Manusia yang dulunya berkehidupan konvensional atau sederhana, sekarang sudah berubah menjadi modern. Kata teknologi sudah tidak asing lagi didengar di kehidupan sehari-hari. Kehidupan manusia pada zaman sekarang sudah tidak jauh lagi dengan teknologi. Dengan adanya kemajuan teknologi sekarang, kehidupan manusia menjadi jauh lebih praktis dan mudah.

 

Saat ini, mencari uang tidak harus pergi ke kantor. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini, diam di rumah saja sudah dapat menghasilkan uang tanpa perlu mengeluarkan banyak modal. Adanya smartphone dan internet di dunia adalah salah satu bukti adanya perkembangan teknolgi dalam bidang teknologi informasi. Perkembangan ini membuat manusia semakin meningkatkan cara komunikasinya. Berbagai macam media untuk berkomunikasi pun hadir untuk memudahkan manusia untuk berinteraksi.

 

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, hal inilah yang melahirkan media sosial. Sekarang, sudah tidak dikit lagi orang yang memanfaatkan media sosial untuk menjual barang dagangannya. Hanya dengan membuat akun media sosial, mereka dapat berjualan tanpa perlu membayar uang sewa toko.

 

Salah satu contoh kemajuan teknologi yaitu dengan adanya aplikasi instagram. Instagram adalah media sosial yang memberikan anda panggung untuk berbagi foto dan video secara online yang dapat diakses/ dilihat oleh hampir semua orang di dunia. Instagram juga menyediakan fitur-fitur yang dapat mendukung usaha kalian.

 

Media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Media sosial adalah media yang didesain untuk memperluas interaksi sosial manusia menggunakan internet dan teknologi web. Media sosial adalah salah satu sarana komunikasi yang bisa menghubungkan antar individu dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

 

Dengan dipermudahnya teknologi, mulailah bermunculan usaha-usaha baru seperti marketplace atau e-commerce. Tanpa teknolgi informasi, kegiatan bisnisyang melibatkan platform online tidak mungkin terjadi. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi ini, para pelaku usaha banyak yang beralih dari berjualan secara offline  menjadi berjualan online.

 

Tidak sedikit juga pelaku usaha yang berjualan dengan keduanya, offline dan online. Sementara bagi konsumen, penerapan teknologi informasi memudahkan mereka saat mencari barang atau jasa yang dibutuhkan dalam waktu cepat dengan harga yang terjangkau.

 

Berjualan online melalui e-commerce memiliki banyak sekali manfaatnya. Dengan adanya e-commerce, penjual dapat dengan mudah memasarkan produknya. Melalui sosial media, penjual dapat meminimalisir pengeluaran untuk mempromosikan produk mereka. Aplikasi yang bernama instagram saat ini sangat populer di dunia. Semua orang dapat menggunakan dan mengakses aplikasi tersebut dengan mudah.

 

Zaman sekarang, banyak orang yang terkenal melalui media sosial. Terutama dari aplikasi instagram. Orang yang terkenal melalui aplikasi tersebut dipanggil dengan sebutan influencer. Orang dengan julukan influencer sudah pasti memiliki banyak pengikut pada akun instagramnya. Kata influencer diambil dari bahasaasing yaituinfluence yang berartipengaruh”.

 

Hal ini dapat mengartikan bahwa dengan mempromosikan produknya kepada konsumen melalui influencer, para pengikut influencer tersebut akan melihat produk jualannya yang dititipkan kepada influencer tersebut dan pastinya sebagian pengikut influencer tersebut akan penasaran dan membuka akun sosial media penjual produknya.

 

Jika pengikut tersebut tertarik dengan produknya, sudah pasti pengikut influencer tersebut akan mengikuti akun instagram penjual produk itu. Menitipkan atau mempromosikan produk kepada influencer dikenal dengan sebutan endorse. Biaya promosi melalui endorsement biasanya jauh lebih rendah dan lebih efektif dibandingkan denganmempromosikannya melalui brosur, iklan, dsb.

 

Penjual juga bisa memanfaatkan salah satu fitur instagram, yaitu instagram ads. Hanya dengan membayar $0,70-$1,00 per klik iklan instagram, penjual dapat mempromosikannya melalui fitur instagram ads. Namun, ada beberapa hal yang mempengaruhi biaya iklan di instagram. Memasang iklan menggunakan fitur instagram tersebut membuat produk jualannya dilihat lebih banyak orang. Iklan tersebut akan ditampilkan pada instagram story dan feeds para audiens yang penjual targetkan, itu sebabnya mengetahui demografi instagram penjual sangat penting.

 

Para remaja yang tidak memiliki modal yang besar untuk menyewa tempat bisa dengan mudah menjual produknya hanya dengan bermodal handphone, akun sosial media, dan kuota internet. Sekarang, sudah sangat banyak orang yang sukses sejak usia muda karena adanya perkembangan teknologi.

 

Oleh karena itu, perkembangan teknologi sangat menguntungkan bagi masyarakat dunia terutama dalam berbisnis. Perkembangan tersebut dalam bisnis, membuat suatu bisnis dapat dengan mudah dipromosikan produknya, meningkatkan efisiensi, dan membantu usaha dalam mengurangi biaya pengeluaran. Sehingga, penjualakan mendapatkan keuntungan yang besar denganmengeluarkan pengeluaran yang tidak terlalu banyak.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!