Swara – Kamu sedang berencana untuk melakukan renovasi rumah? Pernah berpikiran untuk melakukan konsultasi jasa renovasi rumah secara online?

 

Kemajuan teknologi membuat kamu bisa melakukan konsultasi baik kesehatan, keuangan hingga renovasi rumah secara online. Hal ini membuat banyak orang tidak perlu repot lagi berkomunikasi bertatap dengan ahlinya. 

 

Terkhusus untuk jasa renovasi online, banyak sekali kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen yang mencakup transparansi biaya. 

 

Beberapa platform yang menawarkan jasa renovasi online menawarkan harga material dan jasa tukang yang kompetitif sesuai dengan konsep dan tema renovasi rumah yang diinginkan. 

 

Kamu ingin melakukan renovasi tapi bingung mengatur bujetnya? Yuk, coba Kalkulator Finansial dari Swara. Kamu bisa tahu berapa bujet yang harus kamu sediakan secara akurat hanya dengan waktu 5 menit. Coba di sini.

 

Apa saja platform jasa renovasi rumah online tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

5 Platform Jasa Renovasi Rumah

 

 

Beberapa pilihan jasa yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan saat ingin berkonsultasi tentang renovasi rumah diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Sejasa.com

 

Sejasa.com adalah jasa renovasi rumah yang mengklaim platform-nya merupakan penyedia jasa profesional terlengkap dan terbesar di Indonesia. 

 

Dalam website resminya, Sejasa memberikan tawaran perbaikan rumah dan renovasi seperti; kontraktor bangunan, jasa pertukangan, interior designer, injeksi beton, kolam renang, waterproofing hingga jasa kebersihan seperti daily cleaning, sofa cleaning dan sedot tungau. 

 

Sebagai pengguna jasanya, kamu hanya perlu menuliskan kebutuhan renovasi rumah secara terperinci di situs resminya. Dalam hitungan jam, kamu sudah bisa mendapatkan estimasi biaya dari 1 hingga 6 penyedia jasa renovasi rumah profesional untuk dibandingkan harga, portofolio renovasi penyedia jasa dan testimoni pengguna jasa sebelumnya. 

 

Setelah bersedia menerima penawaran, kamu bisa mengatur pertemuan hingga mencapai persetujuan harga final dan melakukan pembayaran melalui rekening Sejasa. 

 

Jangan khawatir soal harga, karena Sejasa memberikan keringanan seperti pemberian uang muka mulai dari 30% dari harga keseluruhan, dan sisanya bisa dibayarkan setelah pengerjaan selesai. 

 

Sejasa juga memberikan garansi dan asuransi untuk setiap pengerjaan renovasi seperti garansi 30 hari untuk layanan jasa service elektronik dan asuransi ganti rugi hingga 300 juta untuk kerusakan, kebakaran, pencurian. 

 

2. Tukang.com

 

Tukang.com adalah platform aplikasi dengan layanan berbasis ‘pencarian’ yang akan merujuk pada solusi untuk kebutuhan penggunanya. 

 

Pada halaman utama Tukang.com, kamu akan diarahkan untuk memilih kategori jasa yang ingin kamu gunakan seperti maintenance rumah, bangun dan renovasi, atau inspirasi desain. 

 

Kamu akan masuk ke halaman jenis pekerjaan yang dibutuhkan. Kamu bisa mengisi form pilihan renovasi yang dibutuhkan berikut dengan note tambahan dan lampiran foto. 

 

Selanjutnya, kamu akan terhubung dengan penyedia jasa yang sesuai dengan kebutuhan kamu dengan deskripsi singkat tentang pekerjaan, rating dan jarak dan menyelesaikan pembayaran. 

 

Tukang.com memberikan tawaran pemilihan metode pembayaran melalui cicilan renovasi dengan jangka waktu yang fleksibel. 

 

Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu bisa mengecek status dan memonitor proyek renovasi rumah dari awal hingga selesai melalui aplikasi. 

 

3. Bangunrenov.com

 

Bangun Renov Indonesia adalah jasa kontraktor bangunan yang menyediakan jasa konsultasi dengan melengkapi informasi kebutuhan jasa renovasi rumah melalui call center atau whatsapp sehingga tim bangunrenov bisa langsung melakukan survey ke lokasi. 

 

Setelah melakukan survey, tim bangunrenov kemudiakan akan melakukan denah rencana sesuai kebutuhan termasuk mengerjakan desain gambar 3D jika diperlukan. 

