Swara – Bogor adalah kota yang relatif paling asri di antara kota-kota lain di sekitaran Jakarta. Karenanya tempat wisata di Bogor kerap jadi tujuan warga ibu kota untuk sekadar menghabiskan akhir pekan.

 

Selain asri, Kota dan Kabupaten Bogor juga punya suhu yang paling sejuk di antara seluruh kota penyangga Jakarta lainnya, yakni berkisar 17 derajat celcius – 26 derajat celcius.

 

Hal ini dikarenakan Kota dan Kabupaten Bogor berada di ketinggian 800 hingga 1.300 meter di atas permukaan laut dengan intensitas hujan yang cukup sering.

 

Jangan lupa untuk selalu planning keuanganmu saat mau liburan. Gunakan Kalkulator Finansial untuk bantu kamu planning bujet secara akurat. Coba di sini.

 

Rekomendasi tempat wisata di Bogor

 

Kesejukan dan keasrian di wilayah Kota maupun Kabupaten Bogor membuat tempat wisata di Bogor, terlebih yang asri dan hijau, kerap hits dan viral di kalangan penduduk ibu kota.

 

Biasanya tempat wisata di Bogor yang baru muncul akan viral dan dipadati pengunjung. Padahal banyak tempat wisata di Bogor lainnya yang sebenarnya masih asri dan bisa hits.

 

Kalau kamu sebagai warga Jabodetabek ingin berwisata ke Bogor tetapi mencari tempat yang  relatif tidak terlalu ramai, berikut saya rekomendasikan 10 tempat wisata di Bogor yang alami dan masih asri:

 

1. Kebun Raya Cibodas

Sumber: Pegipegi

Kebun Raya Cibodas berbeda dengan Kebun Raya Bogor. Jika Kebun Raya Bogor berada di Kota Bogor, Kebun Raya Cibodas berada di kaki Gunung Gede-Pangrango.

 

Beralamat di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kebun Raya Cibodas memiliki luas lahan mencapai 80 hektar.

 

Karena berada di kaki gunung, kebun raya ini sangat sejuk. Selain terdapat berbagai kebun bunga, di kompleks lokasi ini juga terdapat air terjun.

 

Waktu tempuh kurang lebih 1 jam hingga 2 jam dari Kota Jakarta, tergantung kondisi lalu lintas. Di awal tahun 2022, harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas sebesar Rp15.000 untuk weekday dan Rp20.000 untuk weekend.

 

2. Telaga Malimping

Sumber: Eng ing news

Telaga Malimping adalah tempat wisata bernuasa alam dengan udara yang sejuk dan bersih sehingga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga maupun kerabat

 

Terletak di Desa Ciades, Kecamatan Cigombong, Telaga Malimping memiliki jarak tempuh kurang lebih 40 menit dari stasiun Bogor. Dari sisi akses, Telaga Malimping cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

 

Di tempat ini, ada berbagai macam wahana, baik untuk anak maupun dewasa. Sejumlah wahana anak diantaranya adalah istana balon, kebun binatang, dan mandi bola.

 

Sementara wahana orang dewasanya di antaranya adalah arung jeram, flying fox, paintball, dan rafting. Harga tiket masuk di Telaga Malimping hanya sebesar Rp2.500 per orang.

 

Fasilitas penunjang dari tempat wisata ini juga cukup lengkap. Bayangkan saja, di dalam areal ini juga terdapat tempat pemancingan, pondok kuliner, hingga penginapan.

 

3. Taman Buah Mekarsari

 

Taman Buah Mekarsari adalah tempat rekreasi berjenis agrowisata yang di dalamnya terdapat lebih dari 100.000 varietas tanaman pohon dan 1.500 varietas tanaman buah.

 

Di dalam luas lahan sekitar 264 hektar, terdapat banyak tanaman rempah, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman pelindung, tanaman biofarma, hingga tanaman lindung.

 

Dari pusat Kota Bogor, kurang lebih jarak tempuh untuk mencapai Taman Buah Mekarsari mencapai sekitar satu jam. Harga tiket masuk ke Taman Buah Mekarsari mulai dari Rp35.000 per orang.

 

Dengan mengunjungi tempat ini, kamu maupun kerabatmu bisa menikmati aneka tumbuhan tropis. Selain itu, terdapat juga berbagai wahana yang bisa dimainkan bersama keluarga.

 

4. Agrowisata Gunung Mas

 

Agrowisata Gunung Mas menjadi tempat rekreasi alam yang perlu kamu kunjungi minimal sekali dalam seumur hidupmu. 

 

Tempat ini merupakan hamparan kebun teh seluas 2.551 hektar milik perusahaan pemegang merk Teh Walini. Kamu dan keluarga bisa berfoto di kebun teh ini untuk diunggah di media sosial.

 

Agrowisata Gunung Mas berada di ketinggian 800-1.200 meter di atas permukaan laut. Sehingga tak heran jika suhu udaranya antara 12-22 derajat celcius.

 

Selain kebun teh, di taman rekreasi Agrowisata Gunung Mas juga dilengkapi fasilitas berkuda, kolam renang, camping ground, dan wahana paralayang, dan ATV.

 

Untuk bisa masuk ke area agrowisata ini, kamu perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp13.000 per orang.

 

5. Bumi Perkemahan Citamiang

tempat wisata di bogor
Sumber: Tripadvisor

Masih di dekat lokasi Agrowisata Gunung Mas, terdapat wilayah perkemahan bernama Citamiang. Dari arah Kota Bogor, gerbang bumi perkemahan Citamiang berada 400 meter dari kompleks Agrowisata Gunung Mas.

 

Bumi perkemahan ini dipadati dengan hutan pinus. Dengan tiket masuk hanya sebesar Rp3.000, kamu bisa camping menggunakan tenda pribadi dengan biaya tambahan Rp2.500 per hari.

