SWARA – Susahnya punya badan mungil saat naik motor matic adalah paling nggak bisa menyalakan motor dengan kick starter. Pernah suatu ketika, motor matic mati mendadak di tengah jalan dan electric starter nggak bisa dinyalakan. Saya cuma terdiam kebingungan di pinggir jalan karena menghidupkan motor dengan kick starter pun nggak bisa.

 

Padahal, di saat mendesak kick starter memang punya fungsi yang cukup vital, lho. Misalnya, saja saat electric starter nggak bisa menyala. Solusinya, kamu bisa menggunakan kick starter. Selain itu, kick starter juga bisa menjaga performa motor matic agar tetap bagus. Kok bisa?

 

Dikutip dari Kompas.com, ini dia penjelasan mengapa kick starter harus tetap dipakai agar performa motor tetap baik. Jangan sampai kamu mengalami motor matic mati tanpa bisa berbuat apa-apa.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Jurusan di Universitas

  1. 5 Tempat Kuliah Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia
  2. Ini Pilihan Kelas Karyawan Terbaik di Medan Untuk Kamu yang Tertarik Kuliah Lagi!
  3. Kuliah Sambil Kerja, Ini Rekomendasi Kelas Karyawan Terbaik di Surabaya

 

1. Cara manual untuk menyalakan motor matic

Motor matic dapat dinyalakan dengan dua cara yaitu electric starter dan kick starter. Electric starter tentu lebih praktis, kamu tinggal memencet tombol di bawah handle gas. Jadi, nggak salah bila saya pun lebih suka menyalakan motor dengan electric starter.

 

Sementara itu, kick starter mengharuskanmu memakai kaki untuk bisa menyalakan motor. Duh, apalagi kamu harus memfungsikan standar tengah juga. Kesannya, ribet banget nggak, sih?

 

Namun, kick starter  bisa jadi penyelamat jika motor matic mati mendadak dan nggak mau dinyalakan dengan electric starter. Seperti pengalaman saya tadi, motor matic mati mendadak di tengah jalan. Untungnya, ada orang baik hati yang mau menyalakan motor dengan kick starter.

 

2. Menekan potensi kerusakan

Kalau kick starter jarang dipakai atau malah nggak pernah dipakai, bisa meningkatkan potensi motor rusak, lho. Salah satu kasus yang bisa terjadi adalah standar tengah macet.

 

Untuk motor matic otomatis, kamu harus memakai standar tengah agar bisa menyalakan motor dengan kick starter. Jika memang jarang pakai kick starter, standar tengah pun nggak dipakai. Hal ini bisa menyebabkan standar tengah macet dan sulit difungsikan.

 

Beda cerita, kalau kamu rutin menyalakan motor dengan kick starter. Maka, standar tengah nggak akan macet karena pasti juga akan kamu pakai, bukan?

 

Artikel Terkait: Tips Merawat Motor dan Mobil Matic

  1. Hindari 6 Kesalahan yang Tanpa Disengaja Dilakukan Saat Mengendarai Mobil Matic
  2. 8 Cara Sederhana Bikin Mobil Matic Menghemat BBM
  3. Tips Rawat Motor Matic Supaya Awet Terus!

 

3. Agar masa pakai aki lebih awet

Pernah mengalami aki habis dalam waktu cepat? Kamu bisa memulai kebiasaan dengan menyalakan motor pakai kick starter, nih. Mengapa? Setiap paginya, biasakan untuk menyalakan motor dengan kick starter.

 

Saat mesin dingin, hindari menyalakannya dengan electric starter. Meski sedikit ribet dengan memakai standar tengah, pakai kick starter bisa memperpanjang masa pakai aki.

 

Setelah tahu fakta-fakta penting di atas, kini nggak ada alasan buat nggak pakai kick starter, ya. Semuanya demi menjaga performa motor matic milikmu.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

 

Mobile Site CTA


DEWI AYU NURJANAH   DEWI AYU NURJANAH