SWARA – Saya memiliki teman yang punya hobi wisata kuliner. Setiap kota yang ia singgahi, hal wajib yang dilakukannya adalah berburu kuliner. Setelah itu baru mengunjungi spot wisata lainnya. Saat tiba di Jogja, dengan segera ia langsung mencari kuliner oseng mercon yang bikin bibir dower karena kepedasan. Begitu pula saat berada di Semarang, Lumpia Gang Lombok jadi tujuan pertamanya. Tidak ketinggalan pula ia mencicipi nasi liwet jika tiba di Solo.Terkadang, kalau dengar atau membaca ceritanya di media sosial, saya suka ngiler sendiri.

 

Lucunya, teman saya ini selalu merasa nggak pernah puas jika belum mencicipi kuliner yang direkomendasikan dan tengah hits di kota yang dikunjunginya. Ia masih terobsesi untuk terus mengeksplor wisata kuliner di berbagai kota Indonesia. Salah satu wisata kuliner yang berkesan bagi teman saya ini adalah kuliner dari kota Surabaya. Berikut rekomendasi wisata kuliner yang menurut teman saya wajib dicoba :

 

1. Rujak Cingur Ahmad Jais

A post shared by Inge Lianto (@inge_lie) on

Rujak Cingur adalah salah satu kuliner yang terkenal di Surabaya. Makanan ini terbuat dari hidung sapi dengan campuran sayur dan buah dan saus kacang yang rasanya maknyus. Sebenarnya, kamu bisa menemukan rujak cingur di hampir semua rumah makan di Surabaya, namun yang terkenal adalah rujak cingur Ahmad Jais yang berada di sekitar Jalan Tunjungan. Rasanya otentik dan dicampur dengan banyak petis. Harganya dibanderol Rp50.000 per porsi. Lumayan mahal sih, tapi kalau enak, kenapa nggak?

 

Artikel Terkait: Tips dan trik merencanakan perjalanan.

  1. 4 Buku Traveling Ini Layak Jadi Pegangan!
  2. Solo Traveling saat Akhir Tahun? 5 Negara Ini Layak Dijelajahi
  3. Ini Dia Caranya Bisa Nginap Gratis Selama Traveling

 

2. Es Krim Zangrandi

Siapa sih yang nggak suka es krim? Bahkan orang yang sakit gigi pun mendambakan es krim. He-he. Nah kalau kamu sedang atau hendak singgah di Surabaya, kamu wajib mampir di kedai Es Krim Zangrandi. Kedai es krim ini merupakan salah satu kedai tertua di Surabaya memiliki keotentikan rasa karena masih mempertahankan resep turun-temurun. Bahan bakunya pun alami alias nggak pakai bahan pengawet.

 

3. Depot Ai Doho

Warung makan legendaris ini berlokasi nggak jauh dari Jl. Dr. Soetomo. Depot Ai Doho memiliki konsep sederhana yaitu menyajikan makanan khas rumahan kepada pelanggannya. Pilihan lauk yang tersedia sangat sederhana jadi nggak bikin kamu bingung. Kamu bisa melahap kornet telur, ham telur, dan ayam bumbu rujak.

 

4. Nasi Cumi Waspada

A post shared by Fresty (@fresty01) on

Kuliner di kota Surabaya itu nggak ada matinya. Buktinya, Nasi Cumi Waspada bakal memanjakan perut kamu yang lapar saat tengah malam. Kuliner ini mirip dengan tampilan nasi rames. Pilihannya beragam jadi kamu nggak perlu khawatir bakal kekurangan pilihan. Oh ya, kalau ke Nasi Cumi Waspada, kamu wajib mencoba cumi masak tinta yang menjadi best seller.

 

Artikel Terkait: Hal yang perlu kamu ketahui sebelum ke Thailand.

  1. Jalan-jalan ke Thailand dengan Budget 3 Juta? Bisa Banget!
  2. Thailand Tak Hanya tentang Pantai dan Budaya, Inilah 5 Street Food-nya yang Layak Kamu Coba!
  3. Ini Dia Tips Berkeliling Asia Tenggara Dengan Bujet 5 Juta Rupiah Saja!

 

5. Kepiting Cak Gundul

A post shared by Tio Jayadi (@jayadihalim) on

Buat yang suka sama seafood, kamu harus coba makan di Kepiting Cak Gundul. Warung makan yang berdiri pada 1992 ini memiliki pilihan ukuran kepiting dan saus buat kamu.

 

Nah, mumpung lagi membahas Surabaya, apakah kamu tahu kalau sekarang Tunaiku sudah membuka layanan kredit tanpa agunan (KTA) di Surabaya? KTA Tunaiku ini menawarkan dana pinjaman sebesar Rp2-20 juta dengan tenor 6-12 bulan. Pengajuan bisa dilakukan secara online, sehingga mempercepat dan memudahkan proses. Tunggu apa lagi, yuk gunakan layanan program Tunaiku sekarang juga.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

Pinjaman Tunai


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE