SWARA – Alasan pindah kerja yang saya maksudkan itu bukan karena enggak nyaman, tapi justru harus nyaman dulu. Bagi saya, rasa nyaman itu yang selama ini membentuk kemampuan selama bekerja di perusahaan. Kemudian tanyakan kembali pada diri sendiri, “Sudah siapkah untuk pindah kerja?” Kalau jawabannya “iya”, mulai saja dengan mempertimbangkan hal-hal ini.

 

Artikel terkait: seputar job fair untuk calon karyawan dan perusahaan

  1. 5 Manfaat Penting Mengadakan Job Fair bagi Perusahaan
  2. 5 Kiat Jitu agar Mudah Mendapatkan Kerja dari Job Fair
  3. 9 Tips bagi Perusahaan yang Mau Ikutan Hiring di Job Fair

 

Pindah kerja untuk meningkatkan karier

Saat kamu bekerja di perusahaan yang sama selama beberapa tahun tanpa mengalami kenaikan, tentu sangat problematis. Apabila ingin melihat apakah bisa naik dalam karier di perusahaan tersebut, kamu cermati saja selama 2 tahun bekerja. Dimulai sejak kamu bergabung dengan perusahaan itu.

 

Tentu saja selama 2 tahun itu, kamu harus banyak berkontribusi dan melakukan hal yang terbaik untuk perusahaan. Bukan duduk diam dan bersantai sambil menunggu nasib membawa hidupmu. Tetap harus ada yang perlu diperjuangkan, yaitu harga diri. Seseorang dengan harga diri tinggi akan melakukan yang terbaik untuk orang lain.

 

Pandangan dalam jangka waktu tertentu terhadap perusahaan

Sikap mengekor pada nasib bukan langkah yang bagus dalam meniti karier apa pun. Kamu wajib memiliki prinsip tertentu untuk menjalani kehidupan ini. Begitu pula saat bekerja di sebuah perusahaan. Walaupun kamu sudah diterima sebagai karyawannya, tetap harus memiliki cita-cita. Hal itu dipengaruhi oleh perkembangan perusahaan atau justru redup.

 

Karyawan kreatif dan bercita-cita tinggi juga selalu mempertimbangkan kelanggengan perusahaan yang menaunginya. Apakah setelah 2 tahun atau beberapa tahun lagi bakal bubar atau enggak. Kamu wajib memiliki prediksi semacam ini. Jadi, saat kamu mengenali tanda-tanda bisnis dalam perusahaan akan jatuh dan tumbang, kamu sudah siap pindah kerja.

 

Adanya invasi berbagai peralatan berbasis teknologi

Ketika banyak perusahaan yang menggunakan teknologi dalam bisnisnya, banyak karyawan yang kehilangan pekerjaannya. Mungkin inilah alasan pindah kerja yang paling besar. Ketika sudah 4 tahun bekerja di posisi yang sama, amat riskan bakal digantikan dengan teknologi apabila pekerjaanmu berbasis “perulangan”.

 

Cara kerja teknologi komputer itu rata-rata sama, yaitu mengerjakan hal-hal yang berulang. Misalnya mengepak barang, memasukkan barang ke wadah, dan lain-lain. Bagi perusahaan, membeli peralatan teknologi jadi investasi besar di masa depan. Hanya sekali beli bisa digunakan dalam waktu lama. Daripada harus menggaji karyawan tiap bulannya.

 

Pindah kerja untuk meningkatkan kemampuan

Apa bedanya meningkatkan kemampuan dan meningkatkan karier? Makna karier itu sangat luas. Bisa bermakna gaji, lingkungan, dan sebagainya. Sedangkan untuk “kemampuan” hanya memiliki satu arti, yaitu kemampuanmu di suatu bidang. Katakanlah dirimu memiliki cita-cita sebagai akuntan yang hebat. Semuanya dimulai dari yang terkecil.

 

Seenggaknya, dalam waktu 4 tahun itu kamu sudah memiliki pengalaman secara teknis maupun dokumentasi. Kalau di perusahaan tersebut ada kemungkinan untuk menaikkan kemampuan, tinggal lebih lama tak mengapa. Namun, kalau enggak ada, sudah saatnya kamu kemas-kemas. Kamu enggak mau kan cita-citamu selama ini terbuang sia-sia?

 

Artikel terkai: langkah untuk mendapatkan pekerjaan pertama

  1. 10 Langkah Langsung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
  2. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!
  3. Berdasarkan LinkedIn, Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari FreshGrad Tahun 2018

 

Pindah kerja semata untuk mendapatkan tantangan baru

Kesannya mirip dengan upaya meningkatkan kemampuan di poin sebelumnya. Tantangan baru ini meliputi banyak hal, mulai dari atasan, rekan kerja, ruangan, dan tugas-tugas yang akan diselesaikan. Ada beberapa orang yang merasa hidup hanya ketika mendapatkan tantangan baru. Apa kamu termasuk dalam kategori karyawan ini?

 

Dalam meniti karier, seringkali orang membuat alasan pindah kerja karena nggak sesuai dengan passion atau idealisme. Hampir pasti, bahwa idealisme yang kamu cari selama ini sebetulnya sangat dekat. Hanya saja lewat jalan yang enggak terpikirkan. Jalani saja kesempatan yang ada di depanmu. Baru memikirkan upaya untuk meningkatkan karier.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


TUNAIKUTUNAIKU