SWARA – Meraih gelar master sesuai dengan jurusan impian merupakan dambaan setiap orang. Di Indonesia gelar master dikenal dengan istilah S2, sedangkan istilah master berasal dari luar negeri yaitu Master’s Degree (MA). Durasi kuliah S2 biasanya antara satu hingga dua tahun, tergantung pada jurusan yang diambil. Dulu banyak orang yang merasa puas ketika meraih gelar S1 atau sarjana. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, banyak orang ingin memiliki pendidikan setinggi mungkin agar bisa bersaing dalam meraih pekerjaan terbaik yang diinginkan. Tak heran jika kuliah S2 sangat diminati, terutama di kota besar seperti Jakarta.

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Jakarta sendiri banyak kampus negeri atau swasta yang menawarkan program kuliah master. Antara kampus negeri atau swasta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kampus swasta juga menawarkan program perkuliahan yang tak kalah berkualitas. Dari segi harga pun tidak terlampau jauh dari kampus negeri. Beberapa kampus swasta berkualitas di Jakarta yang menawarkan program S2 antara lain Universitas Mercu Buana, Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Gunadarma, Universitas Multimedia Nusantara, dan masih banyak lainnya. Berikut ini merupakan tips mempersiapkan gelar master di kampus swasta yang ada di Jakarta:

 

  • Memperjelas tujuan kuliah S2

Sebelum menentukan universitas, sebaiknya Anda memperjelas tujuan dasar melanjutkan kuliah S2 terlebih dahulu. Apakah ingin menambah pengetahuan, menambah kesempatan karir yang lebih mapan, atau hanya sekedar ingin menambah gelar? Jika tidak memiliki tujuan yang jelas, maka semua tenaga, uang, dan waktu akan terbuang sia-sia. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap masa depan Anda nantinya, ‘Mau apa setelah kuliah S2 selesai?’.

 

  • Meriset jurusan dan universitas

Jika tujuannya sudah jelas, maka Anda bisa segera memilih jurusan dan universitas yang diinginkan. Anda bisa mencari beberapa universitas swasta di Jakarta yang menawarkan jurusan master dengan keungulannya masing-masing. Sesuaikan juga universitas yang dipilih dengan jarak dari rumah maupun fasilitas di sekitar kampus.

 

  • Mempersiapkan keuangan

Setelah menentukan jurusan dan universitas, sebaiknya Anda segera mempersiapkan seluruh biaya untuk kuliah. Universitas swasta di Jakarta sebagian besar mematok biaya kuliah yang cukup tinggi, sesuai dengan kualitasnya. Persiapkan semuanya mulai dari uang pendaftaran, uang masuk, atribut, SPP, dan biaya lainnya hingga lulus. Jika dirasa mampu, sebaiknya Anda mempersiapkan seluruh biaya hingga lulus sedini mungkin. Namun jika biayanya masih kurang, Anda bisa mencoba cara lain seperti melakukan pinjaman tunai, pinjaman uang tanpa jaminan, dan lainnya.

 

  • Mencari informasi sebanyak mungkin

Anda harus sering-sering mencari informasi mengenai kuliah master yang Anda inginkan. Saat ini banyak lembaga-lembaga maupun universitas yang menawarkan beasiswa kuliah master, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Siapa tahu Anda bisa mendapatkannya, bukan? Tentu saja beasiswa dapat meringankan beban keuangan Anda.

 

  • Mempersiapkan kemampuan dan dokumen

Setelah mempersiapkan ketiga hal di atas, kini saatnya Anda mempersiapkan bekal kemampuan yang dibutuhkan untuk kuliah S2 nantinya seperti kemampuan berbahasa asing. Banyak universitas swasta di Jakarta unggulan yang mewajibkan calon mahasiswanya bisa fasih berbahasa Inggris saat perkuliahan. Anda bisa mengikuti tes TOEFL, GMAT, maupun GRE.

Kelima hal di atas merupakan beberapa tips untuk mempersiapkan kuliah master di universitas swasta di Jakarta. Intinya, kuliah S2 memerlukan banyak persiapan yang matang seperti kemampuan berbahasa, belajar secara mandiri, manajemen waktu, hingga biaya.