SWARA – Mengonsumsi buah-buahan secara rutin merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan lewat makanan. Soalnya, buah kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, kamu juga nggak perlu takut bosan makan buah dan sayur, karena mereka bisa diolah menjadi sajian salad yang lezat dan kaya manfaat.

 

Nah, kali ini saya ingin bagi-bagi beberapa resep salad buah dan sayur yang mudah kamu buat sendiri di rumah. Nggak kalah penting, biaya bahan-bahannya juga tergolong murah. Langsung coba sendiri, deh!

 

Artikel Terkait: Berbagai Resep Makanan Sehat

  1. Yuk, Bikin Infused Water Sendiri Biar Tubuh Nggak Kekurangan Vitamin! Ini Resepnya
  2. Bunda, Coba 3 Resep Bekal Sekolah Sehat untuk Anak Ini, Yuk!
  3. Hidup Sehat, Yuk Sediakan Selalu Makanan Ini di Rumah!

 

1. Salad buah-buahan segar

Kalau kamu penyuka buah-buahan, resep ini patut kamu coba. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, seperti melon, semangka, dan pepaya, dijamin rasanya enak dan cara membuatnya sangat praktis.

 

Bahan-bahan:

½ buah melon, Rp10 ribu

½ buah semangka, Rp8 ribu

½ buah pepaya, Rp7 ribu

Mayones secukupnya, Rp5 ribu/bungkus

Susu kental manis putih secukupnya, Rp1.500/bungkus

Keju parut secukupnya, Rp5 ribu/balok

 

Cara membuat:

Ambil melon, semangka, dan pepaya, potong dadu lalu tempatkan di sebuah mangkuk. Campurkan mayones dan sedikit susu kental manis, kemudian aduk sampai merata. Selanjutnya, tuangkan campuran mayones dan susu ke dalam potongan buah. Aduk hingga rata, tapi hati-hati agar buahnya nggak hancur. Terakhir, tambahkan keju parut sebagai topping. Salad buah segar untuk empat porsi siap dihidangkan.

 

2. Salad sayur dan tuna

Kalau kamu termasuk orang yang  sulit meninggalkan kelezatan daging, resep ini akan mengubah mindset-mu tentang salad. Daging tuna yang lembut dipadu beberapa jenis sayuran tentu akan meningkatkan selera makanmu. Yuk, siapkan bahan-bahannya!

 

Bahan-bahan:

4 sdm tuna kalengan, Rp17 ribu

30 gr spageti, Rp5 ribu

1 sdm minyak zaitun, Rp45 ribu per botol

2 sdm mayones, Rp5 ribu

1 buah wortel, diparut, Rp3 ribu

Beberapa lembar selada, Rp5 ribu

Gula pasir secukupnya

Garam secukupnya

 

Cara membuat:

Rebus spageti hingga matang, lalu tiriskan. Kemudian, campurkan tuna, minyak zaitun, mayones, garam, dan gula. Siapkan spageti, wortel, dan selada dalam wadah, lalu masukkan campuran ikan tuna di atas, aduk hingga rata. Salad sayur dan ikan tuna siap untuk disantap.

 

3. Salad jelly yoghurt

Kamu mungkin sering melihat salad buah dengan topping keju yang tebal di media sosial. Penyajiannya yang apik dan instagramable tentu menggugah seleramu. Namun, alih-alih membeli, lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah dengan resep di bawah ini.

 

Bahan-bahan:

½ buah melon, Rp10 ribu

1 buah naga, Rp6 ribu

1 buah kiwi, Rp8 ribu

1 cup plain yoghurt, Rp7.500

Susu kental manis secukupnya, Rp1.500/bungkus

1 bungkus jelly, Rp4.500/bungkus

Keju parut secukupnya, Rp5 ribu balok

 

Cara membuat:

Masak jelly, lalu masukkan ke dalam kulkas. Setelah dingin, potong jelly menjadi bentuk dadu. Siapkan buah naga dan melon, potong dadu. Masukkan potongan jelly, buah naga, dan melon ke dalam mangkuk, kemudian tuangkan yoghurt sedikit demi sedikit. Tambahkan parutan keju dan susu kental manis. Untuk mempercantik tampilannya, beri 4 potong buah kiwi di atasnya.

 

Artikel Terkait: Resep Murah di Tanggal Tua

  1. 3 Resep Sarapan Sederhana Sebelum Berangkat Kerja
  2. Untuk Kencan Hemat Saat Valentine, Coba 3 Resep Makanan Murah Meriah Ini, Yuk!
  3. Pingin Makan Enak di Tanggal Tua? Tenang, Ada 8 Resep Murah yang Bisa Dicoba!

 

4. Salad Khas Indonesia

Siapa yang nggak mengenal pecel? Kuliner asli Madiun ini, boleh disebut sebagai salad khas Indonesia, lho. Kalau kamu tertarik membuatnya di rumah, coba saja resep berikut ini.

 

Bahan-bahan:

1 ikat kacang panjang, Rp5 ribu

1 genggam tauge, Rp4 ribu

1 ikat kangkung, Rp3 ribu

1 buah wortel, Rp3 ribu

1 bungkus bumbu pecel instan, Rp5 ribu

 

Cara membuat:

Potong-potong sayuran dan cuci bersih, lalu rebus hingga matang dan tiriskan. Seduh bumbu pecel instan dengan sedikit air panas. Taruh sayuran di atas wadah, lalu tuangkan dengan bumbu pecel. Pecel buatan sendiri siap disajikan untuk empat porsi.

 

Mudah dan murah, kan? Saya yakin kamu pasti sudah nggak sabar untuk mencobanya sendiri.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

KTA, tunaiku, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminana, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, liburan tanpa keluar uang banyak, liburan, liburan murah, cara liburan murah, cara liburan tanpa keluar uang banyak

 

 

 


PAULUS RISANG   PAULUS RISANG