11 September 2017

TUNAIKU.COM – Siapa sih anak muda urban sekarang yang nggak mengenal iPhone? Meski pun bukan pengguna, pasti setidaknya kamu mengenal ponsel warisan Steve Jobs ini. Nggak terasa, perangkat dari Apple ini sudah eksis selama 10 tahun sejak peluncuran perdananya pada 29 Juni 2007 silam. Dan nggak bisa dipungkiri inovasi yang dibawa iPhone telah mengubah cara dunia menggunakan ponsel.

 

Beberapa inovasi tersebut, antara lain layar sentuh yang intuitif, kamera yang mumpuni, konektivitas internet tanpa putus, beragam aplikasi yang bisa diunduh lewat App Store, hingga asisten pribadi Siri. Sekarang, hal-hal semacam ini menjadi fitur wajib bagi sebuah smartphone.

 

Jadi penasaran nih seperti apa sih transformasi iPhone ini sejak generasi pertama hingga yang terbaru iPhone 7 plus? Saya pun mengobrol dengan beberapa kenalan yang merupakan pengguna dan pecinta iPhone sejati untuk lebih memahaminya.

 

Nah, ini dia transformasi iPhone selama 10 tahun eksistensinya!

 

iPhone (Generasi Pertama, 2007)

2007 #iphone #iphone2g #iphone1

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Diluncurkan pada 2007, Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama sebagai perangkat 3-in-1: iPod dengan layar sentuh, ponsel revolusioner, dan perangkat komunikasi internet yang penuh terobosan. Spesifikasinya sangat mumpuni pada masanya, harganya pun fantastis. Sayangnya, perangkat ini belum mendukung aplikasi pihak ketiga.

Waktu itu, ponsel pintar masih belum tenar seperti sekarang. Ganis Rumpoko, seorang wirausahawan sekaligus teman kerja saya dulu, termasuk salah satu yang beruntung memiliki perangkat ini semasa awal kuliah.

“Waktu itu, (perangkat ini) cuma bisa SMS, email, sama YM (Yahoo Messenger),” ujar perempuan yang akrab disapa Ganis ini.

Sampai sekarang, Ganis masih setia menggunakan perangkat iPhone 7 untuk keperluan sehari-hari. Menurutnya, fitur yang paling bermanfaat adalah sinkronisasi antar perangkat Apple yang digunakannya.

“Kalau ngerjain lewat Notes di HP, udah pasti ke-save di laptop, jadi tinggal ngelanjutin,” tandasnya.

 

Artikel terkait: Tips Menggunakan Smartphone

  1. 5 Tips Memilih Smartphone di Bawah 2 Jutaan
  2. Biar Smartphone-mu Lebih Awet, Jangan Melakukan 5 Kebiasaan Ini!
  3. Ingin Beli Smartphone Keluaran Terkini? Perhatikan 5 Tips Ini daripada Kamu Menyesal Nanti!

 

iPhone 3G (2008)

2008 #iphone3g

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Koneksi internet cepat adalah berita besar di tahun 2008. Itulah mengapa iPhone generasi kedua menyisipkan “3G” dalam namanya. iPhone 3G sekaligus menjadi iPhone pertama yang memiliki fitur App Store yang mengubah cara orang mengunduh aplikasi.

 

iPhone 3GS (2009)

2009 #iphone3gs

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Pembaruan yang diberikan perangkat ini dianggap minor dibandingkan pendahulunya. Yang cukup menonjol adalah ukuran kamera yang lebih besar, yaitu 3,2 MP yang mampu merekam video.

 

iPhone 4 (2010)

2010 #iphone4

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

iPhone 4 menawarkan pembaruan desain yang lebih modern dibandingkan pendahulunya. Beberapa fitur kunci perangkat ini antara lain Retina display yang memiliki resolusi tinggi, antena yang terintegrasi, serta Facetime, yaitu fitur panggilan video pertama yang memungkinkan kamu bertatap muka dengan lawan bicara.

 

iPhone 4S (2011)

2011 #iphone4s

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Meski desainnya nggak mengalami perubahan, iPhone 4S dibekali dengan prosesor dual-core yang lebih cepat. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan kamera 8 MP dan fitur Siri yang disematkan secara eksklusif.

 

iPhone 5 (2012)

2012 #iphone5

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Tampil dengan desain bodi yang lebih ramping dan layar lebih lebar, iPhone 5 tampak lebih elegan. Soal konektivitas, perangkat ini juga sudah mendukung koneksi internet 4G LTE.