 

Jika disetujui, tim akan mengajukan anggaran biaya yang dapat disesuaikan dengan budget berikut dengan perjanjian kontrak kerja yang disepakati bersama. 

 

Metode pembayaran dapat dilakukan dalam empat kali cicilan yakni 20% untuk DP, 35% saat pekerjaan selesai 20%, 35% lagi saat pekerjaan selesai 55%, dan 10% saat pekerjaan selesai 100%. 

 

Pembayaran hanya dilakukan melalui Bangunrenov yangmana tim akan melaporkan progres di lapangan secara berkala.

 

Melalui laman website resminya Bangunrenov.com, tim juga memberikan deskripsi pengerjaan mulai dari bangun rumah, bangun gudang, desain rumah dan membuat DAK dengan berbagai pilihan harga seperti standar, berkualitas dan istimewa. 

 

5. Ayorenovasi.com

 

Ayorenovasi sebenarnya adalah perusahaan renovasi rumah yang didukung oleh teknologi. 

 

Platform ini menawarkan tiga jasa yang meliputi renovasi rumah, pembangunan rumah dan desain arsitektur. Jasa renovasi yang ditawarkan termasuk pembongkaran dan penyediaan bahan baku material untuk pengerjaan renovasi.

 

Pengguna dapat berkonsultasi dan meminta rincian biaya dengan mengisi nama, email dan nomor yang bisa dihubungi melalui website resminya ayorenovasi.com.

 

Selanjutnya, tim akan melakukan survey lapangan dan mengirimkan estimasi biaya renovasi final dalam 2-3 hari. Setelah harga sesuai dan kontrak disetujui, tim akan melakukan pengerjaan sampai dengan dilakukannya serah terima.

 

Ayorenovasi sendiri memiliki beberapa keunggulan seperti penyediaan survey dan desain gratis, garansi untuk setiap proyek, online support, harga terjangkau dan bersaing dalam hal jasa maupun bahan bangunan, pekerja yang kompeten, dan bertanggungjawab dalam proses pembangunan. 

 

6. Bintorobuild.co.id

 

Bintorobuild adalah perusahaan kontraktor yang memiliki channel pemasaran digital. 

 

Proses renovasi rumah di bintorobuild meliputi survey ke lokasi, konsultasi dan gambar arsitek jika diperlukan serta memberikan estimasi rencana anggaran biaya.

 

Selanjutnya, proses dilanjutkan dengan penyediaan surat kontrak kerja yang ditawarkan dengan sistem pembayaran bertahap dengan sertifikat garansi pemeliharaan selama 3 bulan.

 

Bintorobuild mengklaim sebagai platform jasa renovasi rumah yang menerapkan program dan budaya spiritual islam sehingga terdapat program Rumah Taat yang desainnya disesuaikan dengan Sunnah yang ditetapkan. 

 

Tips memilih kontraktor dan jasa renovasi rumah

 

 

Beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih kontraktor penyedia jasa renovasi rumah adalah sebagai berikut:

 

  • Memilih kontraktor dengan rating/testimoni yang baik

 

Kalau mencari kontraktor melalui platform digital, pastikan untuk memilih penyedia jasa renovasi yang memiliki rating dan testimoni yang baik dari pengguna jasa sebelumnya. 

 

Pastikan banyak sudah banyak orang menggunakan jasa kontraktor tersebut dan bertanggungjawab untuk menyelesaikan tugasnya hingga selesai. 

 

  • Memberikan estimasi biaya yang masuk akal

 

Jangan tergoda dengan iming-iming biaya yang murah karena bisa jadi material dan pengerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan ekspektasi. 

 

Pastikan untuk memilih kontraktor yang memberikan estimasi biaya yang masuk akal untuk bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. 

 

  • Menyediakan asuransi dan atau garansi

 

Jika memungkinkan, carilah kontraktor yang menyediakan garansi atau asuransi pada saat atau setelah proyek renovasi rumah berlangsung. 

 

Dengan menyediakan asuransi dan atau garansi, kepuasaan pengguna akan meningkat karena merasa terjamin kalau hal-hal buruk terkait pengerjaan renovasi akan ditutupi oleh kontraktor. 

 

Itulah artikel mengenai Jasa Renovasi Rumah dari Swara Nah, sebelum memakai jasa renovasi rumah online, pastikan juga kamu mampu menyanggupi kebutuhan finansialnya, ya. Jangan sampai proyek renovasi rumah terhambat hanya karena kamu memiliki masalah finansial selama proses pengerjaan.