SWARA – Bicara mengenai pekerjaan, banyak yang mencari posisi sebagai manager, dokter, model, pengusaha dan pekerjaan umum lainnya. Namun ternyata, ada banyak sekali macam pekerjaan unik lainnya yang ada di dunia, mulai dari yang serius hingga konyol. Bahkan mungkin banyak di antaranya yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Apa saja, ya, pekerjaan unik yang tak disangka ada di dunia?

  1. Tukang tidur profesional
    Beberapa hotel mempekerjakan tukang tidur profesional untuk menguji kasur yang tersedia di hotel mereka. Orang-orang ini akan menulis pengalaman mereka dan dijadikan sebagai acuan untuk pelayanan hotel yang lebih baik. Para professional sleeper ini pun disewa oleh dokter dan peneliti untuk dipekerjakan di laboratorium-laboratorium terkait penelitian yang berhubungan dengan tidur. Mereka sangat berjasa bagi para peneliti-peneliti untuk mengetahui berbagai macam masalah dan gangguan tidur pada manusia. Para tukang tidur profesional ini harus siap untuk tidur kapan pun saat mereka diperintahkan untuk tidur, terlepas dari kenyataan bahwa mereka sedang mengantuk atau tidak.

  2. Pengantri profesional
    Banyak orang yang tak sabar ketika mengantri terlalu lama, maka untuk menggantikannya ada sebuah jasa bernama professional queuer atau pengantri profesional. Orang-orang ini dibayar untuk mengantri dalam waktu yang lama. Pekerjaan ini berkembang di Amerika dan China di mana antrian di bank bisa mencapai hingga setengah hari. Bagi orang-orang sibuk, tentu jasa ini sangat bermanfaat.

  3. Pengamat cat pada dinding atau paint dry watcher
    Ternyata, mengamati apakah cat yang digunakan sudah kering atau belum pun bisa menjadi profesi. Perusahaan akan membayar untuk melihat cat yang mana yang lebih cepat kering, berapa lama waktu yang dibutuhkan. Bukan hanya melihat, paint dry watcher pun melakukan berbagai tes sambil menggunakan mikroskop untuk melihat ketahanan cat-cat tipe tertentu dan efeknya terhadap lingkungan.

  4. Alarm manusia
    Menggunakan alarm di jam weker atau handphone untuk membangunkan kita adalah hal yang biasa, cobalah alarm yang satu ini human alarm clocks. Alarm ini dikerjakan oleh manusia yang bertugas membangunkan seseorang setiap pagi atau mengingatkannya pada momen-momen tertentu. Mereka juga bisa mengingatkan tanggung jawab yang harus diselesaikan, pekerjaan rutin sehari-hari, atau saat acara-acara spesial.

  5. Pemberi nama pewarna kuku
    Wanita yang senang melukis kukunya mungkin bertanya-tanya dari mana datangnya nama-nama pewarna kuku yang unik dan kadang konyol tersebut. Beberapa perusahaan menyerahkan penamaan tersebut kepada atasan, sementara ada juga yang mempekerjakan profesional kreatif atau departemen pemasaran untuk melakukan pekerjaan ini.

  6. Oshiya atau petugas pendorong penumpang kereta
    Di Jepang yang mayoritas penduduknya menggunakan shinkansen atau kereta listrik, ada beberapa orang yang dipekerjakan secara profesional untuk mendorong orang masuk ke dalam kereta agar kereta padat sehingga lebih banyak yang bisa masuk ke dalam kereta.

  7. Pencicip makanan hewan peliharaan
    Mereka digaji untuk menilai makanan yang biasanya diperuntukkan untuk hewan-hewan peliharaan. Banyak hal yang dinilai mulai dari rasa hingga tekstur makanan. Kemudian para pekerja diminta untuk memberikan komentar mengenai makanan hewan yang dimakan tersebut. Berkat jasa para pencicip makanan hewan, tak heran hewan peliharaan bisa lahap menyantapnya karena sudah lulus uji coba rasa.

  8. Penguji bau
    Banyak perusahaan deodoran di dunia yang membutuhkan banyak sekali karyawan untuk menguji produk deodoran dan antiperspirant yang mereka buat dengan cara mengendus dan mencium aroma ketiak pemakai. Tujuannya sederhana adalah untuk mengetahui apakah deodoran yang mereka buat benar-benar ampuh mengusir bau badan atau tidak.

 

Setelah kamu mengetahui pekerjaan-pekerjaan unik yang tak disangka ada di dunia ini, tertarik nggak untuk alih profesi? He-he-he, siapa tahu ada pekerjaan yang cocok dengan passion-mu, kan.