Daya tarik akreditasi A begitu kuat untuk setiap jurusan di universitas mana pun. Termasuk yang ada di Yogya. Rata-rata, passing grade-nya juga tinggi. Namun, apakah ada universitas swasta Akreditasi A di Yogyakarta? Banyak. Hanya saja kita juga perlu selektif dalam membuat keputusan. Jika kamu mau meneruskan kuliah, saya merekomendasikan PTS ini.

Artikel Terkait: Mau Lanjut S2?

  1. Perhatikan 7 Pertimbangan ini Sebelum Lanjut Kuliah S2
  2. Hal-hal yang Menjadi Pertimbangan Wanita untuk Melanjutkan Kuliah S2 Setelah Menikah
  3. 5 Alasan yang Salah Ketika Kamu untuk Lanjut S2

1. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Nama UAD sudah nggak asing lagi buat calon mahasiswa yang berdomisili di Yogyakarta. Lokasinya berada di Jl. Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta. Fasilitas di dalamnya cukup memadai dan sesuai dengan kebutuhan. Termasuk fasilitas e-learning, laboratorium, dan pusat sumber belajar. Setiap tahunnya pelamar kuliah di UAD kian banyak.

Meskipun banyak jurusan yang dihadirkan, tapi tetap saja ada yang menjadi favorit dan punya prospek kerja terbaik. Sebut saja jurusan Apoteker, Psikologi, Bahasa dan Sastra Arab, BK, dan Biologi. Jurusan-jurusan tersebut sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Biaya kuliahnya tergantung jurusan yang diambil. Misal Sastra Inggris sebanyak Rp19 juta.

2. Universitas Atma Jaya (UAJY)

Lokasi PTS ini ada di Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DIY. Setiap tahun ajaran baru selalu membuka diri untuk calon mahasiswa dari mana pun. Tanpa membeda-bedakan ras, suku, dan asal daerah. Kiprah UAJY sudah terbukti sejak tahun 1965 yang lalu. PTS ini pada awalnya memang didirikan oleh kaum awam beragama Katolik.

Sudah banyak prestasi yang ditorehkan. Salah satunya yang diraih oleh Laurentius Dimas saat membuat proposal penelitian program Indofood yang diselenggarakan oleh Indofood. Di UAJY, ada beberapa jurusan yang difavoritkan, seperti TI, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan lain-lain. Masing-masing sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

lanjut kuliah dengan pinjaman tunaiku

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

Sejarah unik menyebutkan, bahwa universitas swasta akreditasi A ini nggak mau diakuisisi oleh pemerintah. Nggak mau bertransformasi jadi PTN. Soalnya dari awal memang sudah begitu. Lokasi UII ada di Jl. Kaliurang Km 14,5, Sleman, DIY. Setiap tahun selalu dipenuhi oleh peminat dari berbagai daerah. Nggak terkecuali yang dari daerah-daerah jauh.

Beberapa jurusan yang difavoritkan antara lain Akuntansi, Manajemen, Perbankan dan Keuangan, Arsitektur, Teknik Mesin, TI, Pendidikan Dokter, dan lain-lain. Jurusan yang saya sebutkan tadi sudah terakreditasi A semua dari BAN-PT. Biaya kuliahnya tergantung jurusan yang diambil. Misal jurusan Manajemen, biayanya sekitar Rp13 juta.

4. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY)

Inspirasi terbentuknya universitas ini berdasarkan pahlawan nasional bernama HOS Cokroaminoto. Lokasinya berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Gambaran, Pandeyan, Umbulharjo, DIY. Dulunya PTS ini berada di Surakarta, sebelum akhirnya pindah ke DIY. Basis ajarannya memuat unsur-unsur islami yang kuat.

Nggak heran kalau banyak peminatnya tiap tahun. Di antara jurusan yang ada, jurusan yang ada di Fakultas Hukum itu yang paling difavoritkan. Soalnya memiliki prospek kerja yang bagus. Peluang kerjanya bisa jadi notaris, pengacara, jaksa, peneliti, dan lain-lain. Biaya kuliah untuk jurusan Ilmu Hukum saja hanya Rp10 jutaan. Nggak beda jauh dengan yang lainnya.

Artikel Terkait: Kuliah Sambil Kerja? Why Not?

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

Lokasinya berada di Jl. Jembatan Merah No. 84 C, Condongcatur, Sleman, DIY. Sungguh mengejutkan, rupanya jurusan favorit di UMBY ini adalah Psikologi. Jurusan ini sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Biaya kuliahnya juga sangat terjangkau, hanya Rp20 jutaan. Tentu sangat support untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Memang, nggak menjamin kalau kuliah dengan ambil jurusan yang terakreditasi A bisa sukses ke depannya. Setiap nasib baik berada utuh di tanganmu. Saya hanya memberikan opsi terbaik di antara yang terbaik biar kamu dapat gambaran. Selain universitas swasta akreditasi A tersebut, ada pula lainnya. Cuma informasi yang saya punya terbatas.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

1

 

Mobile Site CTA

 


SWARA TUNAIKU   SWARA