 

iPhone 5S/5C (2013)

2013 #iphone5s #iphone5c

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

iPhone 5S dibekali dengan perangkat keras yang lebih gahar, kamera yang lebih mantap, serta fitur Touch ID yang memanfaatkan sidik jari penggunanya. Sementara, 5C yang dibanderol dengan harga lebih murah untuk menyaingi perangkat Android yang makin merajalela.

Yang paling signifikan, iPhone 5S dan 5C mengusung iOS 7, yang dianggap sebagai perubahan radikal dari sistem operasi perangkat mobile sejak kemunculan App Store.

Hal ini diamini oleh salah satu teman saya, Irvan Alimi, seorang mahasiswa di UGM. Ia menggunakan iPhone sejak 4S hingga 6S. Selama menggunakan perangkat iPhone, perubahan iOS 7 adalah salah satu perkembangan antarmuka pengguna iPhone yang paling membuatnya terkesan.

 

iPhone 6/6 Plus (2014)

2014 #iphone6 #iphone6plus

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Salah satu lompatan besar yang dilakukan Apple terhadap iPhone adalah lewat ukuran layar yang lebih besar. iPhone 6 mengusung layar 4,7 inci, sementara 6 Plus 5,5 inci. Dengan resolusi full HD, iPhone 6 Plus nggak cuma iPhone dengan layar paling besar, tapi juga paling tajam. Meski layar besar ini nggak disukai mendiang Steve Jobs, nyatanya penjualan iPhone tetap meroket.

 

iPhone 6S/6S Plus (2015)

2015 #iphone6s #iphone6splus

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Sesuai tradisi, 6S dan 6S plus dibekali dengan spesifikasi dan fitur yang lebih gahar dibanding pendahulunya, meski desainnya nggak berubah. Beberapa fitur andalannya antara lain penanaman chip A9 yang lebih kencang, Live Photo, dan 3D Touch.

 

Artikel terkait: Cerdas Memanfaatkan Smartphone

  1. 5 Hal Ini Menjadi Lebih Mudah dengan Adanya Mobile App
  2. 5 Aplikasi yang Bisa Bikin Pekerjaanmu Semakin Terkoordinasi
  3. Melek Finansial di Era Teknologi, Hati-Hati dengan Modus Penipuan via Ponsel Berikut Ini

 

iPhone SE (2016)

2016 #iphonese

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Di awal tahun 2016, Apple merilis iPhone SE. Saya agak heran dengan perangkat yang satu ini, soalnya kayak dibuat untuk sekedar memenuhi salah satu target pasar, yaitu mereka yang menginginkan spek iPhone 6S tapi dengan casing iPhone 5S yang lebih kecil.

 

iPhone 7/7 Plus (2016)

2016 #iphone7 #iphone7plus

A post shared by Lissa (@ilissa17) on

Ada beberapa perubahan signifikan yang disematkan pada perangkat terbaru Apple ini. Yang pertama adalah kamera belakang ganda yang disematkan pada iPhone 7 Plus. Kedua kamera bekerja secara bersamaan dan menghasilkan foto yang wah. Kedua, yaitu fitur tahan air dengan sertifikat IP67. Terakhir, ditiadakannya earphone jack 3,5 mm. Jadi, kamu harus menggunakan headphone bluetooth untuk mendengarkan musik favoritmu.

Nur Rahma Adilah adalah salah satu kenalan saya yang saat ini menggunakan iPhone terbaru. Menurut desainer grafis yang akrab disapa Ama ini, fitur kamera pada 7 Plus membuatnya jatuh cinta.

“(Kameranya) ada fitur depth effect, jadi nggak perlu bawa kamera pro. Yang pasti, pas liburan bisa selalu punya foto-foto bagus,” ujarnya.

Ama sendiri sudah beberapa kali berganti perangkat iPhone. Mulai dari 3GS yang ia miliki saat SMA, hingga 7 Plus yang digenggamnya saat ini. Ia menyukai iPhone karena desainnya elegan, nggak ribet, aman, dan bisa mem-back up data secara otomatis.

 

Nah, tahun ini, sepertinya Apple akan melewatkan 7S dan langsung mengeluarkan iPhone 8 dan iPhone X. Kayak gimana ya wujudnya? Saya jadi nggak sabar, nih!

 

pinjaman tunaiku

 


PAULUS RISANGPAULUS RISANG