SWARA – Belum puas dengan penghasilanmu yang sekarang? Mumpung masih muda, jangan berpangku tangan aja. Nggak ada ruginya mencoba melakukan berbagai usaha untuk memperoleh penghasilan tambahan di samping gaji bulananmu. Lumayan, ‘kan, buat nambah-nambah tabungan?

 

Nah, biar kamu makin semangat, Tunaiku udah merangkum beberapa cara memperoleh penghasilan tambahan buat pekerja kantoran. Apa saja?

 

1. Punya bakat masak? Bikin makanan untuk dijual di kantor, yuk!

Kalau kamu kebetulan suka masak dan memiliki kemampuan di bidang ini, kenapa nggak dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan? Sebagai permulaan, kamu bisa membuat kue yang gampang dibuat, misalnya brownies, pisang cokelat, risol, martabak mini, atau gorengan. Bawa ke kantor dan jajakan ke rekan-rekan sekantormu.

 

Atau, kamu juga bisa mencoba jualan rice box dengan lauk dan sayur sebagai alternatif menu untuk makan siang bagi rekan-rekan kantor yang malas keluar. Nggak perlu banyak-banyak, sesuaikan aja dengan tenaga dan waktumu. Keuntungannya lumayan, lho!

 

2. Jadi penulis, fotografer, atau desainer grafis lepas

Talenta yang kamu punya tentu nggak boleh dibiarkan tumpul. Asah bakatmu dengan rutin menggunakannya. Suka nulis, buatlah blog. Senang desain? Bikinlah gambar desain kece untuk kamu pajang di Instagram. Kalau terus diasah, keahlian seperti ini bisa menghasilkan uang yang nggak sedikit lewat pekerjaan sebagai freelance yang bisa kamu temukan dari situs-situs proyek untuk pekerja lepas. Buat penggemar fotografi, penggunaan fotomu juga bisa dikomersilkan melalui platform jualan stok foto.

 

Jika untuk setiap artikel kamu diganjar Rp 25 ribu dan setiap bulan kamu bisa menulis antara 20-40 artikel, penghasilan tambahan yang kamu peroleh tentu lumayan, ‘kan?

 

3. Adakan garage sale secara berkala di tempat tinggalmu

Punya banyak barang layak pakai tapi sudah lama nggak kamu gunakan sama sekali? Mengapa nggak jual saja barang-barang tersebut lewat garage sale dengan harga miring? Siapa tahu, barang-barang yang kelamaan nganggur itu menemukan pemilik barunya, selain penghasilan tambahan buat kamu tentunya!

 

Biar kamu bisa mengadakannya secara berkala dengan barang-barang yang fresh, kamu bisa mengajak saudara, teman, maupun rekan kerja untuk menitipkan barangnya untuk dijual melalui garage sale-mu. Tinggal bagi keuntungan aja, deh.

 

4. Jualan barang secara online

Banyak orang yang bermimpi untuk membuka tokonya sendiri. Kini, jualan dan buka toko memang nggak butuh modal besar, tinggal bermodalkan koneksi internet dan barang dagangan, kamu udah bisa mulai berjualan secara online! Mulai dari hasil kerajinan tangan buatan sendiri, kaos desain sendiri, sampai berbagai keperluan sesuai hobi dan minat kamu bisa dijual di sini.

 

Belum punya barang jualan yang menarik? Coba cari toko online yang memiliki produk yang menurutmu menarik dan bakal laris, lalu ajukan permintaan untuk menjadi reseller atau dropshipper.

 

5. Mengikuti program #BarterRezeki Referral Gamification Tunaiku

Salah satu cara yang nggak kalah asyik untuk memperoleh penghasilan tambahan adalah dengan ikutan program #BarterRezeki Referral Gamification dari Tunaiku. Soalnya, kamu nggak cuma sekadar mendapat penghasilan tambahan aja, tapi juga berkesempatan untuk membantu orang-orang yang tengah membutuhkan solusi keuangan. Selain itu, caranya juga seru kayak main game!

 

Semakin banyak orang yang kamu bantu dan misi yang kamu selesaikan, semakin besar pula insentif dan poin reward yang kamu dapatkan. Nggak mau ketinggalan, ‘kan? Untuk memahami cara mainnya, klik ke bit.ly/referralgamification. Sementara untuk gabung, klik bit.ly/BarterRezeki.

 

Itu dia cara-cara memperoleh penghasilan tambahan buat pekerja kantoran. So, masih mau menyia-nyiakan waktu, Kawan Tunaiku?