Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Kamu baru saja memulai bisnis? Sedang berusaha untuk mendapatkan pelanggan yang loyal? Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk menjaga kinerja bisnis tetap stabil, kamu membutuhkan repeat order

 

Istilah repeat order dalam hal ini mengacu pada kegiatan pembelian berulang atas suatu produk. Repeat order ini umumnya dilakukan pelanggan loyal suatu produk. 

 

Repeat order bisa jadi penting karena bisa mendatangkan penghasilan dalam jumlah yang tetap di masa mendatang meskipun terjadi gejolak dalam bisnis. 

 

Jadi, semakin banyak pelanggan loyal, semakin sehat pula kinerja bisnis kamu. Keberadaan pelanggan loyal juga bisa memangkas biaya pemasaran yang umumnya menguras kantong sehingga bisa memaksimalkan laba. 

 

Mendapatkan pelanggan loyal sebenarnya bukan hal yang sulit. Konsumen yang melakukan pembelian lebih dari tiga kali dalam kurun waktu tertentu semisal satu minggu bisa dikelompokkan menjadi pelanggan loyal. 

 

Hanya saja, terdapat berbagai trik yang perlu dilakukan untuk menarik perhatian konsumen agar tetap melakukan repeat order

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Cara Mendapatkan Pelanggan Loyal

 

 

Mendapatkan pelanggan loyal bisa dimulai dengan mendeteksi hal-hal penting dalam memasarkan suatu produk. Berikut rincian cara mendapatkan pelanggan loyal bagi pebisnis yang baru memulai usaha. 

 

1. Menawarkan produk yang berbeda

 

Cara agar pebisnis mendapatkan pelanggan loyal pada tahap awal adalah menawarkan produk yang berbeda dari produk yang tersedia di pasar. 

 

Produk yang berbeda dalam hal ini bisa termasuk varian rasa yang berbeda untuk produk makanan dan minuman serta desain yang fungsional untuk produk mebel, furniture dan aksesoris dan lain sebagainya. 

 

2. Menjaga kualitas produk tetap baik

 

Guna mendapatkan pelanggan tetap, pebisnis harus memastikan bahwa produk yang dipasarkan adalah barang jadi dengan kualitas terbaik. 

 

Meski outlet usaha yang dimiliki sudah tersebar di berbagai cabang, penting untuk menjamin kualitas produk sama baiknya. Hal ini berguna agar pelanggan loyal tidak kecewa menggunakan produk yang ditawarkan.  

 

3. Memberikan pelayanan terbaik

 

Pelayanan yang baik merupakan kunci pemasaran terbaik bagi produk barang dan jasa. Pernah mendengar bahwa brand minuman mendapatkan kritik karena pelayanan yang buruk sehingga membuatnya viral?

 

Demi mengurangi risiko tersebut, usahakanlah untuk tetap melayani permintaan pelanggan dengan baik. Hal ini bisa dimulai dengan memilih frontliner/pelayan/orang yang berhadapan langsung dengan konsumen yang komunikatif. 

 

4. Bersedia menerima saran/feedback

 

Bisnis terbaik adalah usaha yang bisa mendengarkan konsumennya. Jangan takut menerima saran atau bahkan kritikan, karena hal tersebutlah yang akan membuat kinerja bisnis semakin berkembang. 

 

Feedback dibutuhkan agar pebisnis mengetahui kekurangan yang perlu dibenahi. Misalnya, jika pelanggan memberikan saran untuk menyediakan fasilitas wifi untuk cafe yang sedang kamu jalankan, maka hal ini merupakan masukan yang baik agar pelanggan loyal betah nongkrong di cafe milikmu. 

 

5. Memberikan bonus loyalty program

 

Jika memiliki budget lebih, berikanlah bonus lebih pada pelanggan loyal dalam bentuk loyalty program seperti kupon, diskon, cashback hingga hampers. 

 

Pemberian bonus dilakukan agar sebagai hadiah karena pelanggan loyal sudah menggunakan produk dalam jangka waktu tertentu dengan harapan terus melakukannya dalam jangka panjang. 

 

Kembangkan terus bisnismu untuk membuat pelanggan semakin loyal. Kamu bisa ajukan pinjaman modal di Tunaiku dengan limit sampai 20 juta dan tenor hingga 20 bulan. Cek dulu di sini.

 

6. Terus melakukan inovasi

 

Cara lain untuk mendapatkan pelanggan langganan adalah dengan terus memperbaharui katalog produk baru agar pelanggan tidak bosan. Menambahkan produk baru juga bisa diartikan menyesuaikan produk dengan kebutuhan baru para pelanggan setia seperti menyediakan produk aksesoris seperti tali pinggang, kaus kaki hingga bahkan pakaian dalam untuk brand pakaian. 

 

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Paling Jitu untuk Tingkatkan Penjualan

 

Hal yang Perlu Dihindari agar Pelanggan Loyal Tidak Beralih ke Produk Lain

 

 

Setelah mengetahui hal yang perlu pebisnis lakukan untuk mendapatkan pelanggan, ada baiknya juga untuk mengetahui hal yang perlu dihindari agar pelanggan loyal tidak beralih pada produk lain. 

 

1. Harga produk yang terlalu mahal

 

Kesenjangan harga dan nilai produk yang tidak setara bisa jadi salah satu alasan pelanggan nantinya akan beralih. Mungkin pada saat ini, kamu bisa merajai pasar karena produk yang kamu tawarkan adalah satu-satunya yang bisa dijangkau. 

 

Namun dengan persaingan usaha, produk kamu bisa jadi tidak relevan lagi karena harga yang tidak sesuai. Dengan begitu, berhati-hatilah dalam menaikkan harga produk yang kamu tawarkan nantinya. 

 

2. Pelayanan yang buruk

 

Sejalan dengan tips mendapatkan pelanggan loyal yakni memberikan pelayanan terbaik, respon yang buruk adalah hal yang perlu dihindari oleh pebisnis dalam menjalankan usahanya di tahap awal. 

 

Tidak semua pelanggan adalah raja, namun setidaknya tetaplah menjaga citra brand dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan responsif, agar pelanggan tetap melakukan repeat order

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

3. Eksposur yang berlebihan

 

Eksposur (paparan) produk atau brand yang berlebihan juga menjadi alasan mengapa beberapa pelanggan beralih ke produk lain. Mungkin saat ini pebisnis merasa usahanya mengalami progres positif sehingga terus mempromosikan produknya kepada pelanggan. 

 

Sementara dari sudut pandang pelanggan, promosi yang berlebihan dapat diartikan sebagai teror untuk segera mengonsumsi produk sehingga membuat pelanggan lelah untuk merespon hal tersebut. 

 

Seiring dengan perubahan jaman, ada banyak hal dalam bisnis yang perlu dipelajari untuk bisa menjaga kinerja usaha kamu tetap stabil atau bahkan meningkat dari waktu ke waktu. Karenanya, jangan berhenti untuk terus melakukan eksperimen, inovasi dan evaluasi setelahnya. 

 

Tingkatkan pelayananmu untuk mendapatkan hati pelanggan. Ajukan pinjaman di Tunaiku untuk bantu kamu tingkatkan fasilitas bisnis. Dapatkan pinjaman hingga 20 juta dan tenor sampai 20 bulan. Cari tahu infonya di sini.

 

Baca juga: Pahami Aturan Gaji Karyawan untuk Usaha Kecil