 

Di sini kamu dan keluargamu bisa berwisata alam, tracking menyusuri hutan pinus. Kondisi alam disini masih sangatlah asri karena dikelola dengan baik.

 

Pemandangan di bumi perkemahan ini juga sangat indah, cocok sebagai tempat foto-foto. Jajaran hutan pinus bisa menjadi latar yang apik untuk kamu unggah di media sosial.

 

Baca juga: 4 Rekomendasi Wisata Healing Bernuansa Alam untuk Hilangkan Penat

 

6. Air Terjun Curug Bidadari

 

Air terjun Curug Bidadari dikelola oleh pihak swasta yakni PT Sentul Paradise Park. Pemandangan di tempat ini amatlah indah.

 

Penampungan air terjun bisa diajakin kolam berenang atau berendam oleh pengunjung. Untuk anak-anak, kolam ini punya kedalaman 30 cm, sementara untuk dewasa punya kedalaman 1,5 meter.

 

Di sini juga terdapat banyak sekali wahana air kolam ombak. Kalau kamu tidak mau bermain air, kamu juga bisa menikmati wahana outbond yakni flying fox.

 

 Wave Pool dan Lazy Pool sebuah wahana air yang menantang adrenalin. Jika anda bosan bermain air disini juga terdapat beberapa permainan outbound seperti flying fox.

 

Biaya masuk untuk Air Terjun Curug Bidadari untuk awal tahun 2022 ini mencapai Rp25.000 untuk weekday dan Rp40.000 di saat weekend

 

7. Leuwi Balong Endah

 

Mulai dibuka sejak 2016, Leuwi Balong Endah terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Sama seperti Curug Bidadari, area wisata ini juga memiliki air terjun.

Di sekitar lokasi ini terdapat pepohonan yang rindang. Memandangi aliran sungai di Leuwi Balong Endah seolah dapat menghilangkan semua rasa lelah kita.

 

Di tempat ini juga banyak sekali spot foto menarik yang bisa membuatmu mendapatkan banyak “likes” di akun instagram kamu.

 

8. Taman Wisata Gunung Pancar

 

Taman Wisata Gunung Pancar berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Taman ini termasuk ke dalam kompleks kawasan konservasi Gunung Pancar.

 

Di tempat ini, selain bisa menikmati aroma pohon pinus, kita akan menikmati sejuknya cuaca kaki gunung dengan kicauan burung dan bunyi-bunyi serangga.

 

Harga tiket masuk Taman Wisata Gunung Pancar bervariasi, mulai dari Rp5.000 per orang saat weekday, hingga Rp7.500 per orang saat weekend. Namun khusus wisatawan asing, harga tiket melonjak sampai Rp150.000 per orang.

 

Selain untuk berfoto, fasilitas yang ada di Taman Wisata Gunung Pancar juga menunjang untuk aktivitas camping, prewedding, glamping, dan trekking.

 

Untuk mendapatkan informasi lanjutan mengenai tempat wisata ini, kamu bisa mengunjungi situs https://www.gunungpancar.com/

 

9. Resort Camp Hulu Cai

 

Bicara soal wisata alam di Kota Bogor yang masih asri, taman bunga Camp Hulu Cai Bogor menghadirkan alternatif tempat wisata dengan pesona alam yang sangat memanjakan.

 

Selain terdapat resort, taman bunga Camp Hulu Cai juga menyediakan fasilitas outbond.

 

Pada dasarnya, Camp Hulu Cai merupakan sebuah lokasi wisata terpadu. Karenanya tempat ini juga di lokasi taman bunga penuh warna-warni ini diberi nama Taman Layla oleh pengelola setempat.

 

Bunga-bunga berbagai jenis dan warna ditata dengan rapi, sehingga sangat sedap dipandang mata dan terlihat instagramable

 

Bagi yang ingin menginap, Camp Hulu Cai menyediakan beberapa pilihan villa yang semuanya didukung dengan fasilitas memadai. Selain itu tersedia pula Cafe Halimun dengan pilihan aneka menu khas Sunda.

 

Untuk informasi lebih lengkap kalian bisa mengunjungi situs ini https://www.ciwideyoutbound.com/camp-hulu-cai.html

1o. Little Venice Kota Bunga

Pada dasarnya, Little Venice Kota Bunga adalah sebuah tempat villa dan resort. Saya masukkan tempat ini ke dalam daftar karena lokasinya yang berada di Cipanas dan terhitung masih sangat asri. 

 

Lokasi dari Little Venice Cianjur ini berada dalam wilayah Kota Bunga Puncak yang merupakan kawasan Villa Estate.

 

Seperti namanya, tempat wisata di Bogor ini menghadirkan nuansa khas Venesia dengan aliran sungai dan kota buatan, berikut gondolania.

 

Selain gondola, masih ada banyak pilihan wahana lainnya seperti perahu naga, perahu bebek, banana boat, hingga sniper.

 

Untuk bisa menikmati fasilitas ini, kamu tidak perlu menginap dan cukup tiket masuk ke tempat ini adalah 25 ribu bagi dewasa dan 20 ribu bagi anak-anak saat weekday.

 

Untuk weekend,  hari libur, tiket dewasa menjadi 40 ribu dan tiket anak-anak menjadi 30 ribu. 

 

Bagaimana? Ternyata masih sangat banyak kan pilihan tempat wisata di kota Bogor yang masih asri dan mungkin tidak terlalu penuh sesak oleh pengunjung.

 

Jadi buat kamu yang tinggal di Jabodetabek, kamu bisa melakukan short escape tanpa harus pergi jauh meninggalkan kota tinggalmu. Selamat berlibur ya!