SWARA – Nggak terasa 2016 hanya tersisa beberapa bulan lagi. Untuk merayakan pergantian tahun, liburan ke destinasi favorit tentu bakal menyenangkan. Tapi, bukan cuma kamu aja yang menantikan liburan akhir tahun. Banyak orang yang juga menantikan hal yang sama.

Nah, kalau kamu memang berniat menghabiskan pergantian tahun dengan liburan yang nyaman, mendingan buruan persiapkan hal-hal berikut mulai dari sekarang!

 

1. Bongkar celengan dan mulailah menyusun itinerary beserta budget-nya

Berapakah dana yang kamu punyai untuk liburan akhir tahun? Manakah destinasi liburan yang ingin kamu tuju? Nah, kamu harus mulai merencanakannya dari sekarang. Kalau perlu, ajak pasangan dan anakmu berdiskusi untuk menentukan tempatnya.

Setelah tempat tujuan disepakati, kamu tinggal menyesuaikannya dengan budget-mu. Anggaran bisa bervariasi, tergantung dari seberapa jauh tempat tujuan, ada berapa destinasi wisata yang ingin kamu datangi, serta berapa lama masa liburanmu.

 

2. Tentukan moda transportasi yang akan kamu tumpangi dan pesanlah tiket dari sekarang

Setelah menentukan tujuan liburanmu, kini kamu juga mesti memutuskan moda transportasi yang hendak kamu gunakan. Apakah itu kendaraan pribadi, bus, kereta api, atau pesawat terbang? Pilihlah yang nyaman dan sesuai dengan anggaranmu di poin pertama.

Bila kamu memutuskan untuk memilih moda transportasi massal, sekarang adalah saat yang tepat untuk membeli tiketnya. Membeli tiket terlalu mepet di akhir tahun nggak cuma mahal, tapi juga berisiko kehabisan. Soalnya, bukan cuma kamu yang mau liburan.

 

3. Sekalian booking akomodasi jauh-jauh hari

Akhir tahun merupakan masa peak season. Artinya, kemungkinan besar tempat-tempat menginap di tempat tujuan liburan kamu bakal dipenuhi pelancong. Makanya, kamu wajib memesan akomodasi jauh-jauh hari.

Memesan hotel mulai dari sekarang akan memberi kamu keleluasaan untuk mendapatkan hotel favorit yang sesuai budget. Apalagi, umumnya tarif per malamnya masih murah. Jangan ragu untuk memanfaatkan situs-situs booking hotel untuk mendapatkan harga spesial!

 

4. Kalau ingin waktu yang sedikit lebih longgar saat liburan, ajukan cuti dari sekarang!

Agar waktu liburanmu lebih longgar, lebih baik kamu mengajukan cuti kepada atasan. Meluluhkan hati bos agar menyetujui pengajuan cutimu memang nggak gampang. Makanya lakukanlah sejak jauh-jauh hari, sehingga kamu nggak perlu “berebut” cuti dengan rekan sekantormu.

Agar cutimu gampang di-approve, pastikan juga kinerjamu di kantor berada di atas rata-rata. Dengan begitu, bosmu pasti nggak segan-segan menghadiahimu tambahan hari libur di akhir tahun!

 

5. Jangan lupa persiapkan fisik juga, ya!

Liburan itu cukup melelahkan, apalagi kalau perjalananmu cukup jauh. Makanya, jangan lupa persiapkan fisikmu dari sekarang. Biar saat waktunya tiba nanti, kamu berada dalam kondisi yang prima. Konsumsi makanan bergizi seimbang, tambahan vitamin dan mineral bila perlu, serta jangan lupa olahraga setidaknya tiga kali seminggu.

 

Nah, itu dia lima hal yang patut dipersiapkan dari sekarang bila kamu berencana liburan di akhir tahun. Kamu punya pendapat lainnya, Kawan Tunaiku? Kalau iya, bagiin di kolom komentar, yuk!