SWARA – Ingin sukses baik dalam urusan asmara hingga karir maka kamu tentu membutuhkan rencana dan target yang telah disiapkan. Lalu, adakah strategi khusus agar bisa mencapainya?Pernahkah mendengar metode SMART untuk bisa mencapai beberapa tujuan dalam hidup?Nah, George T. Duran sejak tahun 1981 yang memperkenalkan istilah ini. Yaitu sebuah metode atau pendekatan untuk merancang goal perusahaan tempat ia bekerja.

S.M.A.R.T merupakan singkatan dari kata Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-bound.Berjalannya waktu metode ini diadopsi oleh banyak orang karena terbukti praktis dan mudah untuk siapa saja.

 

Artikel terkait: milenial dan karir

  1. Milenial Suka Gonta Ganti Pekerjaan? Ternyata Ini Alasannya
  2. 5 Alasan Milenial Berpotensi Dipecat. Yuk, Hindari!
  3. Alasan Kenapa Bakat Saja Ternyata Tak Menjamin Millennials Dipertahankan

 

Agar kamu lebih mudah memahami cara bekerja metode SMART, yuk, cek ilustrasi ini. Misalnya, kamu memiliki tujuan utama untuk memulai bisnis rumahan. Maka jika dibuatkan peta SMART, paparannya sebagai berikut:

1. SPECIFIC (Spesifik)

Pertama-tama, tujuan utama harus dikerucutkan menjadi lebih detil. Mau memilih jenis bisnis apa? Makanan, fashion, kerajinan tangan, bisnis jasa, atau yang lain? Semakin spesifik targetmu, semakin fokus kamu mengejarnya.Jawabannya bisa jadi seperti ini : Saya ingin punya bisnis berjualan kerajinan tangan sulam di ­­e-commerce.

 

2. MEASUREABLE (Terukur)

Tujuan yang ingin kamu raih wajib bisa diukur. Berapa banyak keuntungan dalam setiap bulan yang ingin dicapai? Goal ini haruslah kamu tentukan sejak awal ya, supaya setiap saat kamu tahu sudah seberapa dekat kamu dengan target. Misal: Saya menargetkan untuk bisa menjual minimal 30 sulaman per bulan.

 

3. ATTAINABLE (Dapat diraih)

Mimpi boleh tinggi, tapi pastikan bahwa goal yang kamu rancang itu memang attainable alias ya mungkin untuk diraih. Jika sasaran ternyata di luar kemampuan dan keahlian, malah bisa jadi demotivasi. Untuk bisnis kerajinan tangan sulam ini maka saya akan menentukan jenis sulaman yang bisa saya produksi.

Kemudian, membuat katalog menggunakan kamera smartphone sebagai modal awal. Untuk memulainya, saya akan mulai buka toko online di e-commerce A dan B, juga membuat akun Instagram.

 

4. RELEVANT (Berhubungan)

Agar tujuan kamu cepat tercapai maka strategi lainnya yang diperhatikan adalah harus ada dampak langsung, nyata, dan relevan. Kenapa kamu ingin memulai bisnis rumahan? Jawabannya bisa jadi karena sekadar ingin meneruskan hobi. Atau, kamu ingin resign dari kantor dan lebih suka menjadi stay-at-home mom tapi tetap punya kesibukan.

 

5. TIME-BOUND (Terikat waktu)

Dan yang terakhir adalah time-bound, alias terikat waktu. Setelah berhasil menunaikan empat poin di atas, goal yang kamu rancang harus punya deadline. Apakah dalam tahun ini? Atau dalam lima bulan ke depan? Batasan waktu memacumu untuk segera melaksanakan aksi.Pasang target seperti ini misalnya: Per tanggal 1 April 2018, saya harus sudah bisa menyediakan stok sulaman sebanyak 25 item.Nggak apa-apa kok pasang deadline ketat asalkan tetap realistis, ya!

Setelah mengetahui gambaran bagaimana metode S.M.A.R.T  bekerja, kira-kira kamu tertarikkah membuatnya?Nggak hanya untuk perkara bisnis dan menghasilkan uang tetapi juga untuk setiap aspek kehidupan.Selamat mencoba, ya!

 

Artikel terkait: trivia tentang sukses

  1. Awas, Coba Cek Zodiak Pembawa Bad Luck dan Penghambat Kesuksesan
  2. Ternyata, Ini Pengaruh Antara Bulan Kelahiran dengan Kesuksesan
  3. Ini Alasan Urutan Kelahiran Bisa Memengaruhi Kesuksesan. Ngga percaya?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

2


WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWINNY WITRA MAHARANI