Desa Tlekung merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Desa ini terletak tak jauh dari pusat hiburan Kota Batu, yakni Batu Night Spectacular (BNS) dan Predator Fun Park.

 

Jarak yang ditempuh hanya sekitar 2 km. Desa Tlekung memiliki beberapa dusun seperti, Gangsiran Puthuk, Gangsiran Ledok, Krajan Lor, dan Krajan Kidul.

 

Kebanyakan penduduk Desa Tlekung memiliki usaha olahan susu dari hasil peternakan warga sendiri, salah satunya adalah Bapak Sumari selaku ketua gabungan kelompok tani (GAPOKTAN) yang menaungi beberapa UKM susu sapi murni.

 

Menggandeng mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 89 gelombang 10, para mahasiswa dengan Ibu Tri Ningsih (Bu Ning) yang menjadi ketua Komunitas Wanita Tani (KWT) “Sumber Rejeki” bertujuan melakukan inovasi olahan susu murni.

 

KWT Sumber Rejeki beranggotakan wanita tani yang berada di sekitar dusun Krajan Kidol. Ada semangat besar untuk berkumpul bersama, mengerjakan suatu kegiatan potensial, menghasilkan sesuatu dan terus tumbuh.

 

Seperti ilmu pohon pisang; lahir, tumbuh, produksi dan regenerasi serta tumbuh lagi. Karena tantangan semakin besar, anggota kelompok senantiasa berupaya mengorganisasi diri, membuat pertemuan rutin dan mengumpulkan modal.

 

Dari modal tersebut kemudian diputar untuk menjalankan simpan-pinjam dan membuat beberapa produk olahan susu sapi. Bahkan tak jarang mereka (KWT) mengikuti lomba antar desa.

 

proses pengemasan nugget tahu susu

 

Kegiatan penginovasian kami kali ini adalah membuat produk nugget tahu susu yang berbahan dasar susu sapi murni, tepung roti, dan telur.

 

Kami membantu dari pembuatan nugget tahu susu, pembuatan brand atau merek, serta membantu memasarkan produk tersebut melalui media sosial seperti, WhatsApp, Instagram.

 

Bahkan juga GrabFood dan GoFood , karena sebelumnya produk ini pernah dibuat oleh Bu Ning, namun belum pernah dijual.

 

produk nugget tahu susu

 

Nugget tahu susu ini dijual dengan harga Rp.17.000/250 gram, dan Rp.65.000/kg.

 

Dengan adanya produksi olahan nugget tahu susu oleh mahasiswa PMM UMM kelompok 89 gelombang 10 ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan daya saing KWT Sumber Rejeki beserta para pelaku UMKM di Desa Tlekung ke jangkauan yang lebih luas.

 

Sehingga, dapat menjadi ikon Desa Tlekung, serta dapat menjadi penghasilan tambahan dari produk olahan susu sapi murni.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!