari provinsi Bangka Belitung. Mengapa SMK ini mendapat tempat di deretan Sekolah Menengah Kejuruan terbaik di Indonesia? Salah satu alasannya karena sudah lebih dari 6 tahun berturut-turut, SMK ini memiliki nilai rata-rata ujian nasional 7,5. Maka, pada tahun 2016 lalu dapat penghargaan langsung dari presiden.

 

Saat ini, SMK Negeri 1 Taman Sari memiliki 755 siswa, 54 guru, 24 kelas, dan 603 mata pelajaran. Sekolahnya sudah mendapatkan akreditasi A dari pemerintah. Ada empat jurusan yang bisa kamu pilih, seperti Multimedia, Pemasaran, Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran. Alamatnya berada di Jl. Merdeka No. 90, Batin Tikal, Kec. Taman Sari.

 

SMK Negeri 1 Pekanbaru

Rekomendasi sekolah SMK terbaik di Indonesia selanjutnya ada di Pekanbaru. Sekolah ini juga sudah mendapatkan akreditasi A dari pemerintah. Alamatnya ada di Jl. Semeru No. 16, Pekanbaru dan didirikan pada tahun 1958 silam. Ada lima jurusan yang disediakan, yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Tata Niaga, Usaha Perjalanan Wisata, dan TKJ.

 

SMK Negeri 1 Pekanbaru memiliki peraturan yang cukup ketat untuk siswa-siswinya. Disiplin terhadap sikap maupun pemikiran telah jauh-jauh hari diterapkan. Di tahun 2018 ini, SMKN 1 Pekanbaru mewakili SMK se-Riau untuk mengikuti SM Sales Award II. Itu baru beberapa bukti bahwa SMK ini patut dapat julukan salah satu yang terbaik di Indonesia.

 

SMK Telkom Purwokerto

Alamat SMK yang satu ini berada di Jl. DI. Panjaitan No. 128, Purwokerto dan berdiri sejak tahun 1993. Era digital maupun internet telah berkembang menjadi raksasa baru di dunia. Sekarang hampir setiap kebutuhan atau informasi penting bisa diakses lewat media tersebut. Oleh karena itu, SMK Telkom Purwokerto hadir sebagai rujukan terbaik buat kamu.

 

Jurusan yang tersedia antara lain Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, Teknik Penyiaran Radio, dan Rekayasa Perangkat Lunak. Berbagai keahlian tersebut dibangun untuk menghadapi perkembangan arus media yang semakin deras. Lulusan SMK ini bisa langsung kerja karena pihak sekolah sudah banyak bermitra dengan perusahaan terkait.

 

Artikel terkait: rekomendasi perguruan tinggi untuk kelas karyawan

  1. Rekomendasi Kuliah dengan Kelas Malam di Semarang buat Karyawan
  2. Kuliah Sambil Kerja, Ini Rekomendasi Kelas Karyawan Terbaik di Surabaya
  3. Ini Pilihan Kelas Karyawan Terbaik di Medan Untuk Kamu yang Tertarik Kuliah Lagi!

 

SMK Negeri 3 Bandung

Jurusan yang ada di SMKN ini meliputi Akuntansi, Pemasaran, Pariwisata, Administrasi Perkantoran. Hebatnya, keempat dari jurusan tersebut sudah mendapatkan akreditas A dengan nilai 96. Pamor SMKN ini tentu membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk setiap alumnus. Apalagi sekarang sudah memiliki sistem pembelajaran taraf internasional.

 

Seenggaknya, dengan adanya referensi SMK terbaik di Indonesia tersebut bisa membuka mata hati kita semua. Saat ini, kedudukan SMK dengan SMA itu setara. Kesan SMK itu berotot dan SMA itu berotak sudah hilang sama sekali. Buktinya banyak kok anak SMK yang prestasinya menyamai SMA, asal kamu tidak salah pilih SMK.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


TUNAIKUTUNAIKU